Jokowi Lantik Politikus PSI Raja Juli Antoni Jadi Wakil Menteri ATR

Politikus PSI Raja Juli Antoni menggantikan Surya Tjandra yang terkena reshuffle kabinet.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 15 Jun 2022, 14:31 WIB
Diterbitkan 15 Jun 2022, 13:48 WIB
Keluarkan SP3, Bareskrim Hentikan Kasus Iklan PSI
Sekjen PSI, Raja Juli Antoni. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunjuk Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang. Dia menggantikan Surya Tjandra yang terkena reshuffle kabinet.

Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24/M Tahun 2022 tentang pemberhentian dan pengangkatan menteri negara Kabinet Indonesia Maju periode tahun 2019-2024.

Sebagai informasi, Surya Tjahdra sempat menghadap Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa 15 Juni 2022. Di hari yang sama, Jokowi juga memanggil Raja Juli Antoni ke Istana.

Seperti diketahui, Jokowi melakukan reshuffle atau perombakan kabinet pada Rabu (15/6/2022). Total ada 2 menteri dan 3 wakil menteri baru yang akan dilantik Jokowi pada pukul 14.00 WIB di Istana Negara Jakarta.

Dua menteri yang akan dilantik yakni, Ketua Umun PAN Zulkifli Hasan. Dia mengisi posisi Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Luthfi yang direshuffle Jokowi.

Kemudian, mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto ditunjuk Jokowi menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional. Dia menggantikan Sofyan Djalil.

Sementara itu, dua wakil menteri baru lainnya yakni, Sekjen PBB Afriansyah Noor menjadi Wakil Menteri Ketenagakerjaan. Lalu, John Wempi Watipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dihadiri Sejumlah Tokoh

Sejumlah tokoh pun telah tiba di Istana Kepresidenan Jakarta, jelang pelantikan menteri dan wakil menteri baru.

Adapun pelantikan akan dilakukan pada pukul 14.00 WIB di Istana Negara Jakarta. Tokoh yang terpantau sudah tiba di Istana salah satunya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto pada pukul 11.43 WIB.

Selain itu, Menteri Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) serta Ketua Umum PPP, Suharso Monoarfa juga sudah tiba. Ada pula Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Kemudian, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan yang sudah tiba di Istana pada pukul 11.53 WIB. Zulhas sendiri dikabarkan akan menjadi Menteri Perdagangan, menggantikan M.Luthfi.

Berdasarkan informasi, beberapa tokoh yang akan tiba di Istana Negara antara lain, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Partai NasDem Surya Paloh, dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Sejumlah tokoh yang tiba di Istana akan dijamu oleh Presiden Jokowi. Mereka akan melakukan makan siang bersama terlebih dahulu, sebelum menghadiri acara pelantikan menteri dan wakil menteri baru.

Infografis Jejak Jokowi Reshuffle Kabinet Saat Rabu Pon & Pahing
Infografis Jejak Jokowi Reshuffle Kabinet Saat Rabu Pon & Pahing (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya