Apa Itu Fenomena Cuaca Bediding yang Sedang Melanda Pulau Jawa?

Fenomena cuaca bediding biasa terjadi di bulan-bulan puncak musim kemarau, yakni Juli sampai September.

oleh Asnida Riani diperbarui 19 Jul 2024, 07:00 WIB
Diterbitkan 19 Jul 2024, 07:00 WIB
Ilustrasi Cuaca Dingin
Ilustrasi fenomena cuaca bediding. Photo by Pavel Lozovikov on Unsplash

Liputan6.com, Jakarta - Fenomena bediding tengah dilaporkan dari Pulau Jawa. Ini merupakan istilah yang merujuk pada fenomena suhu udara dingin di tengah musim kemarau, menurut situs web Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dikutip Kamis, 18 Juli 2024.

Dalam konteks klimatologi, bediding merupakan fenomena yang normal terjadi. Kondisi ini ditandai dengan suhu udara yang turun drastis pada malam hingga dini hari, dan biasa terjadi di bulan-bulan puncak musim kemarau, yakni Juli sampai September.

Jadi, apa penyebab fenomena bedidingPada musim kemarau, tutupan awan sangat minim, sehingga matahari akan terasa sangat terik diiringi peningkatan suhu udara di siang hari. Sama halnya dengan siang hari, radiasi yang dipancarkan balik oleh permukaan Bumi pada malam hari jadi optimal karena langit bebas dari tutupan awan.

Pancaran radiasi gelombang panjang dari Bumi diiringi penurunan suhu yang signifikan pada malam hari, dan mencapai puncaknya pada sebelum matahari terbit. Prakirawan Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas III Banyuwangi I Gede Agus Purbawa mengatakan, bediding juga disebabkan adanya pergerakan tiupan udara dari Australia.

Kanal Regional Liputan6.com merangkum, Selasa, 16 Juli 2024, angin membawa massa udara dingin dan kering ke Asia melewati sebagian selatan wilayah Indonesia, yang dikenal dengan angin muson Australia. Terlebih pada bulan ini, Australia memasuki musim dingin. Suhu terdingin umumnya terjadi pada Agustus seiring puncak musim kemarau di Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Imbauan pada Masyarakat

Fenomena embun es di kawasan Gunung Bromo (Istimewa)
Fenomena embun es di kawasan Gunung Bromo (Istimewa)

Menurut data BMKG, 18,2 derajat celcius pada Senin, 15 Juli 2024 tercatat jadi suhu terendah di Banyuwangi selama fenomena bediding. Sedangkan suhu tertinggi terjadi pada 2 Juli 2024, yakni 25,9 derajat celcius.

Demi mengatasi dan mengurangi dampak suhu dingin selama fenomena cuaca ini, BMKG meminta publik memakai pakaian tebal dan hangat yang dapat menjaga suhu tubuh, terutama saat beraktivitas di luar rumah pada malam dan pagi hari. Lalu, minum air yang cukup.

Ini penting dilakukan untuk tetap terhidrasi dengan baik meski suhu terasa dingin. Kemudian, mengonsumsi makanan bergizi untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap perubahan suhu ekstrem. Selain, tidur yang cukup dan berkualitas juga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dengan memahami dan menerapkan langkah-langkah tersebut, masyarakat diharapkan dapat menghadapi fenomena bediding. "BMKG terus memantau perkembangan cuaca dan mengimbau masyarakat untuk tetap waspada, serta mengikuti informasi terbaru terkait kondisi cuaca dari sumber resmi," tegas Gede.


Embun Upas di Bromo

embun upas
Fenomena alam langka berupa kemunculan embun es (embun upas), yang disebabkan penurunan suhu secara ekstrem terjadi di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). (Liputan6.com/ Dok TNBTS)

Akibat cuaca ekstrem, embun es, yang juga dikenal sebagai embun upas, dilaporkan terlihat di wilayah Bromo, Jawa Timur dan Dieng, Jawa Tengah. Kepala Bagian Tata Usaha Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Septi Eka Wardhani menjelaskan, embun upas terjadi karena udara dingin akibat angin munson timur yang berembus dari benua Australia, lapor kana Surabaya Liputan6.com, Senin, 15 Juli 2024.

Fenomena ini terjadi ketika suhu udara berkisar antara lima sampai sembilan derajat celsius dan hanya dijumpai pada pagi hari, atau sebelum matahari terbit dengan sempurna. Embun upas akan menghilang saat matahari mulai meninggi. Pada musim kemarau, cuaca cenderung lebih dingin karena adanya penurunan suhu yang cukup ekstrem jelang fajar.

"Kemunculan embun upas yang membeku menyerupai salju membuat kawasan wisata Gunung Bromo dan sekitarnya tampak semakin eksotis. Pemandangan kawasan Lautan Pasir Gunung Bromo tampak memutih dan lebih menarik," sebut Eka.

Ia mengimbau pengunjung yang akan mengunjungi kawasan wisata Bromo diharapkan dapat mempersiapkan diri dengan menggunakan pakaian dan jaket tebal, sarung tangan, serta kupluk. Juga, bagi yang memiliki riwayat penyakit asma, harap berhati-hati dan menjaga kondisinya sebaik mungkin.


Embun Es di Dieng

Embun Upas Dieng
Udara dingin Dieng menciptakan selimut embun es atau biasa dikenal dengan embun upas. (dok. X @FestivalDiengID/https://x.com/FestivalDiengID/status/1811565401886924928/photo/4)

Embun es juga kembali dipotret di Dieng, Jawa Tengah. Sementara fenomena itu terus mengundang komentar takjub warganet, ada juga yang menyoroti sampah berserakan di lokasi berselimut embun upas tersebut.

Ini bermula dari unggahan akun X, dulunya Twitter, @FestivalDiengID, Jumat, 12 Juli 2024. "Pagi ini, Dieng membeku lagi Kak. Jangan lupa persiapkan jaket tebal yahh besok, karena Agustus biasanya sedang dingin dinginnya meskipun ga sedingin sikap dia ke kamu 👉🏻👈🏻," begitu bunyi keterangan cuitan tersebut.

Tweet itu menyertakan foto dan video embun es yang dimaksud. Selain di kendaraan dan hamparan rumput, embun upas menyelimuti sampah botol plastik, lemaran kertas, dan bungkus rokok yang sayangnya terekam berserakan.

"Kalo bisa ga cuma mainin esnya bang, sekalian dipungutin itu sampah 🙏🏻," kata salah satu pengguna, yang dijawab si akun pengunggah, "Sudah Kak :)." "Wahai para wisatawan tolong buang sampahnya jangan sembarangan," imbau warganet berbeda terkait kebersihan destinasi wisata.

Infografis Tips Hadapi Cuaca Ekstrem agar Tetap Selamat. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Tips Hadapi Cuaca Ekstrem agar Tetap Selamat. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya