Delegasi Indonesia Paparkan Rehabilitasi Narkoba LP Kelas IIA Pematangsiantar di Malaysia

Acara ini merupakan agenda rutin pertemuan profesional adiksi dari seluruh dunia. Dan tahun ini Malaysia menjadi penyelenggara kegiatan.

oleh Liputan6.com diperbarui 11 Mei 2023, 20:33 WIB
Diterbitkan 11 Mei 2023, 20:17 WIB
Narkoba
Asia Metropolitan University melalui Emeritus Addiction Studies menggelar kegiatan International Recovery Summit 2023 pada 8 - 11 Mei 2023. Acara tersebut bertempat di Swiss Garden Hotel Melaka Malaysia. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta Asia Metropolitan University melalui Emeritus Addiction Studies menggelar kegiatan International Recovery Summit 2023 pada 8 - 11 Mei 2023. Acara tersebut bertempat di Swiss Garden Hotel Melaka Malaysia.

Acara ini merupakan agenda rutin pertemuan profesional adiksi dari seluruh dunia. Dan tahun ini Malaysia menjadi penyelenggara kegiatan.

Kegiatan ini diikuti 70 peserta dari 9 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, United Kingdom (Inggris), Philipina, Buthan, India, Nepal, Singapura, dan Thailand.

Dalam kegiatan itu, delegasi dari Indonesia Muhammad Taufik Ismail ditunjuk sebagai pembicara dalam hari terakhir tentang tema praktik terbaik menjalankan rehabilitasi. Di kesempatan itu, Taufik mewakili fokus rehabilitasi dan LP Kelas IIa Pematangsiantar yang memaparkan bagaimana menjalankan rehabilitasi di dalam penjara.

Taufik memaparkan kurang lebih 24 slide dalam paparannya. Dia mulai menjelaskan bagaimana mengimplementasikan program rehabilitasi narkoba di dalam lapas mulai dari penerimaan sampai terminasi.

"Banyak tanggapan positif dari banyak delegasi seperti khususnya para pemerhati Hak Asasi Manusia," ujar dia, dikutip Kamis (11/5/2023).

Tay Bian How selaku Director Emiratus Addiction Studies mengatakan, rehabilitasi harus dilakukan dengan sesuai standar yang ada dengan mengedepankan hak asasi manusia dan menggunakan Evidence Based Practices.

"Apa yang dilakukan teman-teman di Indonesia Khususnya di LP Kelas IIA Pematangsiantar cukup baik karena sudah mengacu Ke International Standart," kata Tay.

Di saat yang sama, Taufik selaku Delegasi Indonesia membenarkan apa yang dipaparkan adalah apa yang dikerjakan. LP Klas IIA Pematangsiantar berkomitmen untuk meningkatkan Layanan untuk memenuhi hak para korban penyalahgunaan napza yang sedang menjalani pidana penjara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ucapan Terima Kasih

Taufik menyampaikan terima kasih kepada KaDiv Pemasyarakatan Kanwilkumham Sumut Rudi F Sianturi, Kepala LP Kelas IIA Pematangsiantar M phitra Jaya, Kabid Yantahwat Div Pas Kanwil Kemenkumham Sumut.

Selain itu, Kasie Binadik LP Kelas IIA Pematangsiantar Erwin Siregar serta seluruh Tim Pokja Rehabilitasi dan Konselor Adiksi fokus rehabilitasi atas dukungan dan kepercayaan untuk mewakili dan kesempatan untuk memaparkan apa yang sama sama dikerjakan.

"Sekali lagi saya sangat terima kasih," ucap Taufik.

Infografis Harta Kekayaan polisi karawang Tersangka Pemasok Sabu ditangkap karena pasok narkoba ke klub malam. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Harta Kekayaan polisi karawang Tersangka Pemasok Sabu ditangkap karena pasok narkoba ke klub malam. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya