Usung Konsep Piknik, Taman Brightspot 2024 Bakal Daur Ulang Sampah Jadi Avtur dan Produk Furnitur

Konsep piknik ini juga membedakan Taman Brightspot dengan Brightspot Market yang biasanya digelar di mal. Di Taman Brighspot, pengunjung bisa belanja dan menikmati kuliner sambil duduk-duduk di alam terbuka.

oleh Henry diperbarui 24 Jul 2024, 07:03 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2024, 07:01 WIB
Konferensi pers Taman Brightspot 2024  foto: dok. Brightspot
Konferensi pers Taman Brightspot 2024.  (Liputan6.com/Henry)

Liputan6.com, Jakarta - Untuk mendukung gaya hidup berkelanjutan yang bersinergi untuk para pelaku usaha lokal, Brightspot bersama Tokopedia dan Shop Tokopedia menghadirkan Taman Brightspot 2024 yang berlokasi di Urban Forest Cipete, Jakarta Selatan. Acara ini menghadirkan pengalaman eksplorasi karya jenama lokal yang berbeda dengan memberikan nuansa piknik di alam di tengah hingar-bingar perkotaan.

Founder Brightspot Market dan Future 10, Anton Wirjono, menjelaskan Taman Brightspot tahun ini ingin memberikan pengalaman praktik bisnis berkelanjutan dari inovasi sinergi antara e-commerce lokal dan pasar fisik.

“Konsep ini mempertegas komitmen kita dalam bisnis berkelanjutan dan dukungan terhadap usaha lokal. Pengunjung bisa berakhir pekan dengan cara yang berbeda, cara yang lebih hijau untuk kaum urban dengan konsep piknik di tengah kota,” kata Anton dalam konferensi pers di Senayan Park, Jakarta, Selasa, 23 Juli 2024.

“Kita kembali berkolaborasi, kali ini merupakan kali kedua gelaran Brightspot dengan konsep piknik di Urban Forest Cipete. Tempat terbuka ini memberikan pengalaman alam yang menyegarkan di tengah kesibukan kota. Pengunjung bisa menikmati akhir pekan yang asri dan teduh. Dengan lokasinya yang strategis, Urban Forest juga mudah dicapai,” ucap Hadi Solagratia selaku Deputy General Manager Urban Forest Cipete dalam kesempatan yang sama.

Anton menambahkan, konsep piknik ini juga yang membedakan Taman Brightspot dengan Brightspot Market yang biasanya digelar di mal. “Di Taman Brighspot nuansanya tentu beda. Pengunjung bisa belanja dan menikmati kuliner sembari duduk-duduk di alam terbuka sambil memandang pepohonan dan tanaman yang sejuk dan juga menikmati alunan musik. Nanti kita akan tampilkan hiburan band tapi maaf belum bisa di-spill sekarang,” terang Anton.

Semenatra itu, Hilda Kitti selaku Integrated Marketing Country Business Partner Tokopedia dan ShopTokopedia mengatakan, inovasi digital seperti e-commerce lokal, tren gaya hidup berkelanjutan yang mempromosikan pemilihan produk dari jenama lokal tidak hanya memberikan manfaat lingkungan dan ekonomi, tetapi juga mendukung pertumbuhan UMKM. Sinergi antara pasar fisik dan e-commerce sangat penting untuk kelangsungan UMKM.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mendukung Ekosistem UMKM

Taman Brightspot 2024 bakal dihekat di Urban Forest Cipete.
Taman Brightspot 2024 bakal dihekat di Urban Forest Cipete.  foto: (dok.Instagram @urbanforest.cipete/https://www.instagram.com/p/C6FpOaeSWKr/Henry)

"Tokopedia dan ShopTokopedia, selalu berupaya mempermudah kehidupan masyarakat terutama pencinta produk buatan brand lokal, dengan berkolaborasi dan memberikan berbagai fitur yang memudahkan pengguna dalam bertransaksi online, demi sekaligus mendukung ekosistem UMKM di Indonesia," kata Hilda Kitti.

"Dukungan kami dalam acara Taman Brightspot 2024 jadi salah satu bukti nyata dari komitmen terhadap produk lokal dan pelaku industri kreatif. Harapannya, kolaborasi dengan Brightspot ini bisa berperan sebagai katalisator inovasi yang bisa membuka peluang semakin besar bagi pertumbuhan ekonomi nasional," lanjutnya.

Untuk mengelola dan memilah sampah, pihak penyelenggara menggandeng Waste4Change, Nooveleum dan Boolet. Waste4Change akan mengumpulkan dan mengelola semua limbah atau sampah yang dihasilkan. Langkah ini tidak hanya meningkatkan kesadaran akan manajemen sumber daya yang bertanggung jawab tetapi juga mendukung upaya menciptakan siklus ekonomi yang lebih berkelanjutan.

Lalu Nooveleum, sebuah perusahaan greentech yang berfokus pada partisipasi aktif dalam menjaga lingkungan melalui daur ulang minyak jelantah bekas, berperan dalam mengelola minyak jelantah dari tenant kuliner di Taman Brightspot 2024, memastikan limbah tersebut didaur ulang dengan efisien.


Tempat Sampah Khusus di Taman Brightspot

Usung Konsep Piknik, Taman Brightspot 2024 Bakal Daur Ulang Sampah Jadi Avtur dan Produk Furnitur
Konferensi pers Taman Brightspot 2024  foto: dok. Brightspot

"Nanti para tenant kuliner akan diberikan tempat khusus untuk menyimpan minyak yang sudah mereka gunakan. Nanti Nooveleum bakal memberikan imbalan dan katanya nanti akan didaur ulang menjadi bahan bakar avtur untuk pesawat," jelas Anton.

Sementara Boolet, sebuah gerakan yang berfokus pada penyelesaian masalah sampah di Indonesia melalui pembangunan ekosistem ekonomi sirkular, akan membantu mengolah limbah kuliner berbahan kayu, seperti sumpit, tusuk gigi, tusuk sate dan lainnya.

Dengan menyediakan tempat sampah khusus di berbagai sudut selama acara berlangsung, siap menampung sampah kayu dan memastikan perjalanan pengelolaan limbah yang lebih efisien dan berwawasan lingkungan. Spesial di Taman Brightspot 2024, Boolet akan mempersembahkan instalasi furnitur artistik yang dibuat dari sumpit dan tusuk sate bekas, sebagai simbol inovasi dan kreativitas daur ulang.

Tahun ini, Taman Brightspot akan diselenggarakan selama enam hari, yaitu pada 26-28 Juli 2024, dan pada 2-4 Agustus 2024. Para pengunjung bisa datang tanpa dipungut biaya alias gratis dan tidak menggunakan aplikasi.


Akses ke Taman Brightspot 2024

Tips Bikin Event Ekonomi Kreatif dari Pendiri Brightspot Market dan The Goods Dept
Tips Bikin Event Ekonomi Kreatif dari Pendiri Brightspot Market dan The Goods Dept. (Liputab6.com/Henry)

"Kali ini kita menghadirkan 40 jenama lokal terkurasi yang merupakan merchant Tokopedia dan Shop Tokopedia untuk brand retail, kami turut mengkurasi 90 brand kuliner lokal untuk menemani suasana piknik urban. Dari 90 brand itu kita bagi dua, yang satu di minggu pertama dan satunya lagi di minggu kedua, ini supaya ada perbedaan tenant kuliner, dan eksplor kuliner dari tenant lokal yang lebih banyak lag," tutur Anton.

"Beberapa jenama termasuk kuliner juga sudah hadir di Brightspot Market tahun ini, mereka kita ajak lagi di Taman Brightspot karena dapat sambutan bagus dan termasuk yang terlaris di Brightspot Market di Ratu Plaza," tambahnya.

Event ini menargetkan akan ada lebih dari 45 ribu pengunjung yang hadir ke Taman Brightspot 2024. Sebagai bentuk antisipasi, pihak pemyelenggara pun telah bekerja sama dengan MRT Jakarta untuk membuka akses pintu yang lebih dekat ke Urban Forest Cipete.

Anton mengatakan, keterjangkauan dan kenyamanan akses ke Taman Brightspot 2024 adalah hal yang sangat diperhatikan. Dengan letaknya yang strategis, Urban Forest Cipete sangat mudah diakses dengan transportasi umum MRT Jakarta yang memberikan kemudahan pergerakan bagi para pengunjung.

"Karena seperti yang kita tahu, kawasan Cipete itu kantong parkirnya sangat terbatas. Jadi memang kami menyarankan kepada pengunjung untuk naik MRT saja," pungkas Anton.

 

Infografis Rekomendasi Berbagai Event untuk Didatangi di 2023
Infografis berbagai event yang terselenggara di daerah. (dok. Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya