Khawatir Longsor Susulan, Risma Minta Disiapkan 7 Lumbung Sosial di Deli Serdang

Risma meminta disiapkan tujuh lokasi buffer stock atau lumbung sosial di kawasan terdampak banjir dan longsor di kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

oleh Yopi Makdori diperbarui 19 Nov 2021, 18:00 WIB
Diterbitkan 19 Nov 2021, 18:00 WIB
risma
Menteri Sosial Tri Rismaharini saat berada di lokasi bencana gempa Sulawesi Barat. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma meminta disiapkan tujuh lokasi buffer stock atau lumbung sosial di kawasan terdampak banjir dan longsor di kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Adapun ini disampaikannya saat meninjau Dusun Rumah Kinangkung dekat titik longsor.

"Melihat kondisi seperti ini, dikhawatirkan bisa terjadi longsor susulan. Kalau itu terjadi akses masyarakat bisa terputus. Ada 7 dusun yang rawan terputus aksesnya bila terjadi longsor susulan. Jadi solusinya kita akan siapkan 7 lokasi buffer stock (lumbung sosial). Gunanya sebagai cadangan makanan mereka kalau seandainya terjadi sesuatu," kata Risma dalam keterangannya, Jumat (19/11/2021).

Kepada Wakil Bupati Deli Serdang Ali Yusuf Siregar yang mendampingi, Risma juga menyarankan agar melakukan restorasi jalan. Karena kondisi jalan sangat riskan.

"Saya lihat hunian warga juga rawan terhadap longsor. Oleh karena itu, kita akan bantu warga untuk direlokasi lahan maupun rumahnya," jelas Risma.

Mantan Wali Kota Surabaya ini juga menyerahkan bantuan logistik serta santunan ahli waris dan korban luka.

Bantuan dengan jenis sama disampaikan Risma pada kunjungan ke titik kedua, yakni kawasan relokasi korban erupsi Gunung Sinabung di Kawasan Relokasi Siosar Desa Siosar. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Salurkan Santunan

Di Deli Serdang, Kemensos menyalurkan santunan kepada ahli waris untuk korban atas nama Rasmiken Boru Ginting sebesar Rp. 15 juta. Santunan korban luka atas nama Sama Ginting sebesar Rp 5 juta total nilai santunan sebesar Rp 159.967.718.

Santunan di Kabupaten Karo diberikan kepada empat ahli waris korban meninggal dunia atas nama Agus Sumartono, Reza Damara, Rayhan dan Riyan Piranda. Masing-masing menerima bantuan sebesar Rp15.000.000. Kemudian santunan korban luka kepada 1 korban luka sebesar Rp5.000.000. Total nilai bantuan untuk Kab Karo sebesar Rp353.113.849.

Selain santunan untuk penyintas bencana banjir bandang dan longsor di kedua daerah, Kemensos juga menyalurkan bantuan berupa sembako, makanan anak, kids ware, selimut, tenda gulung, kasur, matras dan tenda serbaguna. Dengan demikian total bantuan untuk kedua daerah sebesar Rp 513.081.567.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya