5 Hal di Balik Pilwagub DKI, Disiarkan di YouTube hingga Tetap Jaga Jarak

Pemungutan suara Pemilihan Wagub DKI Jakarta tetap dilangsungkan di tengah pandemi Corona Covid-19 di Indonesia, namun menerapkan physical distancing atau jaga jarak.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 06 Apr 2020, 19:35 WIB
Diterbitkan 06 Apr 2020, 19:35 WIB
20151120-Gedung DPRD DKI Jakarta
(Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Pemilihan Wakil Gubernur atau Wagub DKI Jakarta sudah berlangsung hari ini, Senin (6/4/2020) di Gedung DPRD DKI Jakarta.

Ahmad Riza Patria dari Partai Gerindra pun terpilih untuk duduk menjadi Wagub DKI Jakarta mendampingi Gubernur Anies Baswedan.

Pemungutan suara tersebut tetap dilangsungkan di tengah pandemi Corona Covid-19 di Indonesia.

Meski begitu, penerapan social distancing atau saat ini disebut physical distancing (jaga jarak), tetap dilakukan.

 

Berikut 5 hal di balik pemungutan suara Pemilihan Wagub DKI Jakarta di tengah pandemi Corona Covid-19 di Indonesia dihimpun Liputan6.com:

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Disiarkan di YouTube

DPRD Sahkan Tatib Pemilihan Wagub DKI Jakarta
Suasana Rapat Paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (19/2/2020). DPRD DKI Jakarta mengesahkan Tata Tertib (Tatib) DPRD DKI Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pemilihan Wagub DKI Jakarta itu dilakukan secara terbuka dan disiarkan melalui YouTube channel milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Pukul 10.00 WIB, acara dibuka oleh Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Wagub DKI, Farazandi Fidiansyah, sekaligus membacakan tata tertib pemilihan.

"Surat suara sebanyak 111. 106 untuk jumlah anggota DPRD, 5 surat suara disediakan sebagai cadangan jika ada surat suara yang rusak," ucap Farazandi, Senin (6/4/2020).

 


Tetap Lakukan Physical Distancing

Rapat Paripurna Penetapan Pimpinan DPRD DKI
Suasana rapat paripurna DPRD di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (3/10/2019). Rapat paripurna penetapan pimpinan DPRD DKI Jakarta telah selesai, nama-nama ketua dan wakil ketua dari lima fraksi, yakni PDIP, Gerindra, PKS, Demokrat dan PAN telah ditetapkan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Farazandi menjelaskan, para anggota dewan hadir dalam Pemilihan Wagub DKI Jakarta secara bergantian atau sistem kloter untuk memilih calon di bilik suara yang telah disediakan.

Untuk melakukan social distancing, kata dia, ruangan rapat paripurna hanya menyediakan 54 bangku untuk para anggota dewan yang akan memilih. Mereka yang belum memilih akan menunggu di ruang transit.

Saat memberikan suaranya, Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Wagub DKI Jakarta Farazandi Fidinansyah akan memanggil nama anggota dewan.

"Baik, terima kasih pada anggota dan pimpinan saya izin melakukan pemanggilan gelombang ke dua. Ida Mahmudah," kata Farazandi di gedung DPRD DKI Jakarta.

Saat dipanggil, anggota dewan akan menerima kertas suara dan langsung memilih satu dari enam bilik yang ada. Terdapat 100 anggota dewan yang memberikan hal suaranya.

 


Kursi di Gedung DPRD DKI Diatur Berjauhan

DPRD Sahkan Tatib Pemilihan Wagub DKI Jakarta
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi (tengah) bersama pimpinan lainnya memimpin Rapat Paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (19/2/2020). DPRD DKI Jakarta mengesahkan tata tertib pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebagaimana protokol pencegahan penyebaran virus Corona, meja dan kursi untuk anggota DPRD DKI Jakarta ditata untuk satu orang.

Terdapat 6 baris meja, yang mana setiap meja hanya untuk satu orang saja.

Susunan kursi pun dibuat secara zig-zag di setiap barisan. Sehingga membuat jarak cukup luas dalam menyikapi anjuran jaga jaral fisik.

 


Dihadiri Gubernur Anies

Pemprov DKI Jakarta Segera Ambil Alih Pengelolaan Air dari Swasta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberi keterangan terkait pengambilalihan pengelolaan air, Gedung Balai Kota Jakarta, Senin (11/2). Pemprov DKI akan mengambil alih pengelolaan air dari PT Aetra Air Jakarta dan PT PALYJA. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pemilihan Wagub DKI Jakarta dapat disaksikan oleh masyarakat secara langsung atau live streaming di akun YouTube Pemprov DKI Jakarta.

Pemilihan ini juga dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Dia mengenakan masker hitam pada rapat paripurna tersebut.

Kedua calon Wagub DKI yakni Nurmansjah Lubis dan Ahmad Riza Patria turut hadir.

Saat rapat paripurna dimulai, Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Wagub DKI Farazandi Fidinansyah menyatakan pemilihan wagub tersebut dilakukan secara terbuka.

"Pemilihan wagub ini dilakukan secara terbuka untuk umum," kata Farazandi di gedung DPRD DKI Jakarta.

 


Dimenangkan Riza Patria

Politikus Partai Gerindra Riza Patria
Politikus Partai Gerindra Riza Patria (Liputan6.com/ Delvira Chaerani Hutabarat)

Penantian panjang warga Jakarta untuk mempunyai wagub baru pengganti Sandiaga Uno, akhirnya terjawab. DPRD DKI Jakarta memutuskan nama Ahmad Riza Patria menjadi Wagub terpilih mendampingi Anies Baswedan hingga 2022 mendatang.

Riza Patria dipastikan terpilih usai memenangi voting para anggota DPRD DKI. Calon yang diusung Partai Gerindra ini mengantongi 81 suara.

Sedangkan saingannya, Nurmansyah Lubis yang diusung PKS mendapatkan 17 suara. Sisanya 2 suara dianggap tidak sah. Total suara yang perebutkan adalah 100 suara.

DPRD menyediakan 106 surat suara dan 5 surat suara cadangan untuk pemilihan wagub DKI. Pemilihan dilakukan secara terbuka dan dapat disiarkan melalui YouTube channel milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya