4 Fakta Terkait Kemacetan di Jalur Puncak pada Minggu 27 Februari 2022

Pada Minggu 27 Februari 2022, jalur Puncak, Jawa Barat mengalami kenaikan volume arus lalu lintas. Kemacetan parah terjadi di beberapa titik.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 28 Feb 2022, 18:04 WIB
Diterbitkan 28 Feb 2022, 18:04 WIB
FOTO: Libur Panjang, Lalu Lintas Menuju Puncak Macet
Kendaraan antre menunggu dibukanya jalur menuju kawasan Puncak dan sekitarnya di pintu keluar Tol Gadog, Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020). Libur panjang dimanfaatkan warga Ibu Kota untuk mengisi liburan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Jakarta - Pada Minggu 27 Februari 2022, jalur Puncak, Jawa Barat mengalami kenaikan volume arus lalu lintas. Kemacetan parah terjadi di beberapa titik.

Hal tersebut dibenarkan Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata. Menurut Dicky, pihaknya sebenarnya telah mengambil beberapa kebijakan demi mengurangi kepadatan kendaraan di kawasan Puncak, Bogor pada hari tersebut.

"Itu tidak cuma satu, tapi ada beberapa," kata Dicky saat dihubungi, Senin (28/2/2022).

Dijelaskan Dicky, salah satunya kebijakan one way atau sistem satu arah (SSA). Kendati begitu, masih ada penumpukan di beberapa titik hingga menyebabkan kemacetan.

"Penyebabnya, ada beberapa faktor. Salah satunya di antaranya banyak kendaraan mogok di jalan," terang dia.

Berikut 4 fakta terkait jalur Puncak, Jawa Barat yang mengalami kenaikan volume arus lalu lintas pada Minggu 27 Februari 2022 dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Kemacetan Ada di Beberapa Titik

Ganjil Genap, Kawasan Menuju Puncak Macet
Sejumlah kendaraan dengan tujuan jalur wisata puncak terjebak kemacetan di kawasan Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (3/9/2021). Kepadatan kendaraan tersebut terjadi imbas dari pemberlakuan uji coba sistem ganjil genap memasuki kawasan Puncak Bogor. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Volume arus lalu lintas di kawasan Puncak, Bogor mengalami kenaikan pada Minggu 27 Februari 2022. Kemacetan parah terjadi di beberapa titik.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata menerangkan, pihaknya sebenarnya telah mengambil beberapa kebijakan demi mengurangi kepadatan kendaraan di kawasan Puncak Bogor pada hari tersebut.

Dia menyebut, salah satunya kebijakan one way atau sistem satu arah (SSA).

Kendati begitu, masih ada penumpukan di beberapa titik hingga menyebabkan kemacetan. Penyebabnya, ada beberapa faktor. Salah satunya di antaranya banyak kendaraan mogok di jalan.

"Itu tidak cuma satu, tapi ada beberapa," kata Dicky saat dihubungi, Senin (28/2/2022).

 


2. Sudah Arahkan Pengendara Motor Tapi Tak Digubris

Aturan Ganjil Genap di Kawasan Puncak Diperluas
Petugas gabungan melakukan pengalihan arus lalu lintas di pos pemerikasan Ganjil Genap kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (18/12/2021). Di masa libur Natal dan tahun baru 2022, Pemkab dan Polres Bogor berencana melakukan sistem ganjil genap di kawasan Puncak. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Belum lagi, menurut Dicky, sikap pengendara motor yang dinilai tidak patuh. Petugas kepolisian telah mengarahkan pengendara melewati jalur-jalur alternatif, namun tidak digubris.

"Pengguna sepeda motor membludak, naik maupun turun mereka rata-rata tidak sabar. Kami sudah alihkan beberapa titik untuk mereka melewati alternatif tapi mereka keluar lagi. Pada saat diarahkan kepolisian mereka keluar lagi melembung lagi akhirnya tidak bisa lewat," papar Dicky.

 


3. Kemacetan Efek Long Weekend

Aturan Ganjil Genap di Kawasan Puncak Diperluas
Petugas gabungan berjaga saat melakukan pengalihan arus lalu lintas di pos pemerikasan Ganjil Genap kawasan Gadog, Jawa Barat, Sabtu (18/12/2021). Di masa libur Natal dan tahun baru 2022, Pemkab dan Polres Bogor berencana melakukan sistem ganjil genap di kawasan Puncak (Liputan6.com/Herman Zakahria)

Dicky mengakui, jumlah kendaraan yang melintas di kawasan Puncak pada libur akhir pekan kemarin mengalami lonjakan dibandingkan beberapa pekan sebelumnya. Kondisi ini pun berdampak pada situasi di beberapa titik.

"Terlihat sekali kalau bicara peningkatan apalagi di beberapa minggu ke belakang memang bisa dikatakan cukup landai cukup normal saja untuk arus Puncak. Namun di minggu kemarin ini mungkin karena efek long weekend jadi kendaraan luar biasa," terang dia.

 


4. Sudah Berhasil Diurai

Jalur Puncak Macet
Sejumah kendaraan terjebak kemacetan menuju kawasan Puncak di Tanjakan Selarong, Bogor, Jawa Barat, Kamis (6/6/2019). Memasuki lebaran hari kedua, beberapa titik di kawasan Puncak mengalami kemacetan akibat tingginya tingkat kunjungan wisatawan domestik. (merdeka.com/Arie Basuki)

Dicky menerangkan, hasil pemantauan anggota pada pagi ini kemacetan sudah terurai. Situasi arus lalu lintas perlahan-lahan mulai normal kembali.

"Sudah terurai," jelas Dicky menjawab soal kondisi lalu lintas pada pagi ini.


25 Titik Pemeriksaan Sertifikat Vaksin Covid-19 di Puncak Selama Nataru

Infografis 25 Titik Pemeriksaan Sertifikat Vaksin Covid-19 di Puncak Selama Nataru
Infografis 25 Titik Pemeriksaan Sertifikat Vaksin Covid-19 di Puncak Selama Nataru (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya