Surat Pribadi Raja Charles III Diklaim Berisi Isi Hati Terdalam soal Kematian Putri Diana Dilelang

Surat tertanggal 8 Desember 1997 itu ditulis tangan dan dikirim Raja Charles III kepada penerima bernama Peter. Isinya diklaim membahas kematian Putri Diana.

oleh Dinny Mutiah diperbarui 29 Jul 2024, 10:00 WIB
Diterbitkan 29 Jul 2024, 10:00 WIB
Senyum Pertama Raja Charles III di Tengah Skandal Buku Pangeran Harry
Raja Charles III menemui publik jelang kebaktian di Gereja St. Lawrence Church, Norfolk, Inggris, Minggu, 8 Januari 2023. (dok. Joe Giddens/PA via AP)

Liputan6.com, Jakarta - Kematian Putri Diana pada 1997 meninggalkan bekas mendalam pada orang-orang sekitarnya, termasuk Raja Charles III. Meski sudah 27 tahun berlalu, sebuah surat pribadi sang raja yang baru diungkap ke publik diklaim menggambarkan isi hati terdalamnya atas kepergian Lady Di, sapaan akrabnya, yang mendadak.

Mengutip NY Post, Senin (29/7/2024), Charles menulis surat itu empat bulan setelah kepergian Putri Diana untuk selamanya. Di dalam surat tersebut, ia menulis soal kepedihan dan 'kekosongan yang tidak tertahankan' yang dirasakannya sepeninggal ibu dari Pangeran William dan Harry tersebut.

Dalam surat tertanggal 8 Desember 1997 itu, Raja bersimpati pada temannya, Peter, atas meninggalnya 'Liz tersayang' karena sakit dan hatinya 'berdarah' atas kehilangan temannya. Charles lebih lanjut berempati dengan 'penderitaan' Peter, dan mengakui bahwa ia 'ingin mengayunkan tongkat sihir untuk mengubah situasi' dan terbebas dari 'kebingungan dan kebingungan yang menyertai tersingkirnya seseorang yang begitu muda dari dunia'.

Raja juga mengutip ayat Alkitab, 1 Korintus 13:12, yang berbunyi, "Sekarang kita melihat melalui kaca secara gelap, tetapi kemudian kita melihat langsung." Menurut Daily Mail, identitas Peter dan Liz sebenarnya masih belum jelas bagi para ahli kerajaan.

Surat pribadi sepanjang tiga halaman itu ditulis tangan pada kop surat Highgrove House dan ditandatangani 'Charles'. Surat kemudian dimasukkan ke dalam amplop dan dikirimkan 'dengan tangan' kepada penerima, sesuai instruksi Charles yang masih bergelar Pangeran saat itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Isi Lengkap Surat Pribadi Charles

Pangeran Charles dan Putri Diana
Pangeran Charles mencium tangan Diana Spencer, di balkon Istana Buckingham ketika mereka muncul di hadapan publik, 29 Juli 1981, setelah menikah di St. Paul Cathedral. (Arsip AFP)

"Aku banyak memikirkanmu kemarin dan hari ini, mengetahui betapa kamu akan sangat terpengaruh oleh berita tragis kemarin tentang Liz tersayang. Hatiku berdarah untukmu karena aku bisa membayangkan dengan baik penderitaan dan keputusasaan yang pasti kamu alami selama bulan-bulan yang menyayat hati ini setelah kamu mengetahui tentang penyakit Liz.

Kami semua yang mengenal Anda-dan sangat menyayangi Anda berdua-tentu saja merasakan penderitaan yang lebih ringan, namun ingin sekali mengayunkan tongkat sihir untuk mengubah situasi. Saya sering berpikir bahwa itu adalah bagian terburuk dari ketidakmampuan untuk membantu dengan cara apa pun yang konstruktif kecuali berdoa terus-menerus di balik ini dan mencoba mengelilingi Anda berdua dengan cinta dan kasih sayang dan perhatian."

"Saya dapat membayangkan dengan baik kehampaan tak tertahankan yang Anda rasakan saat ini; rasa bingung dan kebingungan yang menyertai kepergian seseorang yang masih sangat muda dari dunia ini."

"Secara pribadi, saya percaya bahwa ada dimensi lain di luar dimensi fisik ini dan bahwa kita akan takjub menemukannya sendiri ketika pada akhirnya atau pada suatu saat kita dipanggil untuk melakukan perjalanan tertentu itu untuk diri kita sendiri. Seperti yang dikatakan dalam Alkitab – 'Sekarang kita melihat melalui kaca secara gelap, tapi kemudian berhadapan muka'."

 


Lanjutan Surat Pribadi Charles yang Dilelang

Sweater Motif Kambing Hitam Putri Diana Ditemukan Tak Sengaja di Loteng Desainer, Penuh Simbol Hubungannya dengan Charles
Sweater motif kambing hitam kesayangan Putri Diana yang dipakai pertama kali ke pertandingan polo Pangeran Charles pada 1981. (dok. Instagram @sothebys/https://www.instagram.com/p/Ct8_D1WOeOR/?hl=en/Dinny Mutiah)

"Saya tidak bisa memberi tahu Anda betapa senang dan bahagianya saya mengenal Liz. Dia adalah penyempurna kehidupan yang hebat."

"Kami semua akan memiliki kenangan istimewa tentangnya, tetapi yang terpenting, Peter, kami memikirkanmu dan kamu sangat ada dalam pikiran dan doaku di saat yang paling menyedihkan ini. Saya pikir Anda mungkin akan menemukan sedikit kenyamanan dari syair pendek yang sangat bijak dari William Blake ini dan, bersama dengan ini, saya lampirkan beberapa 'Hal Highgrove' sebagai tanda simpati yang sangat besar dan penuh kasih sayang."

RR Auction baru-baru ini melelang surat tersebut di Boston dengan tawaran awal sebesar USD2.000 (sekitar Rp32,6 juta). Penawaran berakhir pada 14 Agustus 2024. "Surat tulisan tangan yang panjang untuk 'Peter' ini mengungkapkan simpatinya atas kematian orang yang dicintainya."

"Charles mungkin sangat emosional saat dia menulis surat itu, karena Putri Diana meninggal secara tragis hanya beberapa bulan sebelumnya pada bulan Agustus 1997," kata juru bicara RR Auction kepada Daily Mail.

 

 

 


Penyebab Kematian Putri Diana

Putri Diana
Diana, Princess of Wales pada sebuah upacara untuk Palang Merah di Washington. (AFP PHOTO / JAMAL A. WILSON)

Mengutip DW Indonesia, Kamis, 1 September 2022, Diana, Princess of Wales meninggal pada usia 36 tahun dalam kecelakaan mobil pada 31 Agustus 1997 di Paris, bersama rekannya saat itu, Dodi Al-Fayed, dan sopir, Henri Paul. Hanya pengawalnya yang terluka parah, Trevor Reese-Jones, yang selamat dari kecelakaan itu.

Kematian Putri Diana mengirimkan gelombang kejut ke seluruh dunia, tetapi justru keadaan di sekitarnyalah yang pada akhirnya memicu curahan kesedihan dan kemarahan. Pernah dianggap sebagai "perempuan yang paling banyak difoto di dunia", Lady Di diburu oleh paparazzi saat mobilnya melaju melalui terowongan pada saat kecelakaan.

Media tabloid disalahkan atas kematiannya hingga memicu kemarahan bukan hanya dari saudara laki-lakinya, tetapi juga kedua putranya dan masyarakat luas. Namun pada 1999, penyelidik Prancis menganggap supir Diana, Paul bertanggung jawab penuh atas kecelakaan itu, karena ia ditemukan mengemudi di bawah pengaruh alkohol dan obat yang diresepkan. Pada 2008, juri pada pengadilan di Inggris memvonis kembali Paul dengan pembunuhan di luar hukum melalui mengemudi yang sangat lalai oleh dan juga kendaraan para paparazzi. 

Infografis Putri Diana (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Putri Diana (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya