Dua Polisi Diperiksa Propam Terkait Tahanan Kabur yang Tewas di Kali Bekasi

Sebelum ditemukan tewas, Maman menjalani pemeriksaan dan berupaya kabur saat jam makan siang.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 03 Jan 2022, 19:25 WIB
Diterbitkan 03 Jan 2022, 19:25 WIB
tahanan kabur
Polres Metro Bekasi Kota menunjukkan barang bukti seragam tahanan dan borgol yang dikenakan tersangka kasus pencabulan yang sempat kabur dan ditemukan tewas di Kali Bekasi. (Liputan6.com/Bam Sinulingga)

Liputan6.com, Jakarta Bidang Propam Polda Metro Jaya memeriksa sejumlah anggota Polres Metro Bekasi Kota buntut kaburnya tahanan kasus pencabulan, bernama Salman alias Maman.  

Sebelumnya, Salman ditemukan tewas tenggelam dengan masih mengenakan pakaian seragam tahanan Polres Metro Bekasi Kota pada Minggu, 2 Januari 2022 kemarin.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan menerangkan, penyidik Bidang Propam bersama Irwasda Polda Metro Jaya memeriksa anggota yang berdinas menjaga tersangka pencabulan berinisial S. 

"Ada anggota (yang diperiksa). Yang jelas semua yang terlibat jaga pada saat itu dilakukan pemeriksaan semuanya diperiksa," kata dia di Polda Metro Jaya, Senin (3/1/2021).

Zulpan sebelumnya menerangkan, seorang tahanan ditemukan tewas diduga tenggelam di aliran kali belakang Polres Metro Bekasi Kota. 

Pria itu bersama dengan dua tahanan lainnya baru-baru ini ditangkap oleh Polres Bekasi Kota. Saat itu, kedua tersangka lain sudah berada di dalam sel. Sementara itu, Salman alias Maman masih dimintai keterangan oleh penyidik.

"Jadi dua temannya sudah dimasukin sel sedangkan satu lagi diperiksa," ujar dia.


Jebol Plafon saat Jam Makan

Ilustrasi tahanan kabur.
Ilustrasi tahanan kabur.

Zulpan menerangkan, korban rupanya memanfaatkan jam istirahat untuk melarikan diri dengan cara menjebol plafon. Kan lagi dikasih makan, kalau makan itu kan borgol dilepas setelah itu dia lari ke luar Polres," terang dia.

Belakangan, pria itu ditemukan meninggal dunia di aliran kali. Zulpan mengatakan, diduga tahanan tewas akibat tercebur.

"Dicari dari kemarin dan ketahuan ada di belakang Polres Bekasi Kota. Itu kan ada kali, jadi dia kecebur di situ. Makanya meninggal masih pake baju tahanan," kata dia.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya