Fakta di Balik Video Viral Ojol Terbang dari Thailand ke Singapura untuk Beli Nasi Hainan

Pengguna TikTok @thita.vy mengunggah video berdurasi 27 detik yang menunjukkan pertemuannya dengan pria berseragam Grab saat dalam penerbangan dari Bangkok ke Singapura.

oleh Asnida Riani diperbarui 02 Nov 2023, 08:00 WIB
Diterbitkan 02 Nov 2023, 08:00 WIB
Ojol
Viral video TikTok pengemudi ojek online (ojol) terbang ke Singapura untuk beli nasi ayam. (dok. tangkapan layar TikTok @thita.vy/https://www.tiktok.com/@thita.vy/video/7294841890673855749)

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini beredar video viral di TikTok yang menunjukkan pengemudi ojek online (ojol) menjalankan tugasnya pada "tingkat berbeda." Pada 28 Oktober 2023, pengguna TikTok @thita.vy mengunggah video berdurasi 27 detik yang menunjukkan pertemuannya dengan pria berseragam Grab saat dalam penerbangan dari Bangkok ke Singapura.

Pengguna tersebut mengatakan bahwa pria tersebut memberitahunya ia diminta seorang pelanggan di Thailand untuk membeli nasi hainan di Singapura. Di rekaman yang dimaksud, pria tersebut juga terlihat membawa tas termal Grab yang disimpannya di kompartemen atas pesawat.

Berbicara pada 8world, dikutip dari CNA, Rabu, 1 November 2023, pengguna ini mengklaim bahwa pertemuan tersebut terjadi pada 12 Oktober 2023 di Bandara Internasional Don Mueang. Tapi, ia tidak menanyakan siapa pengantar barang yang membayar tiketnya.

Video tersebut telah ditonton jutaan kali dengan beberapa pengguna mempertanyakan keasliannya dan yang lain menyatakan bahwa ini berarti "nasi ayam Singapura lebih baik (daripada Malaysia)." Publikasi SingapuraMothership, sempat memuat berita tersebut pada 30 Oktober 2033 dengan judul "Pengendara Grab terbang dari Thailand ke S'pore untuk Mengambil Pesanan Nasi Ayam."

Menanggapi ini, Grab turun tangan dengan mengumumkan bahwa video tersebut hoaks. Seorang juru bicara Grab mengatakan pada Straits Times, "Kami memahami bahwa video fiksi tersebut dibuat masyarakat secara independen."

"Kami tidak menawarkan layanan seperti itu, dan orang yang berperan sebagai mitra ojek online dalam video tersebut tidak terdaftar di Grab," imbuhnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bukan Kali Pertama

Viral Pria Berjaket Ojol Beli Bakpia sampai Naik Pesawat Medan-Yogyakarta, Ternyata Anggota DPRD Medan
Viral Pria Berjaket Ojol Beli Bakpia sampai Naik Pesawat Medan-Yogyakarta, Ternyata Anggota DPRD Medan (Tangkapan Layar TikTok/dolfie.k)

Perusahaan itu menambahkan bahwa satu-satunya layanan pengiriman lintas batas yang dimilikinya adalah fitur 100+ Cities Delivery (BETA). Ini memungkinkan pengguna "memesan dan mengirim makanan dan hadiah fisik dari mitra pedagang GrabFood dan GrabMart yang tersedia di kota penerima di dalam negeri berjarak satu jam (perjalanan)."

Pada September 2023, rekaman serupa juga bikin geger jagat maya. Sosok pria berjaket ojol viral di media sosial, karena jadi salah seorang penumpang pesawat Garuda Indonesia rute Medan-Yogyakarta. Momen ini diabadikan akun TikTok @dolfie.k.

Dalam video berdurasi 58 detik itu, si pria berjaket ojol terlihat berbincang dengan pramugari. "Mohon maaf ya pak, demi Allah saya ingin tahu pak," kata salah seorang pramugari. "Ini boarding (pass)-nya saja lihat," kata pria tersebut sembari menyerahkan boarding pass miliknya.

Sementara, perekam video menyebut, "Jadi ojeknya ini dari Medan, dia pesan bakpia pathok dari Yogyakarta. Nanti dia beli ini balik lagi naik pesawat ke Medan. Luar biasa." Kolom keterangan video itu berbunyi, "Ojol Melayani Pesanan di luar kota menggunakan Pesawat Garuda."


Sosok Si Driver Ojol

Viral Pria Berjaket Ojol di Pesawat Medan-Yogyakarta, Ternyata Anggota DPRD Medan
Viral Pria Berjaket Ojol di Pesawat Medan-Yogyakarta, Ternyata Anggota DPRD Medan (Tangkapan Layar TikTok/dolfie.k)

Di kolom komentar,  beberapa warganet menyebut bahwa pria berjaket ojol tersebut adalah anggota DPRD Medan bernama Erwin Siahaan. "Aku kenal nih Ojeknya, apa kabar Pak Dewan PSI kota Medan Bro Erwin Siahaan, salam Solidaritas ya Bro Dewan," bunyi salah satu komentar.

Konten online dari pengemudi ojol memang telah menyita perhatian publik dari waktu ke waktu. Kisah lainnya sempat datang dari seorang driver ojol pemilik akun Instagram @ryan_nus. Ceritanya bisa membeli sepatu impian kembaran dengan bintang NBA Stephen Curry telah membuat banyak warganet ikut haru.

Melalui direct message (DM) pada Liputan6.com, 22 Desember 2022, Ryan berbagi bahwa demi memiliki sepatu impiannya, yakni Curry Flow 9 Basketball Shoes "We Believe," ia punya celengan khusus. "(Saya) masukkan uang receh hasil ngojek," katanya.

Pria yang juga dikenal sebagai mzojol ini menyambung, "Setelah dikumpulin, ternyata banyak juga (uangnya) dan biasanya saya pakai untuk beli sesuatu yang lagi saya mau. Kebetulan kemarin Golden State Warriors juara NBA dan pemain favorit saya Stephen Curry jadi Finals MVP, itu yang bikin saya yakin kali ini uangnya mau saya pakai beli sepatu itu."


Wujudkan Impian Sambil Menikmati Prosesnya

Driver Ojol
Kisah driver ojek (online) beli sepatu impian, kembaran dengan bintang NBA, Stephen Curry. (dok. tangkapan layar Instagram @ryan_nus/https://www.instagram.com/reel/Ci48dewgZfq/)

Setelah berhasil membawa pulang sepatu impiannya, yang mana momen pembeliannya diabadikan dalam sebuah video yang jadi viral, Ryan berkata, "Sepatunya kalau saya lagi mau pakai, saya pakai kok. Kalau lagi libur, jalan-jalan, atau lagi ngojek kalau enggak hujan. Kalau hujan, ganti (sepatu) yang lain yang lebih murah hehe."

Usai membeli sepatu kembaran dengan idolanya, Ryan sepertinya tidak ingin tanggung bermimpi. Pasalnya, impian selanjutanya adalah menonton langsung pertandingan Golden State Warriorrs di Chase Center, San Francisco, Amerika Serikat (AS).

"Cara wujudinnnya," driver ojol ini mengatakan. "Jalanin aja dulu. Kerja ngojek sekarang sambil bikin konten buat cari tambahan pemasukan. Enggak mau cepat-cepat juga. Jalanin dan nikmatin prosesnya."

Terkait kontennya yang viral, Ryan menuturkan, "Saya bikin konten ini karena ingin berbagi cerita saja tentang hidup saya. Meski kerja jadi ojol, saya bisa wujudin apapun impian yang saya mau, mau impian kecil atau besar sekali pun layak diperjuangkan. Asal rajin, kita bisa!"

 

Infografis Disdukcapil tangsel gandeng ojol dalam pelayanan dokumen
Infografis Disdukcapil Tangsel gandeng ojol dalam pelayanan dokumen.
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya