Gelar Pertemuan Bilateral, Presiden Jokowi Sambut Hangat PM Timor Leste

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan kenegaraan dari Perdana Menteri Republik Demokratik Timor Leste, Taur Matan Ruak di Istana Kepresidenan Bogor pada Senin 13 Februari 2023.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 13 Feb 2023, 10:35 WIB
Diterbitkan 13 Feb 2023, 10:35 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan kenegaraan dari Perdana Menteri Republik Demokratik Timor Leste, Taur Matan Ruak di Istana Kepresidenan Bogor pada Senin 13 Februari 2023.
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan kenegaraan dari Perdana Menteri Republik Demokratik Timor Leste, Taur Matan Ruak di Istana Kepresidenan Bogor pada Senin 13 Februari 2023. (Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden).

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan kenegaraan dari Perdana Menteri Republik Demokratik Timor Leste, Taur Matan Ruak di Istana Kepresidenan Bogor pada Senin 13 Februari 2023.

Pantauan via daring, PM Timor Leste Taur Matan Ruak tiba sekira pukul 10.00 WIB dengan dikawal pasukan berkuda dan sejumlah pasukan pengamanan presiden.

Sesampainya di pintu Istana Kepresidenan Bogor, PM Taur Matan Ruak disambut oleh tarian kembang mayang yang merupakan tarian khas asal DKI Jakarta.

PM Taur Matan Ruak yang turun dari kendaraan langsung disambut Presiden Jokowi dengan bersalaman. Keduanya, saling mengenakan jas dan dasi sebagai tanda acara kenegaraan yang resmi dan formal.

Upacara penyambutan pun dihelat dengan mengibarkan masing-masing kedua negara. Pemimpin upacara pun langsung memberi komando hormat senjata yang disusul dengan pemutaran lagu kebangsaan dari Timor Leste dan Indonesia.

Pada sela-sela lagu kebangsaan dilantunkan, terdengar sejumlah bunyi dentuman meriam yang menjadi bagian tanda penyambutan dalam upacara hari ini.

Usai lagu kebangsaan selesai dimainkan, kedua pemimpin negara ini langsung melakukan inspeksi barisan terhadap jajaran peserta upacara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gelar Pertemuan Bilateral

Setelah dinyatakan baik, Jokowi dan PM Taur akan menjalani sejumlah kegiatan seperti pertemuan Bilateral, menanam pohon bersama hingga jamuan makan siang.

Diketahui, Taur Matan Ruak adalah Perdana Menteri Timor Leste yang baru menjabat pada 22 Juni 2022.

Sebelum menjabat sebagai perdana menteri, dia juga pernah menjabat sebagai presiden Timor Leste kedua pada 2012-2017.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya