Cuci Muka Pakai Air Laut, Jokowi Anggap Miangas Beranda Indonesia

Dengan mengenakan kemeja putih dibalut jaket, celana bahan, dan sepatu pantofel, Jokowi mendekati pantai dan langsung membasuh wajahnya.

oleh Yoseph Ikanubun diperbarui 20 Okt 2016, 10:06 WIB
Diterbitkan 20 Okt 2016, 10:06 WIB
16-10-19_Presiden Jokowi Kunker k Pulau Terluar Miangas Check Pos Perbatasan-1-s3
Presiden Jokowi Jalan-jalan usai meresmikan Bandara Miangas, Kabupaten Talaud, Provinsi Sulawesi Utara (19/10) - Fotografer Agus Suparto

Liputan6.com, Miangas - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Bandar Udara Miangas, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara, Rabu 19 Oktober 2016. Tak hanya meresmikan bandar udara, Presiden Jokowi juga merasakan air laut di Pulau Miangas, dengan membasuh wajahnya.

Momen itu terjadi saat Jokowi beserta rombongan tengah mengitari pulau yang hanya berukuran 3,15 kilometer persegi itu. Jokowi yang masih mengenakan kemeja putih dibalut jaket, celana bahan, dan sepatu pantofel itu mendekati pantai dan langsung berjongkok. Dia kemudian mengambil air laut dengan kedua tangan dan membasuh wajahnya beberapa kali.

Presiden Jokowi Jalan-jalan usai meresmikan Bandara Miangas, Kabupaten Talaud, Provinsi Sulawesi Utara (19/10) - Fotografer Agus Suparto

Pada kesempatan itu Presiden Jokowi mengatakan, Miangas bukan lagi pulau kecil, tapi sebagai pintu gerbang dalam dan luar negeri. "Karena pulau ini berbatasan langsung dengan negara tetangga Filipina," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan, Bandara Miangas bukan hanya sekadar bandara penunjang. Namun akan menjadi bandara terdepan NKRI di bagian utara sekaligus pintu gerbang distribusi pangan dan sandang.

"Ini untuk membuka akses perekonomian dan pariwisata di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud, khususnya Pulau Miangas," ungkap Jokowi.

Ia menjelaskan konsep Nawacita membangun dari pinggiran itu dimaksudkan agar pulau-pulau terdepan menjadi beranda Indonesia. Bukan halaman belakang.

Presiden Jokowi Jalan-jalan usai meresmikan Bandara Miangas, Kabupaten Talaud, Provinsi Sulawesi Utara (19/10) - Fotografer Agus Suparto

Karena itu, sambung Jokowi, pulau-pulau terdepan seperti Miangas betul-betul diperhatikan pemerintah dan terus akan dibangun. "Kita membangun di seluruh wilayah Indonesia, tidak hanya di wilayah Jawa dan Sumatera saja, tapi kita bangun Indonesia dari depan, pinggiran, dari perbatasan, dan pulau terluar," jelas Jokowi.

Bandara Miangas terletak di Pulau Miangas, yang merupakan salah satu pulau di gugusan Nanusa, Kecamatan Nanusa, Kabupaten Talaud, Provinsi Sulawesi Utara. Miangas merupakan pulau terluar di utara Indonesia yang berbatasan langsung dengan Filipina.

Jarak Miangas ke Filipina jauh lebih dekat, yaitu 48 mil laut, dibanding ke Melonguane, Ibu Kota Kepulauan Talaud, yang berjarak 129 mil laut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya