Perjuangan Tya Ariestya Bikin Bisnis Kos-Kosan, Suaminya Sampai Berhenti Kerja

Sejak masih aktif di dunia keartisan, mantan Tya Ariestya sudah memiliki usaha kos-kosan. Tak sendirian, Tya mengembangkan bisnis tersebut bersama suaminya.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 21 Jul 2024, 16:00 WIB
Diterbitkan 21 Jul 2024, 16:00 WIB
6 Potret Indekos Tya Ariestya di Karawang Sudah Siap Huni, Fasilitas Lengkap
Potret Indekos Tya Ariestya di Karawang. (Sumber: Instagram/tya_ariestya)

Liputan6.com, Jakarta - Sosok Tya Ariestya sangat melekat dengan sebutan ibu kos. Di kalangan para artis, saat sedang arisan maupun membuat konten Tya juga melabeli dirinya sebagai ibu kost.

Sejak masih aktif di dunia keartisan, mantan finalis Gadis Sampul itu memang sudah memiliki usaha kos-kosan. Tak sendirian, Tya mengembangkan bisnis tersebut bersama suaminya.

"Dia (suami Tya Ariestya) memutuskan untuk keluar dari kantornya, waktu itu gajinya masih 3 juta," ungkap Tya dalam sebuah program acara televisi yang diunggahan ulang di TikTok akun @meefriansyah pada 20 Juli 2024.

Suaminya lalu punya usaha jualan kamera dan memulai juga usaha kost-kostan dan fokus dengan itu. "Jadi setelah 2011, sekarang tahun 2024 baru bikin kos-kosan yang kedua," sambung Tya kepada Fenny Rose.

Ternyata tak hanya kos-kosan, usaha Tya dan suaminya dalam bidang properti berlanjut dengan penginapan atau semacam hotel untuk kucing. Dia juga punya penginapan di Gili Trawangan, Lombok yang merupakan usaha berdua saat masih pacaran.

"Sekalian bisnis pertama sama bapake (suaminya), tahun 2012," jelas Tya yang awalnya diketahui publik karena ia mengunggah momen liburan ke salah satu destinasi favorit para bule itu.

"Saat masih pacaran malah bikin penginapan," sambung Fenny Rose.

Kini wanita yang baru berhijab itu bersama suaminya sudah memiliki puluhan kamar kos-kosan. Dalam beberapa kali unggahan di media sosialnya, Tya juga sempat mengungkap tentang kos-kosan miliknya yang memiliki fasilitas lengkap dari televisi hingga perabot AC. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Komentar Warganet

6 Potret Indekos Tya Ariestya di Karawang Sudah Siap Huni, Fasilitas Lengkap
Potret Indekos Tya Ariestya di Karawang. (Sumber: Instagram/tya_ariestya)

Meski usahanya itu telah berkembang, media sosial seperti TikTok, Tya masih sering berjualan barang dagangannya seperti menawarkan mukena. Tya memanfaatkan popularitasnya agar tetap cuan, meski bukan lagi di jalur sinetron atau dunia hiburan.

Konten yang disukai oleh 2.533 pengguna TikTok itu pun menuai beragam reaksi. Di antaranya salut dengan perjuangan Tya Ariesta.

"Gaji 3 juta tapi masih bisa bikin kost-kostan, ga mungkin kalo nggak ada penghasilan lain," tulis seorang warganet.

"Yang gw suka dari Tya Ariestya meski penghasilannya lebih gede tapi tetap menghargai suami," sambung yang lain.

"Kirain polisi suami Tya," kata warganet.

Mengutip dari kanal Hot Liputan6.com, 18 Juli 2024, diketahui Tya dan suaminya, Irfan Ratinggang punya bisnis indekos atau kos-kosan di daerah Karawang. Diketahui indekos tersebut merupakan bisnis indekos kedua Tya dan suami.

Lewat laman Instagramnya, artis berusia 38 tahun ini tunjukkan indekosnya yang sudah siap huni. Sebelumnya indekos Tya Arisetya ini merupakan bangunan kosong yang kemudian disulap jadi indekos. 

 


Tya Ariestya Jualan Mukena

Kos-kosan Tya Ariestya di Karawang (Instagram/tya_ariestya)
Kos-kosan Tya Ariestya di Karawang (Instagram/tya_ariestya)

Artis Tya Ariestya belum lama berhijab, namun tampaknya semangat untuk mengajak teman-temannya selalu ingat salat tak pernah kendor. Bahkan selebritas yang juga pemilik kos ini berjualan mukena sebagai sebuah bisnis dan sekaligus sarana ia beribadah.

Dalam sebuah pertemuan arisan dengan para anggota geng cendol seperti Aurel Hermansyah, Ashanty, Ririn Ekawati, Olla Ramlan, sampai Shireen Sungkar, sang artis tak sungkan menawarkan mereka mukena.

"Jangan mengeluarkan mukena, mukenanya pakai punya ku aja udah aku bawain. Jadi setiap aku ketemuan aku bawain, mau warna apa bund?" Tanyanya ke Ashanty yang duduk tepat di depannya dalam sebuah video di akun TikTok pribadi @tya_ariestya, diunggah pada Jumat, 16 Februari 2024.

"Apa sih maksudnya?" tanya Ashanty tidak mengerti dengan yang dikatakan Tya.

"Di tiap arisan itu pasti ada yang jualan, ini ada bener kenyataannya," kata Tya yang diiringi tawa anggota geng cendol lainnya.


Tawarkan ke Rekan Artis

Kos-kosan Tya Ariestya di Karawang (Instagram/tya_ariestya)
Kos-kosan Tya Ariestya di Karawang (Instagram/tya_ariestya)

Istri Anang Hermansyah itu pun tampak bingung memilih di antara banyak warna yang ditawarkan mantan Gadis Sampul tersebut. Akhirnya Ashanty memilih mukena kecil hitam, padahal semula diberi yang warnanya merah muda.

Di sebelah Ashanty tampak Aurel sedang sibuk pumping ASI untuk anaknya yang masih balita, tapi ia tak kalah heboh saat ditawarkan membeli mukena oleh Tya. "Kamu kemarin bawa ke Jepang ya?" Tanya Tya ke Shireen Sungkar. 

Istri Tengku Wisnu tersebut terlihat sedang makan salad sambil meladeni Tya yang memilihkannya berbagai warna mukena. Tya mengeluarkan kembali sebhah mukena kecil yang praktis dibawa kemana-mana berwarna ungu untuk ibunda Shireen.

Di akhir video, Tya ikut mengajak para pengikutnya di TikTok untuk bisa punya mukena kembaran seperti yang dimiliki teman-temannya. Konten yang disukai oleh lebih dari 168 ribu pengguna itu pun menuai beragam komentar dari warganet.

"Mau banget buat kuliah, biar nggak makan banyak tempat," kata warganet.

"Kan salat lima kali sehari, tiap salat beda warna mukena biar semangat," tulis warganet menirukan apa yang disebutkan Tya.

Infografis Ragam Akomodasi di Sektor Bisnis Hotel
Infografis Ragam Akomodasi di Sektor Bisnis Hotel. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya