Adu Gaya Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming di Lapangan Futsal

Gibran Rakabuming disebut sebagai "tamu istimewa" di permainan futsal yang diikuti Kaesang Pangarep dan jajaran DPP PSI.

oleh Asnida Riani diperbarui 07 Sep 2024, 11:30 WIB
Diterbitkan 07 Sep 2024, 11:30 WIB
Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming
Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming main futsal bersama jajaran DPP PSI di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, 6 September 2024. (dok. Instagram @psi_id/https://www.instagram.com/p/C_lAC9lT2XL/)

Liputan6.com, Jakarta - Adik kakak, Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming, kompak merumput di lapangan futsal di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat sore, 6 September 2024. Mereka difoto terlibat permainan dengan jajaran Dewan Pimpinan Pusat Partai Solidaritas Indoensia (DPP PSI).

Di Instagram-nya, Jumat, partai politik itu berbagi sederet potret momen di lapangan futsal tersebut. Pihaknya menulis keterangan, "Jumat sore, saatnya buang keringat lagi di lapangan mini soccer🤙🏻🔥 Mas Ketum Kaesang dan jajaran pengurus DPP gocek-gocek bola di Cikini, Jakarta Pusat. Badan sehat, hati gembira🤗🥅 Eh, ada bintang tamu special😍🥳."

Di sederet gambar, tampak Kaesang tampil serba hitam, dengan padanan setelan jersey, kaus kaki panjang hampir selutut, dan sepatu futsal. Sementara kakaknya, Gibran, memilih berkaus abu, bercelana pendek hitam yang serasi dengan kasus kakinya, dan menutup penampilan dengan sepatu oranye mencolok.

Di foto-foto yang dimaksud, keduanya tampak antusias terlibat dalam permainan futsal tersebut. Konten ini jadi "kabar lanjutan" setelah publik heboh mempertanyakan keberadaan Kaesang. Minggu ini, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu sudah lebh dulu muncul saat memimpin rapat di Kantor PSI, partai politik yang diketuainya, di bilangan Jakarta Pusat, Rabu, 4 September 2024.

Saat itu, ia memilih tidak banyak bicara. Di kesempatan tersebut, Kaesang Pangarep memilih busana yang visualnya sudah tidak lagi asing. Gaya daur ulangnya itu mengandalkan kemeja biru bermotif ikan di salah satu sisi di bagian depan. Atasan ini sebelumnya dipakai saat ia berjalan-jalan dengan Erina Gudono di Los Angeles, Amerika Serikat (AS), akhir bulan lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kemunculan Kaesang Pangarep

Kaesang Pangarep Bungkam Saat Dicecar Soal Jet Pribadi
Putra bungsu Presiden Jokowi sekaligus Ketum PSI, Kaesang Pangarep memilih bungkam saat dicecar wartawan soal polemik jet pribadi yang digunakan bepergian ke AS bersama istrinya Erina Gudono. Kaesang langsung masuk mobil usai memimpin rapat di Kantor PSI, Jakarta, Rabu (4/9/2024) malam. (Merdeka.com)

Pasangan yang menikah pada Desember 2022 ini berada di sana karena Erina terjadwal mengikuti orientasi S2 Master of Science di Fakultas Social Policy and Practice (SP2) di University of Pennsylvania (UPenn). Kemeja yang sama juga muncul di edisi podcast Kaesang yang diunggah ke YouTube pada 14 Juni 2024.

Secara visual, kemeja itu serupa dengan Ramona Shirt, yang ditulis sebagai atasan uniseks, rilisan SOLVO hasil kerja sama dengan ilustrator lokal Zuna Akhmad pada 2022. Kemeja yang sudah terjual habis itu dibanderol Rp283.400 sampai Rp314.900.

Kanal News Liputan6.com mengutip dari merdeka.com per Kamis (5/9/2024), melansir Kaesang Pangarep sudah pulang ke Indonesia sejak 28 Agustus 2024, dan kemarin, Rabu, 4 September 2024, ia menggelar rapat dengan jajaran PSI. "Halo semua, selamat malam," kata dia singkat sambil tersenyum pada awak media yang sudah menunggu.

Rapat tersebut berjalan sekitar lima jam, dengan Kaesang dilaporkan keluar dari kantor PSI pukul 20.38 WIB. Ia bergegas masuk mobil yang telah terparkir di depan Kantor PSI. Kaesang hanya mendoakan agar awak media dalam keadaan sehat. "Sehat-sehat semua," ucap bungsu dari tiga bersaudara ini dari dalam mobil yang kemudian langsung pergi.


Akun Kaskus Fufufafa

Gibran Rakabuming Raka Langsung Bagi-Bagi Susu
Sebelumnya, rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang mengumumkan penetapan Gibran Rakabuming Raka menjadi wakil presiden terpilih mendampingi Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih untuk periode 2024-2029. (BAY ISMOYO/AFP)

Sementara itu, Staf Khusus Presiden, Grace Natalie, menanggapi isu akun Kaskus Fufufafa, yang diduga sebagai akun lawas milik Gibran Rakabuming Raka, yang menghina keluarga Prabowo Subianto. Grace menilai akun tersebut belum tentu milik Gibran.

"Kan belum pasti ya, enggak tahu punya beliau atau enggak," kata Grace di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa, 3 September 2024, lapor kanal News Liputan6.com. Ia menekankan, akun tersebut harus ditelusuri terlebih dahulu, apakah benar milik putra sulung Presiden Jokowi atau bukan.

Kata "Fufufafa" trending di media sosial sejak awal pekan ini. Viralnya kata "Fufufafa" merujuk pada akun Kaskus yang diduga dulunya milik suami Selvi Ananda. Cuitan akun tersebut kerap menyerang Prabowo dan keluarganya. Diketahui, Prabowo merupakan rival sengit Jokowi saat Pilpres 2014 dan Pilpres 2019.

Salah satu unggahan akun Fufufafa yang disorot ialah sindiran diduga untuk Prabowo dan Didit Hediprasetyo, anak semata wayangnya hasil pernikahan dengan Titiek Soeharto. "Istri cerai, Anak homo, terus mau lebaran sama siapa?" bunyi salah satu cuitan @fufufafa yang diunggah kembali di akun X, dulunya Twitter, @ARSIPAJA.


Dugaan Gratifikasi Bobby Nasution

Bakal calon gubernur Sumatera Utara, Bobby Nasution, menyambangi Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Kamis sore (18/7/2024). (Merdeka.com/Alma Fikhasari)
Bakal calon gubernur Sumatera Utara, Bobby Nasution, menyambangi Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Kamis sore (18/7/2024). (Merdeka.com/Alma Fikhasari)

Di sisi lain, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) disebut telah menerima laporan dugaan gratifikasi yang dilakukan Wali Kota Medan, Bobby Nasution. Laporan itu menyusul viralnya foto Bobby dan istrinya, Kahiyang Ayu, turun dari jet pribadi.

"Kalau per kapannya saya tidak bisa buka. Tapi informasi yang kami dapatkan ada. Nah itu tidak (bisa disebutkan jumlahnya), tidak ada informasi," kata Jubir KPK, Tessa Mahardika Sugiarto, di Gedung KPK, Jumat, 6 September 2024, lapor kanal News Liputan6.com.

Setelah laporan itu diterima, kata Tessa, pihaknya telah melimpahkan kasus dugaan gratifikasi Bobby ke Direktorat Penerimaan Layanan Pengaduan Masyarakat (PLPM) KPK, bukan Direktorat Gratifikasi. Pelimpahan pada Direktorat PLPM kasus dugaan gratifikasi Bobby, sama halnya dengan dugaan pemakaian jet pribadi yang menyeret Kaesang Pangarep.

Ia sebelumnya dilaporkan atas dugaan gratifikasi oleh Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman dan Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubaidillah Badrun. Sama halnya dengan Kaesang, Tessa juga mempersilahkan Bobby mengklarifikasi dugaan pemakaian jet pribadi yang saat ini telah dilaporkan ke KPK.

Infografis Manuver Politik Kaesang Pangarep Jelang Pilkada 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Manuver Politik Kaesang Pangarep Jelang Pilkada 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya