Ancaman Kekeringan, Anies Minta Semua Pihak Hemat Air

Anies mengingatkan agar warga menggunakan saluran-saluran air dan mengolah air dengan bijak agar bisa dipakai kembali.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 22 Agu 2019, 20:38 WIB
Diterbitkan 22 Agu 2019, 20:38 WIB
Anies Baswedan
Gubernur DKI Anies Baswedan melepas petugas haji DKI Jakarta. (Liputan6.com/Nabila)

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau warga untuk menghemat penggunaan air. Hal tersebut menurut Anies diperlukan untuk mengantisipasi ancaman kemarau panjang yang dihadapi di sebagian besar wilayah Indonesia.

Anies Baswedan menyebut, persoalan kekeringan merupakan tantangan perubahan iklim yang dialami oleh berbagai daerah, termasuk juga Jakarta.

"Saya rasa siapapun sudah harus menghemat penggunaan air. Apapun kegiatan kita, sebisa mungkin hemat air," katanya di gedung DPRD DKI, Kamis (22/8/2019).

Anies mengingatkan agar warga menggunakan saluran-saluran air dan mengolah air dengan bijak agar bisa dipakai kembali. “Gunakan saluran-saluran untuk mengolah air dengan baik sehingga air itu bisa dipakai kembali,” ucapnya.

Saat ini, lanjut Anies Baswedan, DKI telah menyelesaikan draf Instruksi Gubernur terkait Pengelolaan Air saat Kemarau. Rancangan Ingub tersebut sudah diselesaikan pada 6 Agustus 2019 dan akan segera diumumkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Antisipasi Kemarau Panjang

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di acara Diaspora Indonesia, Sabtu (10/8/2019).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di acara Diaspora Indonesia, Sabtu (10/8/2019).(Liputan6.com/ Ady Anugrahadi)

"Nanti kalau sudah Ingub selesai, kami akan umumkan terkait dengan langkah-langkah yang akan dilakukan Pemprov DKI untuk mengantisipasi kemarau panjang di wilayah Jakarta," ucap Anies.

Sebelumnya, Badan Metereologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Kelas II Tangerang Selatan telah mengeluarkan peringatan dini kekeringan meteorologis di wilayah Banten dan DKI Jakarta. BMKG mengingatkan bahwa diperlukan kewaspadaan terkait adanya ancaman kekeringan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya