Suvenir Pernikahan Prabowo Subianto dan Titiek Soeharto yang Menikah Tahun 1983 Terungkap, Warganet Sebut Mewah pada Masanya

Suvenir berupa gelas dengan desain serupa sampul kotaknya tercetak gambar wayang. Lalu ada kartu ucapan dari kedua mempelai yaitu Prabowo Subianto dan Titiek Soeharto beserta kedua keluarga.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 28 Agu 2024, 10:00 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2024, 10:00 WIB
Tien Soeharto dan Soeharto
Tien Soeharto dan Soeharto di momen pernikahan Prabowo dan Titiek Soeharto pada 1983 silam. (dok. Instagram @titiksoeharto/https://www.instagram.com/p/ByOB4-elGSK/Putu Elmira)

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menjadi presiden terpilih, berbagai kisah masa lalu Prabowo Subianto kembali mengemuka, termasuk soal pernikahannya dengan Titiek Soeharto yang merupakan bagian keluarga cendana. Salah satunya saat Prabowo dan Titiek menikah pada 1983, ternyata masih ada orang yang menyimpan suvenir pernikahan mereka.

"Koleksi langka.. suvenir pernikahan dan foto pernikahan pak Prabowo dan Titiek Soeharto, 9 Mei 1983," tulis seorang warganet di akun TikTok beralamat @hanan.wiyoko yang diunggah pada 9 Juli 2024.

Tampak di video, potret Prabowo dengan baju militernya dan Titiek bersanding di pelaminan mereka memakai pakaian adat Jawa. Mereka bersama presiden Soeharto dan Ibu Tien yang kala itu masih terlihat muda, juga memakai pakaian Jawa.

Kemudian ada satu kotak yang diperlihatkan bersampul biru dengan desain gambar wayang. "Sovenir disimpan dalam kotak biru ini, bergambarkan gunungan wayang dan cetak keemasan," tulis pengunggah video.

Saat dibuka terdapat suvenir berupa gelas dengan desain serupa sampul kotaknya tercetak gambar wayang. Lalu ada kartu ucapan dari kedua mempelai yaitu Prabowo Subianto dan Titiek Soeharto beserta kedua keluarga.

"Koleksi langka dan monumental," tulis pengunggah video di akhir.

Usut punya usut, ternyata pembuat video bisa mengabadikan suvenir dan foto pernikahan keluarga terpandang tersebut saat sedang main ke rumah keluarganya. Ia menemukan barang tersebut di dekat tumpukan foto jadul keluarga dari kakek neneknya yang dulu sempat diundang hadir di pernikahan Prabowo dan Titiek Soeharto

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tanggapan Warganet

Suvenir pernikahan Prabowo dan Titiek Soeharto
Suvenir pernikahan Prabowo dan Titiek Soeharto pada 6 Mei 1983. (Dok: TikTok @hanan.wiyoko)

Konten yang disukai oleh lebih dari 6.468 pengguna TikTok itu pun menuai beragam reaksi. "Waw keren banget, masa dulu ini keren banget" tulis seornag warganet.

"Nikahnya sama dengan saya," sambung yang lain. "Di tahun itu bapak dan ibuku masih sekolah," tukas warganet.

"MasyaAllah masih tersimpan rapi," kata warganet takjub. "Mantap masih disimpan gelasnya, kalo aku udah buat ngopi," seru warganet.

"Tanggal pernikahan Prabowo sama dengan tanggal nikahku," sambung yang lain. "Hasil silaturahmi yang membawa berkah," tulis yang lain.

"Tahun itu aku belum lahir," tulis waraget. "Waah kalo saya udah difigurain pasang di ruang tamu pak," kata yang lain lagi.

"Kok aku sedih liat video ini," terang warganet. "Pak Prabowo dulu panggilannya mas bowo," timpal warganet.

"Zaman dulu udah mewah banget dapet gelas.. soalnya sovenir kawinan mak gue masih permen di hekter ke kartu terima kasih," bocoran dari warganet.


Pernikahan Mewah Prabowo dan Titiek

Titiek Soeharto merayakan ulang tahun ke 65 bersama Prabowo
Menteri Pertahanan sekaligus calon presiden terpilih, Prabowo Subianto, membagikan momen merayakan ulang tahun Titiek Soeharto secara romantis di media sosialnya. [@prabowo]

Pendakwah Haikal Hassan Baras alias Babe Haikal adalah salah seorang pendukung Prabowo Subianto yang berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024. Di sisi lain, ia dikenal dekat juga dengan Anies Baswedan, yang merupakan capres.

Meski demikian, kedekatan yang terjalin sejak lama jadi salah satu alasan Babe Haikal memilih lebih mendukung Prabowo. Saking dekat, ia ternyata memiliki suvenir pernikahan Prabowo dan Titiek Soeharto yang digelar mewah di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta pada 9 Mei 1983.

Uniknya, suvenir itu ternyata sempat diminta kembali oleh Prabowo. Hal itu disampaikan Babe Haikal di video unggahan akun TikTok @intellotus yang mengutip kanal Youtube Helmy Yahya Bicara.

"Saya memang dekat dengan Pak Prabowo, bahkan saya masih punya suvenir waktu acara akad nikahnya di Taman Mini," ucap Babe Haikal. "Suvenir Pernikahan dengan Mbak Titiek?” tanya Helmy Yahya yang langsung diiyakan pria berusia 55 tahun itu.

 


Cerita dari Babe Haikal Soal Suvenir Pernikahan Prabowo

Titiek Soeharto merayakan ulang tahun ke 65 bersama Prabowo
“Semoga selalu dilindungi Tuhan Yang Maha Kuasa, dilimpahkan berkah dalam pengabdiannya kepada nusa dan bangsa. Selamat ulang tahun @titieksoeharto," tulis Prabowo di akun Instagramnya. [@prabowo]

"Jadi saya masih punya (suvenir pernikahan), tapi kemarin ini saya kasih lihat ke Pak Prabowo, kaget dia, ‘Wah kamu masih nyimpen?’ Saya bilang iya," ungkapnya. "Dia ternyata minta souvenir itu dan katanya buat dipajang. Ya sudah saya kasih, dan diambil itu."

Helmy penasaran dan menanyakan, suvenir apa yang dibagikan di acara pernikahan Prabowo dan Titiek. "Ucapan terima kasih berupa piring, saya masih simpan," kata Babe Haikal.

Lebih detail dijelaskan suvenir itu berupa piring keramik dengan gambar di bagian tengah. Terdapat empat jenis gambar yang dicetak di piring putih tersebut, yakni foto mempelai dalam berbagai busana pengantin, serta gunungan wayang.

Selain gambar, piring tersebut dihiasi tulisan ucapan terima kasih, nama mempelai, tanggal pernikahan, dan lokasi acara. Suvenir ini kemudian dibungkus dalam kotak warna hijau.

Bebe Haikal sempat menyangka Menteri Pertahanan itu hanya sekadar basa-basi mau memajang suvenir pernikahannya. Saat datang ke rumah Prabowo baru-baru ini, ia mengaku melihat suvenir tersebut benar-benar dipajang di dalam rumah presiden terpilih di Pilpres 2024 itu.

Ia lalu menjelaskan pada Helmy, suvenir tersebut bisa sampai ke tangannya karena keluarganya memang berhubungan erat dengan Prabowo. Menurutnya, ayah dan mertuanya sama-sama sempat jadi panitia di acara pernikahan Prabowo dan Titiek.

Infografis Data Pernikahan Provinsi
10 Provinsi di Indonesia dengan Angka Pernikahan Terbanyak 2023. (Triyasni/Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya