Ahok: Nggak Sangka Hujan Bakal Sederas Ini

Ahok mengakui, Jakarta sebenarnya memiliki sistem peringatan dini bencana banjir.

oleh Ahmad Romadoni diperbarui 09 Feb 2015, 16:08 WIB
Diterbitkan 09 Feb 2015, 16:08 WIB
Banjir di Kawasan Cempaka Putih Mencapai Selutut Orang Dewasa
Hujan yang mengguyur kota jakarta dari malam hari menyebabkan genangan air di jalan Letjen Suprapto Cempaka Putih mencapai selutut orang dewasa , Jakarta, (9/2/2015). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta sebenarnya memiliki sistem peringatan dini (early warning system) bencana banjir. Lalu mengapa Ibukota masih tetap banjir?

"Sudah ada berfungsi, tapi kita nggak nyangka hujan segede ini bakal besar volumenya," ujar Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Balaikota, Jakarta, Senin (9/2/2015).

Ahok mengaku sudah berkoordinasi dengan seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk menanggulangi masalah banjir yang melanda Jakarta seharian ini. Dia juga sudah berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Ciliwiung Cisadane (BBWCC) untuk mengetahui kondisi sungai yang ada di Jakarta dan sekitarnya.

"Dengan Balai Besar Wilayah Ciliwung Cisadane saja," ucap Ahok.

Sementara Kepala Dinas Tata Air DKI Jakarta Agus Priyono mengatakan, sistem itu sampai saat ini masih berfungsi dengan baik. Hanya saja, hujan yang datang kali ini bukan berasal dari kiriman Bogor, Jawa Barat.

"Bogor kemarin nggak hujan, hujannya justru di Jakarta. Bukan (peringatan dini banjir) nggak berfungsi karena di Bogor nggak hujan nggak ada peringatan di sana," tandas Agus. (Ndy/Mut)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya