Top 3 News: Rotasi di Polri, Ketua KPK Firli Bahuri Dimutasi

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang kembali merotasi sejumlah jabatan di tubuh Polri, salah satunya adalah Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri.

oleh RinaldoDevira PrastiwiNanda Perdana Putra diperbarui 19 Des 2021, 07:55 WIB
Diterbitkan 19 Des 2021, 07:55 WIB
KPK Beberkan Pengembangan Kasus Proyek Jalan di Bengkalis
Ketua KPK Firli Bahuri (kiri) menyampaikan keterangan terkait pengembangan kasus proyek jalan Bengkalis di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (17/1/2020). Ada enam proyek jalan dengan nilai proyek sebesar Rp 2,5 triliun dan total kerugian negara sebesar Rp 475 miliar. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang kembali merotasi sejumlah jabatan di tubuh Polri.

Rotasi jabatan tersebut, termasuk pula kepada anggotanya yang memasuki masa pensiun. Salah satunya adalah Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri.

Mutasi Firli tertuang dalam surat telegram Nomor ST/2568/XII/Kep./2021 tertanggal 17 Desember 2021. Dan kabar ini telah dibenarkan Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo.

Lalu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan sejumlah instruksi kepada Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

Instruksi kepada putra sulungnya itu disampaikan saat Jokowi pulang ke Solo, Jawa Tengah sejak Jumat malam 17 Desember 2021.

Selain itu, Gibran juga mengaku menerima arahan terkait pemulihan ekonomi dan proyek pembangunan fisik di kotanya.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait kabar viral salah satu sopir Gocar diduga memperkosa seorang perawat dari perusahaan Ammarai Healthcare Asistance.

Kasus dugaan pemeroksaan tersebut terbongkar usai admin Twitter @ammarai_hc membagikan persoalan ini ke media sosial.

Tak tinggal diam, aparat Satreskrim Polres Metro Jaksel pun turun tangan. Menurut Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Ridwan Soplanit, pihaknya akan menangani kasus ini meski belum ada laporan polisi (LP) dari pihak yang dirugikan.

Untuk lebih jelasnya, berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Sabtu 18 Desember 2021:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Rotasi di Tubuh Polri, Ketua KPK Firli Bahuri Dimutasi

FOTO: Ketua KPK Umumkan 75 Pegawai Tidak Lolos Tes Wawasan Kebangsaan
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Firli Bahuri saat mengumumkan hasil penilaian dalam rangka pengalihan status kepegawaian di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (5/5/2021). Dari 1.351 pegawai KPK yang mengikuti tes wawasan kebangsaan, 75 orang tidak lulus. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kembali merotasi sejumlah jabatan di tubuh Polri. Termasuk terhadap pejabat tinggi yang memasuki masa pensiun, salah satunya Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo membenarkan adanya dokumen rotasi tersebut. Mutasi Firli tertuang dalam surat telegram Nomor ST/2568/XII/Kep./2021 tertanggal 17 Desember 2021.

"Ya benar proses mutasi secara alamiah yang pensiun dan tour of duty and area serta penyegaran," tutur Dedi saat dikonfirmasi, Sabtu 18 Desember 2021.

Komjen Firli Bahuri yang merupakan Pejabat Tinggi Bareskrim Polri dengan penugasan sebagai Ketua KPK dimutasi menjadi Pati Bareskrim Polri dalam rangka pensiun.

 

Selengkapnya...


2. Jokowi Pulang ke Solo, Wali Kota Gibran Mengaku Terima Sejumlah Instruksi

PHOTO: Begini Serunya Ketika Presiden Jokowi Bermain Basket Bersama Cucu
Cucu Presiden Jokowi, Jan Ethes Srinarendra ditemani Selvi Ananda dan Gibran Rakabuming bermain basket di Sun Plaza Medan, Sumatera Utara, Jumat (24/11). Ditengah kesibukannya Jokowi menyempatkan diri bermain dengan cucu. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengaku menerima sejumlah instruksi dari Presiden Joko Widodo saat mantan Gubernur DKI Jakarta itu pulang ke Solo sejak Jumat 17 Desember 2021.

"Ya ada beberapa instruksi, salah satunya penanganan COVID-19 di Kota Solo," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, Sabtu 18 Desember 2021.

Selain itu, ia juga menerima arahan terkait pemulihan ekonomi dan proyek pembangunan fisik di kota itu. Terkait dengan kepulangan Presiden Jokowi ke Solo, ia mengaku hanya bertemu sebentar.

 

Selengkapnya...


3. Lima Fakta Terkait Kabar Dugaan Pemerkosaan Perawat oleh Driver Gocar yang Viral

Keluarga Serahkan Pelaku Pemerkosaan Siswi SMP Deli Serdang ke Polisi
Ilustrasi pencabulan. Foto: Ist/Kriminologi.id

Belum lama ini viral di sosial media, salah satu sopir Gocar diduga memperkosa seorang perawat dari perusahaan Ammarai Healthcare Asistance.

Kasus dugaan pemeroksaan ini terbongkar usai admin Twitter @ammarai_hc membagikan persoalan ini ke media sosial. Dia mengabarkan salah satu perawatnya mengalami pemerkosaan oleh pengemudi Gocar.

"Perawat kami mengalami pemerkosaan oleh mitra gocar. Kami sudah lapor dgn No pelaporan: 92760963 tapi belum direspon selayaknya, mohon diposes segera untuk dicari pelaku agar segera ditangkap dan tidak menimbulkan korban lainnya," tulis akun @ammarai_hc seperti dikutip, Sabtu 18 Desember 2021.

Tak tinggal diam, aparat Satreskrim Polres Metro Jaksel pun turun tangan. Menurut Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Ridwan Soplanit, pihaknya akan menangani kasus ini meski belum ada laporan polisi (LP) dari pihak yang dirugikan.

 

Selengkapnya...


Klaim KPK di Hari Antikorupsi Sedunia

Infografis Klaim KPK di Hari Antikorupsi Sedunia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Klaim KPK di Hari Antikorupsi Sedunia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya