Marak Kasus Kriminal Pekerja Migran, Ketua MPR Minta Polri Tingkatkan Keamanan dan Kewaspadaan

Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bansoet) menyoroti maraknya kasus kriminal terjadi di tahun 2023, seperti pembunuhan berantai melibatkan komplotan penipu yang menyasar ke perempuan pekerja migran hingga pembunuhan dengan modus penggandaan uang.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 11 Apr 2023, 08:35 WIB
Diterbitkan 11 Apr 2023, 08:35 WIB
Bambang Soesatyo
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo atau Bamsoet bakal mencalonkan diri sebagai caketum IMI Pusat periode 2021-2025 (istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua MPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet menyoroti maraknya kasus kriminal terjadi di tahun 2023, seperti pembunuhan berantai melibatkan komplotan penipu yang menyasar ke para perempuan pekerja migran, pembunuhan dengan modus penggandaan uang, serta berbagai kasus lainnya.

“Meminta aparat kepolisian meningkatkan kewaspadaan dengan melaksanakan patroli khususnya di daerah rawan kejahatan,” tutur Bamsoet kepada wartawan, Senin (10/4/2023).

“Dan memastikan seluruh pelaku sudah dilakukan penangkapan dan penahanan serta sudah dilakukan pemerosesan sesuai peraturan perundangan yang berlaku, dan meningkatkan upaya preventif, utamanya di bulan Ramadan ini untuk menekan kasus kriminal,” sambungnya.

Bamsoet pun berharap pemerintah dan Polri bersama-sama meningkatkan keamanan di lingkungan masyarakat, dan melakukan upaya untuk menekan terjadinya kasus kriminalitas di Indonesia.

“Meminta Kepolisian memetakan dan mengklasifikasikan modus-modus operandi kejahatan dan kriminalitas yang marak terjadi, serta munculnya potensi modus baru yang dilakukan oleh pelaku kriminalitas,” jelas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Polri Diminta Rutin Sosialisasi

Ilustrasi polri (sumber: polri.go.id)
Ilustrasi polri (sumber: polri.go.id)

Tidak ketinggalan, sambung Bamsoet, Polri harus rutin memberikan sosialisasi kepada masyarakat, agar kasus kriminal dapat dicegah dan diantisipasi secara dini.

“Meminta kepolisian berkoordinasi dengan RT/RW untuk menjaga keamanan lingkungan sekitar, dan meminta pemerintah untuk memperbanyak program kegiatan-kegiatan positif bagi masyarakat, sehingga mengurangi celah untuk terjadinya perstiwa kriminal,” Bamsoet menandaskan.

Infografis Geger Pembunuhan Berantai Tersangka Wowon Cs. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Geger Pembunuhan Berantai Tersangka Wowon Cs. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya