Kata Jokowi soal Rencana Upacara 17 Agustus 2024 Digelar di IKN Nusantara

Jokowi mengaku rencana upacara 17 Agustus 2024 digelar di IKN Nusantara ini merupakan usulan sejumlah menteri di kabinet.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 15 Mar 2022, 10:10 WIB
Diterbitkan 15 Mar 2022, 10:09 WIB
8 Potret Jokowi dan Para Menteri Kemah di Titik 0 Km IKN, Gunakan Tenda Sederhana
Presiden Jokowi dan Menteri kemah di IKN (Sumber: Instagram/jokowi)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menanggapi soal rencana peringatan 17 Agustus 2024 digelar di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kalimantan Timur. Dia mengatakan rencana ini merupakan usulan sejumlah menteri di kabinet.

"Ya ini kan baru dimulai, namanya rencana ya ada beberapa menteri yang sampaikan untuk nanti di 2024, 17 Agustus dilakukan di sini (IKN)," kata Jokowi sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (15/3/2022).

Kendati begitu, dia belum memastikan apakah peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2024 akan digelar di IKN atau tidak. Jokowi mengatakan hal ini tergantung pembangunan Istana Kepresidenan, gedung kementerian, dan fasilitas lainnya.

"Kita lihat nanti seperti apa. Kalau memang Istana dan beberapa kementerian sudah jadi atau fasilitas lain lain bisa saja. Tapi nantilah kita putuskan setelah keliatan progresnya," jelasnya.

Menurut dia, pemindahan IKN dari Jakarta ke Kalimantan Timur merupakan pekerjaan besar, rumit, dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Jokowi memperkirakan pemindahan IKN selesai dalam waktu 15-20 tahun.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dapat Segera Dimulai

Dia meyakini pembangunan infrastruktur di IKN Nusantara dapat segera dimulai. Terlebih, Jokowi telah menunjuk Bambang Susantono menjadi Kepala Otorita IKN danDhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN.

"Nanti yang siapkan kelembagaan sudah ada, perencanaan lebih detail DED dan lain-lain disiapkan, sehingga makin kelihatan nanti. Yang paling penting memang infrastruktur dasar yang segera dimulai," tutur Jokowi.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya