Puan Maharani Pamer Nikmatnya Makan Sayur Lodeh di Warung Kopi Klotok Yogyakarta, Warganet Sindir Tidak Ikut Antre

Sebagai konteks, Warung Kopi Klotok Yogyakarta yang disambangi Puan Maharani memang sering ramai, terlebih selama musim libur sekolah seperti sekarang, membuat pengunjung antre berjam-jam.

oleh Asnida Riani diperbarui 09 Jul 2024, 11:00 WIB
Diterbitkan 09 Jul 2024, 11:00 WIB
Puan Maharani
Puan Maharani makan di Warung Kopi Klotok Yogyakarta. (dok. Instagram @puanmaharaniri/https://www.instagram.com/p/C9HYOc6vg8L/)

Liputan6.com, Jakarta - Maksud hati berbagi konten lokal sekaligus rekomendasi destinasi kuliner di Yogyakarta, Ketua DPR Puan Maharani malah jadi sasaran kritik warganet. Ini bermula saat putri Megawati Soekarnoputri itu mengunggah video makan di Warung Kopi Klotok di akun media sosialnya, Minggu, 7 Juli 2024.

Di keterangan cuitan di X, dulunya Twitter, ia menulis, "Nasi hangat, sayur lodeh, tempe goreng dan telur dadar, dengan view hijau sawah, gemericik air dan semilir angin yang bikin adeemmmm… 🥰 Setiap ke Kopi Klotok di Kaliurang ini rasanya kayak pulang ke rumah deh… 😍 Mumpung masih liburan sekolah nih, yuk mampir sini…👍🏼 #puanmaharani."

Sementara sebagian warganet mengaku ngiler melihat klip tersebut, tidak sedikit yang menyindir Puan tidak ikut antre. Ini mengacu pada penuhnya Warung Kopi Klotok Yogyakarta di kebanyakan waktu, terlebih selama musim libur sekolah seperti sekarang.

"Yaaa nggak ngantri soalnya 🙏🏻," balas seorang pengguna, sementara yang lain menimpali, "Coba disuruh ikut antri, plus nunggu sangreng datang juga, bakal sama atau nggak komennya 🤭" "Wkwkwk ampun om 🙏🙇‍♀️ kalo aku tim habis subuh bareng bapak-bapak sepedaan sekalian nunggu semuanya mateng," balas warganet lain.

"Kalau ngantri nanti jadi rasanya kayak pulang ke rumah pas jam pulang kerja naik LRT bang...😅😅😓," menurut pengguna berbeda. Ada juga yang berkomentar, "Yg pernah antri 1 jam cuma nangis di pojokan.. 😅." "Daripada ngantri mending pulang ke rumah beneran sih, kan katanya kaya pulang ke rumah. E maap 🙏🏻," sahut yang lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Video Puan Maharani

Puan Maharani
Puan Maharani makan di Warung Kopi Klotok Yogyakarta. (dok. tangkapan layar video X @puanmaharani_ri/https://x.com/puanmaharani_ri/status/1809882004680515689)

Di video online berdurasi satu menit dan tiga detik yang dibagikan, Puan Maharani terekam berkata, "Ini semua makanan rumahan." Rekaman kemudian memperlihatkan asri persawahan di sekitar Warung Kopi Klotok.

"Ini makanan rumahan yang selalu saya (makan saat) datang ke Jogja," ungkap Puan. "Ini ada lodeh, kemudian tempe goreng, dan telur goreng garing."

Klip kemudian memperlihatkan ragam sajian yang dimaksud, lengkap dengan kopi yang jadi menu andalan di tempat makan itu. Pemiliknya, Sri Handayani, mengatakan, "Mungkin kangen saja ya. Kangen suasananya, mungkin kangen masakan rumahan, atau kangen pisangnya barang kali," sepertinya merujuk pada alasan Puan berkunjung ke sana.

"Kami mencari menu-menu yang tetap rumahan," ia menambahkan. Di akhir video, Puan terlihat membubuhkan tanda tangan di secarik kertas, menulis, "Selalu kangen makan di Kopi Klotok," serta menyertakan tanggal kunjungannya, 6 Juli 2024.

Menurut unggahan di akun Instagram Warung Kopi Klotok, tempat makan ini memang sudah jadi langganan pejabat dan figur publik. Nama-nama seperti Pevita Pearce, Najwa Shihab, Erick Thohir, bahkan Presiden Joko Widodo (Jokow) sekeluarga juga kedapatan mampir ke sana.


Kunjungan Jokowi Sekeluarga ke Warung Kopi Klotok

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana menikmati waktu akhir pekan pada Sabtu, 3 Juni 2023, dengan mengunjungi Warung Kopi Klotok yang ada di Jalan Kaliurang, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. (Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana menikmati waktu akhir pekan pada Sabtu, 3 Juni 2023, dengan mengunjungi Warung Kopi Klotok yang ada di Jalan Kaliurang, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. (Sekretariat Presiden)

Melansir presiden.go.id, 3 Juni 2023, Jokowi dan Iriana sempat menikmati akhir pekan dengan mengunjungi Warung Kopi Klotok. Didampingi Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, mereka tiba sekitar pukul 09.50 WIB.

Jokowi sekeluarga menikmati sejumlah menu yang jadi ciri khas Warung Kopi Klotok, mulai dari kopi klotok, pisang goreng, sayur lodeh, tempe, hingga telur garing. Jokowi pun memuji kenikmatan rasa makanan-makanan tersebut.

"Enak sekali. Lodehnya, telur krispinya, tempe garitnya," tulis Jokowi di sebuah papan yang memang disiapkan untuk para pengunjung warung tersebut. Sri Handayani selaku pemilik warung mengaku sangat bangga bisnisnya didatangi Jokowi dan keluarga. Bahkan, ia menyebut Iriana memuji usahanya merupakan bagian pelestarian masakan Indonesia.

"Ibu Iriana senang karena kami kan mempertahankan masakan daerah, mengangkat masakan daerah," kata Yani dalam keterangannya. Ia pun terharu menerima kedatangan Jokowi dan keluarga sebagai tamu kehormatan di warungnya. "Siapa yang enggak senang ya kedatangan Pak Presiden, merupakan suatu kehormatan," ucapnya. 


Di Mana Alamat Warung Kopi Klotok?

Warung Kopi Klotok Jogja Makin Ramai Pengunjung, Ternyata Pernah Dikunjungi Keluarga Jokowi.
Warung Kopi Klotok Jogja Makin Ramai Pengunjung, Ternyata Pernah Dikunjungi Keluarga Jokowi. foto: Twitter @merapi_uncover

Akhir tahun lalu, akses menuju Warung Kopi Klotok tersendat karena macet parah di masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Menurut cuitan akun X, @Jogja Uncover, antrean mobil sepanjang ratusan meter terpantau di akses jalan menuju warung tersebut.

Tidak hanya mobil, antrean pengunjung juga mengular hingga area parkir. Warung Kopi Klotok yang beralamat di Jalan Kaliurang Kilometer 16, Pakem, Sleman, Yogyakarta ini kerap menarik wisatawan setiap liburan tiba karena menawarkan pengalaman makan unik dengan nuansa pedesaan.

Dalam beberapa tahun terakhir, tempat makan ini telah jadi populer di kalangan wisatawan, menjadikannya destinasi wajib saat bertandang ke Yogyakarta. Namun, mencari lapak makan di sini bisa sulit karena selalu ramai.

"Karena liat rame terus, saya yang warlok aja jadi belum pernah mampir," aku seorang pengguna X. "Emang jangan coba-coba dateng pas liburan atau gak dari pagi banget tungguin masakan mateng," saran yang lain.

Infografis Ragam Festival Kuliner Nusantara
Infografis Ragam Festival Kuliner Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya