Mengajak Gaungkan Pola Hidup Sehat Lewat Ipeka Arunika 5K Fun Run

IPEKA Balikpapan menggelar IPEKA ARUNIKA 5K FUN RUN, sebuah ajang lari 5 Km yang terbuka bagi masyarakat umum, Event ini penuh makna, karena selain mencetuskan semangat kebersamaan dan kebugaran,

oleh Tim Lifestyle diperbarui 06 Sep 2024, 13:20 WIB
Diterbitkan 29 Agu 2024, 06:16 WIB
Mengajak Gaungkan Pola Hidup Sehat Lewat Ipeka Arunika 5K Fun Run.
Mengajak Gaungkan Pola Hidup Sehat Lewat Ipeka Arunika 5K Fun Run. foto: istimewa

Liputan6.com, Jakarta - Sekolah Kristen IPEKA Balikpapan menggelar IPEKA ARUNIKA 5K FUN RUN, sebuah ajang lari 5 Km yang terbuka bagi masyarakat umum, pada Sabtu, 31 Agustus 2024. Event ini penuh makna, karena selain mencetuskan semangat kebersamaan dan kebugaran, juga merupakan bagian dari rangkaian acara Open House Tahun Pelajaran 25/26 IPEKA Balikpapan, dan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-45 IPEKA.

Nama ARUNIKA, yang berarti 'Adu Raga untuk Ika' atau ‘Bertanding untuk Bersatu’, menekankan pentingnya kebersamaan dan persatuan dalam setiap langkah para peserta. Dengan rute on-road di seputaran Grand City Balikpapan, acara ini diikuti oleh sekitar 1.000 peserta, baik dari kalangan internal IPEKA maupun masyarakat umum, dengan start dan finish di Sekolah Kristen IPEKA Balikpapan.

Kepala SMA Kristen IPEKA Balikpapan, Etti Hartiwi, menyampaikan bahwa IPEKA ARUNIKA adalah wujud nyata komitmen sekolah untuk berkontribusi positif bagi masyarakat Balikpapan dan sekitarnya.

“Acara ini bukan hanya ajang olahraga, tetapi juga sarana untuk mempererat hubungan antara sekolah dan masyarakat luas, serta ungkapan syukur atas segala kebaikan yang telah diberikan Tuhan selama 45 tahun perjalanan IPEKA. Melalui IPEKA ARUNIKA, kami ingin menanamkan pentingnya kesadaran akan pola hidup sehat, kebahagiaan, dan persatuan,” terang Etti.

IPEKA ARUNIKA secara khusus juga mengundang Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur serta seluruh murid SMP dan SMA di Balikpapan untuk berpartisipasi. Menariknya, ajang lari ini juga mengundang peserta yang memiliki kebutuhan khusus.

“Anak kebutuhan khusus memiliki kesempatan yang sama dalam hal pendidikan maupun prestasi. Kami ingin IPEKA ARUNIKA dapat juga menjadi ajang bagi anak berkebutuhan khusus untuk terus berkarya dan berprestasi khususnya di bidang olahraga”, harapnya. IPEKA ARUNIKA digagas serta dipersiapkan oleh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) IPEKA Balikpapan serta volunteer dari murid, guru, dan karyawan Sekolah Kristen IPEKA Balikpapan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kerja sama dengan Komunitas Lari

Mengajak Gaungkan Pola Hidup Sehat Lewat Ipeka Arunika 5K Fun Run
Mengajak Gaungkan Pola Hidup Sehat Lewat Ipeka Arunika 5K Fun Run.  foto: istimewa

Dalam pelaksanaannya, IPEKA ARUNIKA bekerja sama dengan komunitas lari IndoRunners Balikpapan, kemudian juga Grand City Balikpapan dan kepolisian setempat untuk turut memastikan kelancaran acara ini. Untuk melindungi para pelari, seluruh peserta IPEKA ARUNIKA mendapat proteksi berupa asuransi. Selain itu, unit ambulans dan tenaga medis dari Rumah Sakit setempat juga disiagakan untuk melayani kebutuhan medis para pelari selama kegiatan berlangsung.

Ketua Panitia IPEKA ARUNIKA, Gilbert Kinben Rushen Tjioe, dari kelas 12 IPA 1, mengungkapkan harapannya untuk ajang ini. “Melalui semangat Adu Raga untuk Ika atau Bertanding untuk Bersatu, kami mengajak semua masyarakat, khususnya para pelajar di Balikpapan untuk bersatu dalam olahraga sekaligus berkompetisi dan menggaungkan gaya hidup sehat” jelasnya.

Harga tiket peserta IPEKA ARUNIKA 5K Fun Run ini sebesar Rp80.000 per orang. Setiap peserta akan mendapatkan medali, water and refreshments, dan berkesempatan untuk mendapatkan jersey untuk 100 orang top finisher, serta hadiah menarik bagi tiga pemenang dari masing-masing kategori putra dan putri. Tak hanya itu, doorprize menarik juga disediakan untuk peserta IPEKA ARUNIKA.

Selain Fun Run, acara juga dimeriahkan dengan berbagai performance murid IPEKA Balikpapan dari TK hingga SMA. Para murid menampilkan pertunjukan dance, band, dan permainan musik ukulele. Sedangkan acara Open House yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan IPEKA ARUNIKA akan dilaksanakan pada 7 September 2024 sebagai ajang Penerimaan Murid Baru tahun pelajaran 2025/2026.

 

Infografis Ajang Lari Internasional untuk Milenial
Infografis Ajang Lari Internasional untuk Milenial. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya