Warga Muhammadiyah Padati Stadion Manahan Demi Ikuti Pembukaan Muktamar

Kawasan Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, dipadati ratusan muktamirin dan penggembira yang akan mengikuti prosesi pembukaan Muktamar Muhammadiyah pada Sabtu (19/11/2022).

oleh Fajar Abrori diperbarui 19 Nov 2022, 08:15 WIB
Diterbitkan 19 Nov 2022, 08:15 WIB
Suasana kawasan Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, jelang pembukaan Muktamar Muhammadiyah
Suasana kawasan Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, jelang pembukaan Muktamar Muhammadiyah pada Sabtu (19/11/2022). (Liputan6.com/Fajar Abrori)

Liputan6.com, Jakarta Kawasan Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, dipadati ratusan muktamirin dan penggembira yang akan mengikuti prosesi pembukaan Muktamar Muhammadiyah pada Sabtu (19/11/2022).

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bakal membuka secara resmi Muktamar ke-48 Muhammadiyah yang digelar di Solo itu.

Para muktamirin atau peserta muktamar dan penggembira telah berdatangan ke komplek Stadion Manahan Solo sejak pukul 05.00 WIB tadi.

Solo dan sekitarnya turun hujan gerimis, namun hal itu tidak menyurutkan warga persyarikatan Muhammadiyah untuk hadir di stadion yang menjadi venue pembukaan muktamar.

Para peserta dan penggembira Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah yang hadir tidak hanya dari Solo dan sekitarnya, tetapi juga dari dari berbagai daerah di Indonesia hingga luar negeri. Kedatangan mereka untuk bisa mengikuti prosesi pembukaan muktamar yang sempat tertunda selama dua tahun lantaran pandemi Covid-19.

Tak hanya tribun stadion yang dipadati para muktamirin dan penggembira, kawasan luar Stadion Manahan Solo juga dipenuhi penggembira.

Sebanyak delapan videotron disiapkan agar para penggembira yang tidak bisa masuk stadion bisa mengikuti prosesi pembukaan muktamar.

Pembukaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah bakal dibuka Presiden Jokowi pada Sabtu pagi ini. Sedangkan penutupan muktamar bakal dilakukan oleh Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin pada Minggu 20 November 2022 besok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengamanan

Polres Sukoharjo dan Kodim Sukoharjo melakukan persiapan pengamanan Muktamar Muhammadiyah 48 di Kota Surakarta, salah satunya sudah menerjunkan 500 personel gabungan dari elemen TNI-Polri.

Persiapan itu digelar dalam apel kesiapsiagaan di GOR Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), dipimpin langsung Kapolres Sukoharjo dan Dandim 0726 Sukoharjo.

500 personel gabungan dari TNI Polri dari wilayah Kabupaten Sukoharjo siap membantu pengamanan di titik wilayah Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48.

Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan pelaksaan Muktamar Muhammadiyah tersebut akan digelar selama tiga hari di beberapa titik, salah satunya di wilayah Sukoharjo.

"Muktamar Muhammadiyah akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 18 hingga 20 November 2022. 500 Personil gabungan TNI-Polri diturunkan untuk membantu pengamanan," kata Kapolres Wahyu kepada Liputan6.com di UMS, Jumat (18/11/2022).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya