88 Tas Mewah Sandra Dewi Disita Kejagung karena Kasus Korupsi Harvey Moeis, Ada yang Harganya Rp500 Jutaan

Salah satu jenama yang paling banyak dikoleksi oleh Sandra Dewi adalah Hermes. Meski merasa keberatan, Sandra akan membuktikan di pengadilan bahwa tas-tas branded itu bukan dibeli dari hasil korupsi suaminya, Harvey Moeis.

oleh Henry diperbarui 23 Jul 2024, 19:02 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2024, 19:00 WIB
Dikenal Tajir Melintir, 6 Potret Koleksi Tas Mewah Sandra Dewi yang Capai Ratusan Juta
Intip koleksi tas mewah Sandra Dewi yang capai puluhan hingga ratusan jutaan. [@sandradewi88]

Liputan6.com, Jakarta - Aktris Sandra Dewi keberatan saat 88 tas mewahnya ikut disita tim penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) RI terkait kasus korupsi timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan PT Timah Tbk, tahun 2015 hingga 2022.  Koleksi 88 tas mewah itu disita setelah sang suami, Harvey Moeis ditetapkan sebagai salah satu tersangka.

Sandra Dewi merasa keberatan. Ia beralasan, tas-tas mewah itu bukan hasil korupsi melainkan endorse dan hasil keringatnya di dunia hiburan.

"Kuasa hukum Harvey Moeis, Harris Arthur Hedar, menyebut aktris Sandra Dewi merasa keberatan 88 tas mewah miliknya ikut disita penyidik imbas kasus korupsi timah yang menjerat suaminya, Harvey Moeis,” tulis keterangan yang dituliskan di akun Instagram @lambegosiip, Selasa (23/7/2024).

Meski merasa keberatan, Sandra Dewi akan mengikuti proses hukum dan membuktikan di pengadilan bahwa tas-tas branded itu bukan hasil korupsi. Salah satu jenama yang paling banyak dikoleksi oleh ibu dua anak ini adalah Hermes.

Terlepas dari pengakuannya bahwa tas branded itu dibeli melalui hasil endorse, tapi koleksi tas Hermes Sandra memang tak bisa dipandang sebelah mata. Melansir akun Instagram @hermes.selebriti, salah satu tas Hermes termahalnya adalah seri Kelly 25 Sellier Nata Epsom Leather with Gold Hardware yang harganya diperkirakan mencapai Rp529 juta. 

Meski begitu belum diketahui dengan pasti apakaj tas tersebut juga termasuk dalam 88 tas yang disita Kejagung. Selain itu, Sandra juga punya beberapa tas Hermes lain yang tak kalah mahal, seperti Constance 24 Black Epsom Leather with Gold Hardware seharga sekitar Rp330 juta,

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Koleksi Tas Mewah Sandra Dewi

88 Tas Mewah Sandra Dewi Disita Kejagung karena Kasus Korupsi Harvey Moeis, Ada yang Harganya Rp500 Juta
88 Tas Mewah Sandra Dewi Disita Kejagung karena Kasus Korupsi Harvey Moeis, Ada yang Harganya Rp500 Juta.  foto: Instagram @hermes.selebriti

Ada juga Hermes 24/24 - 21 Bag in Volupto and Swift Calfskin with Gold-plated Hardware senilai Rp152,68 juta. Selain itu ada Hermes Bag in Volupto and Swift calfskin with Gold-plated Hardware yang harganya sekitar Rp193 juta. 

Beberapa tasnya yang lain adalah Hermes Black Togo Gold Hardware Birkin 25 seharga sekitar Rp327 juta dan Hermes Mini Lindy Feu Clemence Leather with Gold Hardware senilai Rp155,86 juta. Jika ditotal, koleksi tas Hermes-nya ini saja mencapai sekitar Rp1,60 miliar.

Tak hanya Hermes, Sandra juga beberapa kali tertangkap kamera membawa tas mewah lain seperti dari jenama Chanel. Ia juga diketahui mengoleksi sejumlah jam tangan dan alas kaki mewah.

Sementara itu, Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung (Kejagung), Harli Siregar, buka suara terkait keberatan Sandra Dewi. Harli menegaskan tidak mau memberikan tanggapan atas protes yang dilayangkan oleh kubu Sandra Dewi. Karena menurutnya hal itu akan dibuktikan di persidangan nanti.


Respons Kejagung Soal Penyitaan Tas Sandra Dewi

Kejagung Tunjukkan Bukti Kejahatan Harvey Moeis dan Helena Lim
Kedua tersangka pun akan ditahan untuk 20 hari ke depan di Rutan Salemba cabang Kejari Jaksel. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

"Silakan saja. Menurut saya tidak perlu berpolemik, proses penegakan hukum pidana adalah untuk mencari kebenaran materil dan ada ruang pembuktian di sana. Jadi persidangan nantinya tentu membuka semua fakta,| kata Kapuspen Kejagung Harli Siregar dalam keterangan tertulis, Selasa (23/7/2024), mengutip kanal News Liputan6.com.

Harli memastikan penyitaan yang dilakukan oleh kejaksaan sudah sesuai dengan proses hukum yang berlaku. Karena itu, Harli menyarankan agar kubu Sandra Dewi mengikuti saja proses hukum yang sedang bejalan.

"Itu enggak asal tarik saja, ada persetujuan sitanya dari pengadilan. Dibuktikan saja nanti di pengadilan," ucap Harli.

Sebelumnya, Kejagung telah melimpahkan dua tersangka yakni Harvey Moeis dan Helena Lim serta barang bukti ke Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan.Pelimpahan tahap dua ini atas kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam pengelolaan tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) di PT Timah Tbk tahun 2015 sampai dengan 2022.

"Penyidik pada kesempatan ini selain menyerahkan kedua tersangka untuk menjadi tanggung jawab Penuntut Umum juga menyerahkan barang bukti baik elektronik dokumen dan barang bukti lainnya," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung, Harli Siregar di Kejari Jakarta Selatan, Senin, 22 Juli 2024.


Barang Milik Harvey Moeis yang Disita

Harvey Moeis dan Helena Lim Dilimpahkan ke Kejari Jaksel
Harvey Moeis, suami Artis Sandra Dewi, bersama dengan Crazy Rich Pantai Indah Kapuk (PIK), Helena Lim diserahkan ke Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Senin (22/7/2024). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Dalam kesempatan itu, Harli pun turut membeberkan sejumlah barang bukti milik masing-masing tersangka yang turut disita dan diserahkan ke Kejari Jakarta Selatan.

Saat Kejagung RI mengumumkan bahwa Harvey Moeis diserahkan ke Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan dan ditahan selama 20 hari ke depan, rincian barang bukti yang disita diumumkan ke publik. Dalam momen itu, Sandra Dewi tidak hadir.

Berikut barang milik Harvey Moeis yang disita:

a. 11 bidang tanah dan/atau bangunan dengan rincian

- 4 bidang tanah dan/atau bangunan di wilayah Jakarta Selatan

- 5 bidang tanah dan/atau bangunan di wilayah Jakarta Barat

- 2 bidang tanah dan/atau bangunan di wilayah Tangerang

b. Mobil dengan total 8 unit terdiri dari:

- 2 unit Ferarri;

- 1 unit Mercedes Benz AMG SLG GT

- 1 unit Porsche

- 1 unit Rolls Royce Cullinan

- 1 unit Mini Cooper

- 1 unit Lexus RX300

- 1 unit Vellfire 2.5G

c. Tas branded sebanyak 88 unit

d. Perhiasan sejumlah 141 buah

e. Uang sejumlah USD 400.000

f. Uang Rp13.581.013.347

g. Logam mulia

 

Infografis 30 Tas Mewah Jadi Barang Bukti Gratifikasi Rafael Alun
Infografis 30 Tas Mewah Jadi Barang Bukti Gratifikasi Rafael Alun (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya