4 Pernyataan Presiden Jokowi Usai Laga FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Argentina, Tetap Puji Meski Kalah

Presiden Joko Widodo atau Jokowi tetap memberikan pujian kepada Timnas Indonesia meski kalah usai melawan Argentina di laga FIFA Matchday pada Senin 19 Juni 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 20 Jun 2023, 14:01 WIB
Diterbitkan 20 Jun 2023, 14:00 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi menyampaikan pernyataan sikap usai laga Indonesia versus Argentina di Jakarta berakhir dengan skow 0-2 untuk kemenangan Tim Tango. (Foto: Dok. Instagram @jokowi)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi tetap memberikan pujian kepada Timnas Indonesia meski kalah usai melawan Argentina di laga FIFA Matchday pada Senin 19 Juni 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta.

Seperti diketahui, Timnas Garuda yang sudah bersusah payah berakhir kalah dari 0-2 dari Argentina.

Meski begitu, Presiden Jokowi mengapreasi kerja keras para pemain Timnas Indonesia yang bertanding di laga FIFA Matchday melawan Argentina tersebut.

"Sangat bagus, saya kira kerja keras pemain-pemain kita ini luar biasa," ujar Jokowi usai pertandingan di Stadion Utama GBK Jakarta, Senin 19 Juni 2023.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengingatkan, Argentina berada di rangking pertama FIFA, sedangkan Indonesia jauh di peringkat 149. Meski begitu, Jokowi menilai Timnas Indonesia bisa mengimbangi pemain Argentina.

"Bagus, sekali lagi rangking 1, yang satu (Indonesia), rangking 149 (FIFA) loh ya," ucap Jokowi.

Kemudian, Jokowi pun berharap pertandingan tersebut bisa menjadi awal kebangkitan persepakbolaan Indonesia. Dia meyampaikan, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Ketum PSSI) Erick Thohir akan terus mendatangkan tim-tim besar dari luar, untuk bertanding dengan Timnas Indonesia.

"Saya kira Pak Ketua PSSI akan terus mendatangkan tim-tim besar dari luar sehingga kita semamin banyak pengalaman, tim kita semakin banyak pengalaman, semakin hanyak berkompetisi semakin banyak pengalaman," tutur Jokowi.

Berikut sederet pernyataan Presiden Jokowi usai pertandingan Timnas Indonesia vs Argentina di laga FIFA Matchday dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Puji Timnas Indonesia Meski Kalah

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi menyampaikan pernyataan sikap usai laga Indonesia versus Argentina di Jakarta berakhir dengan skow 0-2 untuk kemenangan Tim Tango. (Foto: Dok. Instagram @jokowi)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengapreasi kerja keras para pemain Timnas Indonesia yang bertanding di laga FIFA Matchday melawan Argentina di Stadion Utama GBK Jakarta, Senin 19 Juni 2023.

Jokowi mengatakan hasil laga tersebut sudah luar biasa.

"Sangat bagus, saya kira kerja keras pemain-pemain kita ini luar biasa," kata Dia usai pertandingan di Stadion Utama GBK Jakarta, Senin 19 Juni 2023.

Kendati kebobolan dua gol dari Argentina, dia menilai Timnas Indonesia bermain bagus. Pasalnya, kata Jokowi, Argentina berada di peringkat pertama FIFA, sementara Indonesia rangking 149.

"Bagus, sekali lagi rangking 1, yang satu (Indonesia), rangking 149 (FIFA) loh ya. Tapi bisa mengimbangi, meskipun kita kebobolan dua, saya lihat bisa mengimbangi," ucap dia.

 


2. Bangga Timnas Indonesia Bisa Mengimbangi Argentina

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi menyampaikan pernyataan sikap usai laga Indonesia versus Argentina di Jakarta berakhir dengan skow 0-2 untuk kemenangan Tim Tango. (Foto: Dok. Instagram @jokowi)

Presiden Jokowi menilai Timnas Indonesia mampu mengimbangi Argentina dalam laga FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Senin 19 Juni 2023 malam. Dalam laga ini, Indonesia kalah 0-2 dari Argentina.

Jokowi mengakui bahwa Timnas Indonesia sempat grogi diawal-awal pertandingan melawan Argentina. Namun, kata dia, Indonesia mampu bermain luar biasa dan mengimbangi permainan Argentina.

"Ini sebagai pengalaman besar bagi para pemain karena kita lihat di awal-awal tadi agak nerveous, grogi mentalnya masih. Tapi di babak kedua luar biasa, bisa mengimbangi," jelas Jokowi usai menonton pertandingan di Stadion Utama GBK, Senin malam.

Dia mengatakan pertandingan melawan Argentina sebagai pengalaman dan evaluasi bagi timnas Indonesia. Jokowi mengingatkan Indonesia berada di peringkat 149 FIFA, sedangkan Argentina urutan pertama.

"Tapi bisa mengimbangi, meskipun kita kebobolan dua, saya lihat bisa mengimbangi, dan saya kira kita harapkan awal kebangkitan persepakbolaan Indonesia," ujar Jokowi.

Jokowi pun memuji pemain timnas Indonesia. Menurut dia, pemain Indonesia sudah bekerja keras dan bermain luar biasa.

"Sangat bagus, saya kira kerja keras pemain-pemain kita ini luar biasa," ucap dia.

 


3. Sebut Ketum PSSI Akan Datangkan Tim Besar Lainnya

Presiden Jokowi Menghadiri Laga FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Argentina
Presiden RI Joko Widodo, Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Menpora Dito Ariotedjo menghadiri laga FIFA Matchday antara Timnas Indonesia menghadapi Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senin (19/6/2023). (Bola.com/Abdul Aziz)

Presiden Jokowi meyampaikan Ketua PSSI Erick Thohir akan terus mendatangkan tim-tim besar dari luar, untuk bertanding dengan Timnas Indonesia.

Dengan begitu, timnas Indonesia mendapatkan banyak pengalaman ketika bertanding dengan tim besar.

"Saya kira Pak Ketua PSSI akan terus mendatangkan tim-tim besar dari luar sehingga kita semamin banyak pengalaman, tim kita semakin banyak pengalaman, semakin hanyak berkompetisi semakin banyak pengalaman," tutur Jokowi.

 


4. Tegaskan Setelah Laga Ini, Timnas Akan Jauh Lebih Baik dan Siap

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Ibu Negara Iriana, serta cucunya Jan Ethes Srinarendra menyaksikan FIFA Matchday antara Timnas Indonesia melawan Timnas Argentina.
Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Ibu Negara Iriana, serta cucunya Jan Ethes Srinarendra menyaksikan FIFA Matchday antara Timnas Indonesia melawan Timnas Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Senin (19/6/2023). (Sumber Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden).

Mendapati Timnas Indonesia dijinakkan Tim Tango, Jokowi legowo seraya mengingatkan bahwa Argentina ranking 1 sedunia.

"Saya hadir di antara puluhan ribu penggemar sepak bola Indonesia yang datang menyaksikan laga FIFA Matchday antara tim nasional Indonesia melawan tim nasional Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, semalam," tulisnya.

Pernyataan sikap ini disampaikan Jokowi sembari mengunggah tiga foto saat menonton laga persahabatan Indonesia lawan Argentina di akun Instagram terverifikasi, Selasa pagi (20/6/2023).

“Saya ikut merasakan antusiasme yang sangat tinggi masyarakat Indonesia untuk menyaksikan pertandingan sepak bola yang bermutu, sekaligus kerinduan pada prestasi tim nasional kita,” cuit Presiden Jokowi.

Timnas Indonesia yang kini bertengger di peringkat ke-149 dunia di atas kertas memang berada jauh di bawah Argentina. Karenanya, kalah dengan skor 0-2 bukanlah hal yang memalukan. RI-1 mengapresiasi perjuangan Timnas Indonesia.

"Melawan juara dunia sepak bola tiga kali itu, ternyata pemain-pemain kita ini tetap bisa mengimbangi. Kalah dua gol dari Argentina yang peringkat pertama sepak bola dunia menjadi pelajaran berharga sekaligus pengalaman besar bagi timnas Indonesia," ujarnya.

Karenanya, Jokowi optimistis laga persahabatan dengan Argentina semalam memberi pelajaran sangat berharga untuk Timnas Indonesia. Berkaca pada kekalahan ini, Tim Garuda akan lebih siap di masa mendatang.

"Setelah laga ini, timnas Indonesia tentu akan jauh lebih siap menghadapi pertandingan-pertandingan di masa-masa mendatang," Jokowi mengakhiri pernyataan sikap.

Infografis Indonesia vs Argentina
Timnas Indonesia akan menghadapi Argentina pada laga FIFA Matchday yang berlangsung di stadion Gelora Bung Karno, Senin (19/9/2023). Argentina tak mainkan Lionel Messi dan memboyong 23 pemain (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya