KPK Geledah Kerja Wakil Ketua DPRD Jatim Usai OTT

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Wakil Ketua DPRD Jawa Timur Sahat Tua Simanjuntak dalam operasi tangkap tangan (OTT) pada Rabu 14 Desember 2022 malam.

oleh Dian Kurniawan diperbarui 15 Des 2022, 14:59 WIB
Diterbitkan 15 Des 2022, 14:59 WIB
Wakil Ketua DPRD Jatim tersangkat OTT tiba di KPK
Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur Sahat Tua Simanjuntak yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) tiba di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (15/12/2022). Sahat diduga terlibat tindak pidana suap pengurusan alokasi dana hibah yang bersumber dari APBD Jatim. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Wakil Ketua DPRD Jawa Timur Sahat Tua Simanjuntak dalam operasi tangkap tangan (OTT) pada Rabu 14 Desember 2022 malam. Sahat diduga terlibat dalam kasus suap dana hibah.

Usai melakukan OTT, KPK kembali mendatangi gedung DPRD Jatim yang berlokasi di Jalan Indrapura Surabaya.

Tiga personel KPK melakukan penggeledahan di sejumlah ruangan, yakni di ruang kerja Wakil Ketua DPRD Jawa Timur, ruang server CCTV dan Kepala Sub Bagian Rapat dan Risalah pada Sekretariat DPRD Jatim.

Beberapa petugas Pengamanan Dalam (Pamdal) juga berjaga didepan pintu ruangan. "Benar dari KPK," ucap Salah satu Pamdal DPRD Jatim, Dian Irwan, Kamis (15/12/2022).

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron membenarkan pihaknya tengah melakukan kegiatan penindakan di Surabaya pada Rabu malam.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri juga membenarkan bahwa yang diamankan ialah salah satu Wakil Ketua DPRD Jatim.

“Benar tadi malam tim KPK berhasil melakukan tindakan tangkap tangan terhadap beberapa pihak di wilayah Surabaya Jatim,” ujar Ali.

Pada hari ini, KPK masih memeriksa intensif Wakil Ketua DPRD Jawa Timur Sahat Tua Simanjuntak dan tiga orang lainnya yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT). Mereka baru saja tiba di Gedung KPK siang tadi.

"Saat ini, 4 orang yang ditangkap di Surabaya telah tiba di Gedung Merah Putih KPK dan segera diakukan pemeriksaan oleh tim," ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Kamis (15/12/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Segera Gelar Ekspose

Ali mengatakan, tim penyidik bakal segera menggelar ekspose untuk menentukan ada atau tidaknya dugaan tindak pidana yang dilakukan Sahat dan tiga orang lainnya.

"Pemeriksaan untuk menentukan apakah ada dugaan peristiwa pidana dan menemukan pihak yang dapat dipertanggungjawabkan secara hukum sehingga ditingkatkan pada proses penyidikan. Perkembangan akan segera kami sampaikan," kata Ali.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Jawa Timur Sahat Tua Simanjuntak tiba di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Politikus senior Partai Golkar itu digelandang ke markas antirasuah usai terjaring operasi tangkap tangan (OTT).

Sahat yang tiba sekitar pukul 12.42 WIB terlihat mengenakan kemeja putih lengan pendek dengan celana hitam. Dia terlihat mengenakan masker hitam dengan kepala dibalut topi berwarna kuning.

Sahat terlihat membawa dua tas berwarna cokelat dan biru. Sambil digiring oleh pengawal tahanan, Sahat dibawa menuju lantai dua ruang pemeriksaan lembaga antirasuah.

Sahat tak bersedia memberikan keterangan apa pun kepada awak media.

Infografis Deretan Kepala Daerah Terkena OTT KPK. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Deretan Kepala Daerah Terkena OTT KPK. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya