Puncak Peringatan Hari Ibu Ke-88 Digelar di Serang, Banten

Puncak Peringatan Hari Ibu Ke-88 Digelar di Serang dihadiri Presiden Jokowi beserta jajaran Kabiner Kerja dan beberapa kepala daerah.

oleh Liputan6 diperbarui 22 Des 2016, 09:30 WIB
Diterbitkan 22 Des 2016, 09:30 WIB
Puncak Peringatan Hari Ibu Ke-88 Digelar di Serang, Banten
Puncak Peringatan Hari Ibu Ke-88 Digelar di Serang dihadiri Presiden Jokowi beserta jajaran Kabiner Kerja dan beberapa kepala daerah.

Liputan6.com, Jakarta Rangkaian Puncak Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-88 Tahun 2016 yang diselenggarakan setiap 22 Desember tiap tahunnya, kali ini diadakan di Serang, Banten.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI bekerjasama dengan OASE KK, Kongres Wanita Indonesia (Kowani), TP PKK Pusat, Dharma Pertiwi, Dharma Wanita Persatuan Pusat, Bhayangkari, dan mitra kerja lainnya bersatu padu menyukseskan Peringatan Hari Ibu. PHI dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo beserta seluruh jajarannya. 

Peringatan Hari Ibu bertujuan untuk mengingatkan kepada seluruh rakyat Indonesia, termasuk masyarakat Indonesia yang ada di luar negeri dan generasi muda akan arti dan makna Hari Ibu sebagai sebuah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

“Peringatan Hari Ibu (PHI) setiap tahunnya diselenggarakan untuk mengingatkan kita semua untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia, sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam perjuangan merebut kemerdekaan. Hal ini juga diharapkan dapat mendorong peningkatan peran serta kemitraan antara perempuan dan laki-laki dalam melanjutkan cita-cita para pendiri bangsa untuk mengisi kemerdekaan. Oleh karena itu, peran perempuan sangat penting dalam mengisi kemerdekaan,” ujar Menteri PP dan PA, Yohana Yembise di Jakarta, Kamis (22/12).

Tema Peringatan Hari Ibu ke-88 Tahun 2016 adalah Kesetaraan Perempuan dan Laki-Laki Untuk Mewujudkan Indonesia Bebas dari Kekerasan, Perdagangan Orang, dan Kesenjangan Ekonomi. Pada puncak peringatan Hari Ibu diisi dengan acara Deklarasi Banten ‘He for She’, penyerahan penghargaan pada perempuan perintis, penyerahan simbolis isbat nikah dan akte kelahiran anak serta pemberian paket sembako kepada masyarakat. Diadakan pula talkshow tentang Peran Ayah dan UMKM.

Seperti halnya tahun-tahun sebelumnya, Peringatan Hari Ibu ke-88 Tahun 2016 juga diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan, seperti pameran Katumbiri yang diadakan sejak 30 November 4 Desember 2016 di JHCC, Jakarta, bakti sosial di Lapas Tangerang, Banten pada 6 Desember 2016 dan Garut, seminar pada 15 Desember 2016, funwalk pada 18 Desember 2016, ziarah pada 20 Desember 2016 di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, dan Puncak PHI ke-88 diselenggarakan di Serang, Banten pada 22 Desember 2016.

 

Powered By:

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya