Ketua MPR: Andalkan SDA Sama Saja Jual Tanah Air

Pemerintah RI tidak bisa terus mengandalkan SDA yang ada.

oleh Liputan6 diperbarui 24 Agu 2015, 23:56 WIB
Diterbitkan 24 Agu 2015, 23:56 WIB
20150824-Ketua MPR Zulkifli Hasan
Ketua MPR Zulkifli Hasan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Sidoarjo - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan, pemerintah h‎arus beralih konsentrasi dari pertanian ke industri manufaktur,‎ seperti yang dikerjakan PT Maspion di Sidoarjo, Jawa Timur. Karya anak bangsa seperti di PT Maspion ini harus didukung penuh untuk meningkatkan daya saing bangsa dengan negara luar.

"Kebijakan tidak lagi mengandalkan sumber daya alam (SDA), tapi ke manufaktur dan lainnya. Sudah saatnya kita lihat keunggulan manufaktur dan tidak mengirim tenaga kerja sebagai pembantu," kata Zulkifli di PT Maspion 1, Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (24/8/2015).

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengatakan, pemerintah RI tidak bisa terus mengandalkan SDA yang ada. Sebab sama saja RI dijajah atau digerogoti sendiri dari dalam.

"Jangan terus mengambil sumber alam seperti batu bara atau yang lain. Kalau kita terus andalkan batu bara, nikel, itu sama saja jual Tanah Air namanya. Dari situ kita cuman dapat berapa persennya gitu. Jangan," tegas Zulkifli.

Menurut Zulkifli, pemerintah harus berkomitmen dan konsen meningkatan sumber daya manusia (SDM). Dengan begitu RI dapat bersaing di kancah internasional.

"Tapi bangun SDM nya, sehingga memiliki dan nilai tambah lebih dan daya saing. Jadinya bergerak ke sektor jasa dan lain-lain. Kita sudah harus mulai menciptakan, jangan terus mengambil," pungkas Zulkifli. (Han/Rmn)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya