Sandiaga Uno Akan Bergabung ke PPP Rabu Besok, Ikhlas Jika Tak Dicalonkan Jadi Cawapres

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan resmi bergabung dan menjadi kader Partai Persatuan Pembangunan pada Rabu 14 Mei 2023. Dia mengaku tak masalah apabila nantinya tak diusung PPP menjadi calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024.

oleh Putu Merta Surya PutraLizsa Egeham diperbarui 12 Jun 2023, 18:15 WIB
Diterbitkan 12 Jun 2023, 18:15 WIB
Menteri Pariwisata Sandiaga Salahudin Uno saat menghadiri rapat di Kompleks DPR/MPR, Senayan, Jakarta. (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)
Menteri Pariwisata Sandiaga Salahudin Uno saat menghadiri rapat di Kompleks DPR/MPR, Senayan, Jakarta. (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan resmi bergabung dan menjadi kader Partai Persatuan Pembangunan pada Rabu 14 Mei 2023. Dia mengaku tak masalah apabila nantinya tak diusung PPP menjadi calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024.

Sandiaga mengatakan dirinya bergabung ke PPP karena adanya kesepakatan perjuangan ke depan. Dia pun akan menghormati apapun keputusan Plt Ketua Umum PPP Mardiono terkait penugasannya sebagai kader partai.

"Saya ikhlas, saya bergabung ini karena ada kesepakatan dari perjuangan ke depan. Nanti keputusannya apa tentunya menjadi wewenang pimpinan partai politik dan gabungan partai politik," jelas Sandiaga di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (12/6/2023).

Dia mengatakan kesepakatan dengan PPP akan diumumkan pada Rabu mendatang. Sandiaga membantah bahwa ada lobi-lobi dengan PPP, termasuk menjadi cawapres.

"Sama sekali tidak ada pembicaraan, itu mengalir secara natural dan saya selalu menyampaikan bahwa saya ini ingin menyampaikan sebuah gagasan dan apa yang saya dengar dari masyarakat," ujarnya.

"Harapan dari pembangunan ekonomi Indonesia ke depan dan kepemimpinan yang fokus terhadap percepatan pembangunan dan isu-isu ekonomi keseharian yang dirasaka masyarakat. Ini yang tercapai sebuah kesamaan dari segi pemikiran untuk melangkah ke depan," sambung Sandiaga Uno.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mardiono Sudah Beri Isyarat Sandiaga Uno Segera Gabung

Sebelumnya, Pelaksana Tugas Ketua Umum (Plt) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono mengatakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno akan diresmikan sebagai kader PPP pada Rabu 14 Juni 2023.

"Insya Allah nanti dalam minggu depan kalau enggak salah hari Rabu ya. Hari Rabu itu nanti Insya Allah secara resmi ini akan kita lakukan penandatanganan, atas komitmen Pak Sandi berjuang bersama PPP," kata Mardiono, Minggu (11/6/2023), seperti dilansir Antara.

Mardiono mengungkapkan bahwa Sandiaga selama tujuh bulan terakhir telah menjalani "ospek" dan diperkenalkan kepada kader dan tokoh PPP di seluruh Indonesia dan bersilahturahmi kepada para kiai PPP.

Dia juga mengatakan tak lama setelah pengumuman resmi bergabungnya Sandiaga, PPP akan segera menggelar rapat pimpinan nasional (Rapimnas) untuk menentukan jabatan Sandi di dalam organisasi PPP.

"Tidak lama dari Rabu akan dilaksanakan Rapimnas. Itu sebagai mekanisme konstitusi partai. Itu nanti menentukan Pak Sandi akan kita kasih tugas apa. Kan enggak mungkin Pak Sandi sekadar kader saja di PPP kemudian tidak dikasih tugas," ujarnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya