Dukung Nawacita, Golkar Siap Kawal Percepatan Reforma Agraria

Menurut Setya Novanto, Reforma agraria merupakan salah satu terobosan untuk mengentaskan kemiskinan dan mengurangi ketimpangan.

oleh Taufiqurrohman diperbarui 05 Sep 2016, 04:18 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2016, 04:18 WIB
20160614- Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto-Jakarta- Gempur M Surya
Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Setya Novanto menyatakan, partainya akan mengawal percepatan reforma agraria yang telah dicanangkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Novanto mengatakan, Golkar menilai reforma agraria merupakan salah satu terobosan untuk mengentaskan kemiskinan dan mengurangi ketimpangan.

"Dengan reforma agraria, para petani akan memiliki tanah pemberian negara yang berasal dari tanah terlantar, bekas Hak Guna Usaha (HGU) yang tidak diperpanjang maupun pelepasan kawasan hutan," ucap politikus yang akrab disapa Setnov ini dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Minggu 4 September 2016 malam.

Setnov menjelaskan, bagi petani tanah merupakan aset dan modal yang sangat penting bagi petani atau buruh tani untuk bercocok tanam dan berkebun.

"Apalagi kalau bisa dikembangkan secara produktif. Dari situ, pendapatan petani akan meningkat, sehingga hidupnya lebih sejahtera. Tanah yang bersertifikat juga dapat diagunkan untuk mengembangkan usaha tani dan kebunnya," dia memaparkan.

Selain itu, ia menuturkan, akan menginstruksikan kepala-kepala daerah kader Golkar untuk membantu realisasi percepatan reforma agraria tersebut.

"Karena pelaksanaan reforma agraria itu justru ada di daerah-daerah. Bahkan kalau perlu Golkar akan bentuk Satgas Reforma Agraria" Ketum Golkar Setya Novanto menandaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya