Di Hadapan Kader Partai Ummat, Anies Baswedan Sampaikan Kriteria Cawapresnya

Bakal calon presiden di Pilpres 2024, Anies Baswedan, mengungkapkan kriteria calon wakil presidennya yang akan dipilih nanti.

oleh Liputan6.com diperbarui 15 Feb 2023, 08:04 WIB
Diterbitkan 15 Feb 2023, 05:14 WIB
Anies Baswedan Usai Bertemu Tim Kecil di Pendopo
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai berkumpul bersama tim kecil dari NasDem, Demokrat, dan PKS di Pendopo, Cilandak, Jakarta Selatan. (Alma Fikhasari/Merdeka.com)

Liputan6.com, Jakarta Bakal calon presiden di Pilpres 2024, Anies Baswedan, mengungkapkan kriteria calon wakil presidennya yang akan dipilih nanti.

Adapun ini disampaikannya saat menghadiri acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Ummat, di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta, Selasa (14/2/2023).

"Bicara kriteria, kami melihatnya begini. Tiga yang pertama, teknokratik. Dua yang terakhir terkait arah kerja," kata Anies.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menjabarkan yang dimaksud dengan kriteria teknokratik, yakni memiliki kontribusi siginifikan pada pemenang.

Kriteria kedua, bisa memperkuat barisan koalisi untuk perubahan. Tiga, bisa membantu menjalankan pemerintahan dengan efektif.

"Kemudian keempat, adalah memiliki garis perubahan yang sama bahwa ini adalah pasangan yang menawarkan perubahan. Yang kelima, tentu saja chemistry kerja bersama yang solid," ungkap Anies.

Kendati demikian, dia mengaku, bahwa dirinya belum menemukan sosok cawapres yang tepat.

Anies menyebut, proses pencarian terus dilakukan dan terus mendengar aspirasi dari berbagai pihak, termasuk dari Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi.

"Jadi lima ini, dan kita belum tahu, saya juga belum tahu bagaimana nantinya, tapi doakan prosesnya bisa berjalan dengan baik, tentu akan mendengarkan (masukan) dari semua. Harapannya juga mendengar dari Pak Ketum," kata dia.

Sebelumnya, Populi Center merilis hasil survei terbarunya terkait dinamika politik dan elektabilitas calon presiden (Capres) jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hasilnya, dalam simulasi empat tokoh capres terdapat hasil berbeda untuk masing-masing sosok yang menempati urutan teratas.

"Pada simulasi empat tokoh pertama, Ganjar Pranowo mendapat suara tertinggi dengan total 32,2 persen, disusul oleh Prabowo Subianto 28,4 persen, kemudian Anies Baswedan 17,6 persen dan Ridwan Kamil 15,6 persen. Sementara itu, 9,4 persen responden mengaku belum bisa memutuskan pilihan dan 0,8 persen responden menolak untuk menjawab," ujar Peneliti dari Populo Center Nurul Fatin saat memaparkan hasil survei secara daring, Senin (13/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Simulasi Lainnya

Nurul melanjutkan, hasil berbeda diperoleh saat tim Populi Center tidak mengikutsertakan nama Ganjar pada simulasi empat tokoh kedua dan menggantikannya dengan nama Puan Maharani. Kali ini, Prabowo menjadi yang tertinggi dengan perolehan suara responden sebesar 30,8 persen disusul Ridwan Kamil 28,1 persen, barulah Anies Baswedan dengan 21,9 persen.

"Puan Maharani yang dimasukkan dengan menggantikan Ganjar Pranowo mendapat 5,1 persen suara responden. Jumlah responden yang belum memastikan menjadi bertambah jika dibanding simulasi pertama, yakni 12,7 persen termasuk yang menolak untuk menjawab menjadi 1,4 persen," urai Nurul.

Hasil senada juga terjadi saat Populi Center mencoba mensimulasi tiga nama tokoh saja. Kali ini, saat Ganjar kembali masuk dan disandingkan dengan Prabowo dan Anies, lagi-lagi Gubernur Jawa Tengah itu meraih suara responden tertinggi dengan total 36,3 persen ketimbang dua pesaingnya  yakni Prabowo 28,8 persen dan Anies 24,5 persen.

 

Reporter: Alma Fikhasari/Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya