4 Kader Muda Lolos ke DPR, Golkar: Bukti Kaderisasi Berjalan Baik

Sepuluh anggota DPR termuda ini berasal dari 4 partai, dengan jumlah terbanyak dari Partai Golkar (Roro Esty, Puteri Komarudin, dan Adrian Paruntu).

oleh Liputan6.com diperbarui 02 Sep 2019, 09:27 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2019, 09:27 WIB
Rizal Mallarangeng
Direktur Eksekutif Freedom Institute, Rizal Mallarangeng (kanan) saat hadir pada diskusi publik Judicial Review Masa Jabatan Cawapres, Konstitusi dan Reformasi di Jakarta. (Liputan6.com / Fery Pradolo)

Liputan6.com, Jakarta Partai Golkar menjadi partai teratas dalam soal promosi kader muda di kursi DPR RI. Dari data  Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 31 Agustus 2019, dari 575 anggota DPR periode 2019-2024, 10 orang di antaranya adalah kader termuda, dengan rentang usia 23-26 tahun.

Sepuluh anggota DPR termuda ini berasal dari 4 partai, dengan jumlah terbanyak dari Partai Golkar (Roro Esty, Puteri Komarudin, dan Adrian Paruntu).

Partai lain di bawah Golkar adalah Nasdem, PAN, dan Demokrat (masing-masing 2 kader) dan Gerindra (1 kader).

Ketua Koordinator Bidang Penggalangan Khusus (Korbid Galsus) Rizal Mallarangeng menyatakan, hasil itu adalah kado manis di ujung Pileg 2019.

"Golkar membuktikan diri sebagai partai dengan sistem kaderisasi terbaik. Kami menyiapkan masa depan dengan serius," jelasnya.

Rizal juga menekankan bahwa Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto sejak awal mendorong kader muda Partai Golkar untuk berani tampil, serta memanfaatkan teknologi digital (medsos) secara kreatif.

“Hasil yang kita petik sekarang adalah buah dari semua itu. Plus, kualitas kader muda Golkar memang jempolan. Dari Aceh hingga Papua, kader muda kita memang sedang bangkit. Semangat mereka luar bisa,” kata Rizal.

Dengan semua itu, menurut Rizal , yang juga Plt Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta, masa depan kekuatan beringin dipersiapkan dengan baik dan terencana.

Dari hasil resmi Pileg 2019, KPU juga telah menetaplan perolehan 9 parpol yg berhasil merebut kursi DPR. Tiga terbesar parpol Indonesia dari segi perolehan kursi adalah PDIP (128), Golkar (85), dan Gerindra (78).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya