Mentan Syahrul Yasin Limpo Pernah Terlihat Pakai Sepatu Mewah LV dan Balenciaga Sebelum Dikabarkan Menghilang

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dikabarkan jadi tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun, ia belum kunjung pulang ke Indonesia, bahkan "sulit dihubungi" setelah melakukan kunjungan kerja (kunker) ke beberapa negara Eropa.

oleh Henry diperbarui 04 Okt 2023, 20:30 WIB
Diterbitkan 04 Okt 2023, 20:30 WIB
Mentan Syahrul Yasin Limpo Pernah Terlihat Pakai Sepatu Mewah Balenciaga Sebelum Dikabarkan Menghilang
Mentan Syahrul Yasin Limpo Pernah Terlihat Pakai Sepatu Mewah Balenciaga Sebelum Dikabarkan Menghilang. foto: Instagram @syasinlimpo

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dikabarkan jadi tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun, ia belum kunjung pulang ke Indonesia, bahkan "sulit dihubungi" setelah melakukan kunjungan kerja (kunker) ke beberapa negara Eropa.

Mentan Syahrul Yasin Limpo alias SYL dijadwalkan pulang ke Indonesia pada Minggu, 1 Oktober 2023, tapi sampai sekarang, batang hidungnya belum juga terlihat. Alhasil, tidak sedikit orang yang mempertanyakan keberdayaan Mentan Syahrul di akun Instagram pribadinya.

Di sederet unggahan, Mentan malah disoroti mengenakan barang impor mewah, seperti sepatu. Salah satunya terlihat dalam unggahan di akun Instagram-nya pada 9 Desember 2022. Saat itu, ia diketahui menghadiri acara pelepasan ekspor sarang burung walet dari Surabaya menuju China senilai Rp8 miliar.

Di foto, SYL terlihat menggunakan outfit berupa kemeja lengan panjang dan celana hitam. Sementara itu, sneakers hitam dengan sol putih dan monogram grafiti Balenciaga yang khas tampak mencolok.

Melansir laman Balenciaga, sepatu tersebut merupakan seri Men's Speed Recycled Knit Graffiti Sneaker in Black/White. Sneakers ini cukup unik, karena bagian belakangnya berpotongan agak tinggi dan berwarna hitam hingga terkesan seperti kaus kaki yang menempel langsung ke bagian sol sepatu.

Sepatu Balenciaga ini desainnya minimalis dengan garis-garis halus bermaterial jersey rajut dobel yang tebal dan awet, tapi tetap halus dan elastis, klaim merek mewah itu. Sneakers yang terlihat lancip di bagian jempol kakinya ini dibanderol 1.050 dolar AS (sekitar Rp15,7 juta).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tidak Hanya Balenciaga

Mentan Syahrul Yasin Limpo Pernah Terlihat Pakai Sepatu Mewah Balenciaga Sebelum Dikabarkan Menghilang.
Mentan Syahrul Yasin Limpo Pernah Terlihat Pakai Sepatu Mewah Balenciaga Sebelum Dikabarkan Menghilang.  foto: balenciaga.com

Bukan itu saja, Mentan Syahrul juga pernah kedapatan memakai sepatu mewah rilisan Louis Vuitton (LV). Hal itu diketahui dalam unggahan di akun Instagram-nya pada 19 Mei 2023. Sneakers yang dikenakamya sangat menarik perhatian karena para pendampingnya mengenakan sepatu pantofel.

Saat itu, SYL sedang mengunjungi kantor Kementerian Perindustrian. Pria kelahiran Makassar, 68 tahun lalu ini mengenakan busana semi formal berupa kemeja putih celana hitam dan jaket berwarna serasi.

Menurut situs eBay, sepatu yang digunakan Mentan Syahrul merupakan seri Louis Vuitton Run Away Sneaker Sz-10M. Sepatu ini memperlihatkan ikon LV yang sangat khas di bagian bawah dan kiri sepatu.

Sepatu hitam keabu-abuan ini harganya sekitar Rp18 juta. Fiturnya membuat sepatu tersebut disebut "sangat nyaman digunakan untuk aktivitas yang terbilang padat."

Sedangkan dalam kabar terbaru, rumah pribadi Mentan Syahrul yang berada di perumahan Bumi Permata Hijau, Kecamatan Rappocini Kota Makassar, Sulsel, dikabarkan digeledah penyidik KPK pada Rabu (4/10/2023).

 


Rumah Mewah SYL

Mentan Syahrul Yasin Limpo Pernah Terlihat Pakai Sepatu Mewah LV Sebelum Dikabarkan Menghilang
Mentan Syahrul Yasin Limpo Pernah Terlihat Pakai Sepatu Mewah LV Sebelum Dikabarkan Menghilang.  foto: Instagram @syasinlimpo

Berdasarkan pantauan tim Regional Liputan6.com, rumah mewah yang berada di blok C1 Nomor 1 itu tampak sepi. Tapi, sejumlah aparat kepolisian bersenjata lengkap terlihat berjaga di depan rumah.

Sekitar pukul 15.30 WITA, sejumlah pria berpakaian hitam putih terlihat keluar dari rumah milik Mentan Syahrul Yasin Limpo itu. Mereka terlihat tergesa-gesa membawa sebuah koper berukuran besar ke sebuah mobil minibus yang parkir di depan rumah.

"Dari jam 08.00 WITA pagi itu polisi berjaga di situ. Baru hari ini ada polisi berjaga begitu. Tidak tahu juga untuk apa," kata salah seorang warga pada Liputan6.com, Rabu (4/10/2023). Liputan6.com juga sudah berusaha meminta konfirmasi Juru Bicar KPK Ali Fikri, namun belum mendapat jawaban hingga berita ini ditayangkan. 

Sebagaimana diketahui, KPK saat ini sedang menyelidiki kasus dugaan korupsi di lingkup Kementerian Pertanian. Terkait ini, SYL dikabarkan sudah jadi tersangka. Selain SYL, ada dua pihak lagi yang sudah dijerat KPK.


Rumah Mentan Syahrul Digeledah

Rumah Mentan Syahrul Yasin Limpo dikabarkan digeledah KPK (Liputan6.com/Fauzan)
Rumah Mentan Syahrul Yasin Limpo dikabarkan digeledah KPK (Liputan6.com/Fauzan)

Keduanya adalah Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementan Kasdi Subagyono dan Direktur Alat Pertanian Kementan Muhammad Hatta. Penetapan Syahrul Yasin Limpo sebagai tersangka ramai usai tim penyidik KPK menggeledah rumah dinasnya di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan.

Penggeledahan dilakukan saat proses hukum masuk ke tingkat penyidikan. Saat proses hukum naik ke tahap penyidikan dipastikan sudah ada pihak yang ditetapkan sebagai tersangka. Hanya saja KPK belum bersedia membeberkannya secara resmi.

Tim penyidik diketahui menemukan uang puluhan miliar dalam bentuk rupiah dan mata uang asing saat menggeledah rumah dinas Syahrul Yasin Limpo, Kamis, 28 September 2023. Di hari berikutnya, tim penyidik juga menggeledah kantor Kementan.

"Ke depan, perlu kami lakukan konfirmasi pada pihak-pihak yang dipanggil sebagai saksi," ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Sabtu, 30 September 2023, dilansir dari kanal News Liputan6.com.

Ali berharap semua pihak kooperatif terhadap proses hukum dan bersedia memberi keterangan saat dibutuhkan tim penyidik, termasuk saat diselisik soal penemuan uang puluhan miliar di rumah dinas SYL. Selain menemukan banyak uang, KPK juga menemukan 12 pucuk senjata api.

 

Infografis Eksistensi Sepatu Lokal di Tanah Air.
Infografis Eksistensi Sepatu Lokal di Tanah Air. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya