Nashville Chew Chew, Bisnis Lokal yang Gunakan Domba untuk Bersihkan Tanaman Liar Jadi Atraksi Wisata Menarik Bagi Turis

Nashville Chew Crew, sebuah bisnis kecil lokal yang menggunakan domba untuk membersihkan lanskap tanaman liar menjadi daya tarik wisata bagi turis.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 07 Okt 2024, 10:19 WIB
Diterbitkan 07 Okt 2024, 10:03 WIB
[Fimela] Domba
Ilustrasi Domba | unsplash.com/@samdc

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan domba yang sedang merumput di sepanjang Sungai Cumberland, tepat di utara pusat kota Nashville, Tennessee, Amerika Serikat menjadi pemandangan tak biasa bagi para turis. Kapal wisata bahkan tertarik mendekat ke area Nashville Chew Crew, sebuah bisnis kecil lokal yang menggunakan domba untuk membersihkan lanskap tanaman liar.

Mengutip dari laman Japan Now, Senin (7/10/2024), Nashville Chew Crew hanya beberapa ratus meter dari bangunan perumahan dan komersial yang padat penduduk. Tampak orang-orang senang menyaksikan domba-domba merumput, karena sangat jarang melihatnya. 

"Semua orang yang datang ke sini dan melihat domba, mereka lebih menikmatinya daripada seseorang yang menggunakan mesin pemotong rumput," kata Richardson.

Menggunakan domba untuk membersihkan lanskap liar bukanlah metode yang baru. Tetapi lebih banyak masyarakat perkotaan yang memilihnya untuk menangani masalah pengelolaan lahan seperti spesies invasif, risiko kebakaran hutan, perlindungan vegetasi asli dan habitat hewan, serta pemeliharaan situs bersejarah.

Departemen taman Nashville mempekerjakan Chew Crew pada 2017 untuk membantu memelihara Fort Negley, benteng Union era Perang Saudara yang ditumbuhi rumput liar di sepanjang batunya yang dapat dengan mudah dipotong oleh mesin pemotong rumput. Domba kini merumput di sekitar 150 hektare properti kota setiap tahun, termasuk di Pemakaman Kota Nashville yang bersejarah.

"Ini adalah cara yang lebih berkelanjutan secara lingkungan untuk merawat ruang hijau dan seringkali lebih murah daripada melakukannya dengan peralatan genggam dan staf," kata Jim Hester, asisten direktur Metro Nashville Parks. 


Kawanan Domba Punya Anjing Penjaga

Domba
Ilustrasi domba, salah satu hewan yang bisa terinfeksi wabah PMK. Credits: pexels.com by Trinity Kubassek

Anjing gembala Anatolia adalah anjing penjaga ternak Chew Chew uang hidup di antara kawanan domba dan sering kali berbaur. Anatolia lahir dan tinggal bersama domba-domba ini untuk mengusir pengganggu yang usil, baik yang berkaki dua maupun berkaki empat.

Kawanan domba tersebut terdiri dari domba berbulu, jenis ras yang secara alami melepaskan serat bulunya dan dagingnya bisa dimakan sehingga bisa jadi incaran. Pengguna anjing penting lainnya adalah Duggie, anjing border collie. Hanya dengan beberapa peluit dan perintah dari Richardson, Duggie dapat mengendalikan seluruh kawanan saat mereka perlu dipindahkan, dipisahkan, atau dimuat ke trailer.

Di seluruh negeri, kotamadya lain juga bergantung pada penggerek berkuku ini. Santa Barbara, California, telah menggunakan domba penggembala selama sekitar tujuh tahun sebagai salah satu cara untuk mengelola penyangga lahan yang dapat memperlambat atau menghentikan penyebaran kebakaran hutan.

"Masyarakat menyukai penggembala dan ini merupakan cara yang bagus untuk melibatkan masyarakat," kata Monique O'Conner, perencana ruang terbuka untuk taman dan rekreasi kota. "Ini semacam cara baru yang lebih baik dalam pengelolaan lahan." 


Menggunakan Domba, Cara yang Lebih Ramah Lingkungan

Ilustrasi domba (pixabay)
Ilustrasi domba (pixabay)

 

Beberapa universitas telah mencoba kawanan kambing dan domba di area kampus. "Pada tahun 2010, Universitas Georgia memiliki masalah pertanaman pribadi yang melanda bagian kampus yang tidak digunakan oleh mahasiswa atau staf dan mendorong tanaman asli keluar," kata Kevin Kirsche, direktur keberlanjutan sekolah tersebut.

Alih-alih menggunakan bahan kimia atau mesin pemotong rumput, Kirsche mengatakan mereka menyewa Jennif Chandler untuk mengirim kawanan kambing untuk mengupas kulit pohon privet, menginjak akar, dan menggugurkan daunnya. "Membawa kambing ke lokasi tersebut merupakan cara alternatif untuk menyingkirkan tanaman invasif dengan cara yang tidak beracun bagi lingkungan dan ramah bagi manusia," kata Kirsche. 

Namun menurut O'Connem, sang perencana kota, domba bukanlah solusi jitu untuk semua kota dan lahannya. "Kami ingin mengedukasi masyarakat tentang alasan kami memilih merumput di tempat yang kami tuju," katanya.

Selain itu tidak semua lokasi perkotaan ideal. Chandler memiliki City Sheep and Goat di Colbert, Georgia, sekitar 12,4 mil (20 kilometer) di timur laut kampus UGA di Athens, tempat domba-dombanya merumput di sebagian besar properti perumahan dan proyek-proyek komunitas seperti Clyde Shepherd Nature Preserve di North Decatur, tepat di luar Atlanta.


Tak Semua Kota Cocok Menggunakan Domba

Demi Tolong Anak Kambing, Pria Ini Rela Pertaruhkan Nyawa
Ilustrasi domba (pixabay.com)

 

Pada tahun 2015, beberapa dombanya diserang dan dibunuh oleh anjing-anjing yang berhasil melewati pagar listrik saat berada di taman umum. Menurut Chandler, kejadian itu jarang terjadi.

"Domba-domba perlu dipindahkan secara teratur karena mereka bosan dengan tanaman yang sama dan perpindahan tersebut mengurangi kemungkinan serangan predator," kata Chandler.

Banyaknya domba dapat mempengaruhi lingkungan dengan menyebarkan benih. Kota Santa Barbara melakukan survei lingkungan sebelum mendatangkan penggembala karena hal itu juga dapat mempengaruhi habitat dan sarang burung.

"Melempar sekitar 500 domba ke suatu area memiliki dampak yang jauh lebih besar pada lahan dan tanah tersebut daripada yang akan terjadi pada herbivora asli kita," kata O'Conner.

Sisi hijau yang menggunakan mesin pemotong rumput tampak terawat seperti lapangan golf. Sementara sisi lain habitat domba Chew Crew, akan tumbuh ekosistem di pinggiran kota.

"Ada kelinci, kupu-kupu, babi tanah, kura-kura, burung yang bersarang" kata Richardson. "Daftarnya masih panjang. Jauh lebih beragam. Meskipun kami telah menebang sebagian vegetasi, masih ada habitat yang dapat mendukung satwa liar." 

 

Infografis Menerapkan Gaya Hidup Ramah Lingkungan
Infografis Menerapkan Gaya Hidup Ramah Lingkungan. (Liputan6.com/Triiyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya