Suasana Perayaan Paskah di Gereja Katedral Jakarta, Berlangsung Khidmat

Umat Kristiani tengah merayakan Hari Paskah. Dalam rangka peringatan hari besar keagamaan tersebut, Gereja Katedral Jakarta membagi jadwal ibadah Misa Paskah menjadi beberapa waktu.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 09 Apr 2023, 10:35 WIB
Diterbitkan 09 Apr 2023, 10:35 WIB
Umat Kristiani Merayakan Hari Paskah di Gereja Katedral
Umat Kristiani tengah merayakan Hari Paskah. Dalam rangka peringatan hari besar keagamaan tersebut, Gereja Katedral Jakarta membagi jadwal ibadah Misa Paskah menjadi beberapa waktu. (Foto: Nanda Perdana Putra/Liputan6.com).

Liputan6.com, Jakarta Umat Kristiani tengah merayakan Hari Paskah. Dalam rangka peringatan hari besar keagamaan tersebut, Gereja Katedral Jakarta membagi jadwal ibadah Misa Paskah menjadi beberapa waktu.

Pantauan Liputan6.com, Minggu (9/4/2023), hingga pukul 09.30 WIB, ibadah Misa Paskah di Gereja Katedral Jakarta berlangsung khidmat. Puji-pujian pun dipanjatkan jemaat yang hadir.

Adapun ibadah Misa Paskah dibagi menjadi pukul 06.00 WIB secara offline, pukul 8.30 WIB secara hybrid yakni offline dan online, Misa Pontifikal pukul 11.00 WIB secara offline, dan Misa Keluarga pukul 16.30 WIB secara hybrid alias offline dan online.

Tampak para jemaat menyesuaikan waktu kehadiran dengan tiba lebih awal. Mereka disediakan tempat menunggu bagi yang hendak beribadah pada jam yang ditentukan.

Petugas kepolisian didampingi anjing pelacak atau K9 pun bersiaga di sekitaran lokasi. Mereka terlihat secara berkala menyusuri pintu masuk dan keluar Gereja Katedral Jakarta.

Sebelumnya, Humas Katedral dan Keuskupan Agung Jakarta Susyana Suwadie menyampaikan, pihaknya menyediakan ruang ibadah untuk 3 ribu jemaat. Meski begitu, protokol kesehatan Covid-19 tetap diterapkan yakni salah satunya wajib menggunakan masker.

"Kapasitas kawasan gereja untuk ibadah pekan suci sebanyak 3.000 kursi dan disiapkan kursi cadangan sebanyak 500 kursi," tutur Susyana kepada wartawan, Jumat (7/4/2023).

Terkait dengan tema yang diambil, sambungnya, arah dasar Keuskupan Agung Jakarta yaitu terkait ajaran sosial gereja dan kesejahteraan bersama.

"Jadi bagaimana juga tadi renungan melalui Jalan Salib Kreatif, orang muda Katolik Katedral, bisa juga diambil maknanya supaya juga umat bisa menuju kepada kebaikan bersama, dengan mengalami hal-hal yang mungkin dirasa sangat memberikan efek di kehidupannya," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dishub Jakarta dan Polisi Atur Lalu Lintas di 57 Gereja Selama Jumat Agung dan Paskah

Sebelumnya, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengatur arus lalu lintas (lalin) di sejumlah gereja selama Jumat Agung dan Paskah 2023. Dishub DKI Jakarta bekerja sama dengan jajaran kepolisian untuk mengatur lalin di sekitar gereja yang menyelenggarakan Jumat Agung dan Paskah.

"Selama libur Jumat Agung Paskah, kami bersama jajaran kepolisian melakukan pengaturan lalu lintas di gereja-gereja yang menyelenggarakan perayaan Jumat Agung," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada Liputan6.com, Jumat (7/4/2023).

Syafrin menyampaikan, pengaturan lalu lintas dilakukan total pada 57 gereja yang menyelenggarakan Jumat Agung dan Paskah di Ibu Kota. Setidaknya ratusan petugas Dishub DKI Jakarta diturunkan ke 57 gereja terkait.

"Total sebanyak 57 gereja, petugas yang kami tugaskan sebanyak 264 petugas," ungkap Syafrin.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya