Jokowi Yakin ASEAN Inter-Parliamentary Assembly ke-44 Mampu Wakili Suara Rakyat Asia Tenggara

Melalui AIPA, Jokowi yakin hajat rakyat ASEAN bisa semakin diperjuangkan demi menciptakan perdamaian dan stabilitas kawasan.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 07 Agu 2023, 13:40 WIB
Diterbitkan 07 Agu 2023, 13:40 WIB
Jokowi Hadiri AIPA ke-44 di Jakarta
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri langsung Ceremony of the 44th ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) General Assembly di Jakarta. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri langsung Ceremony of the 44th ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) General Assembly di Jakarta. Diketahui, forum tersebut menjadi pertemuan tingkat tinggi antar-parlemen negara-negara se-Asia Tenggara (ASEAN) dalam agenda Keketuaan Indonesia untuk ASEAN tahun 2023.

"Selamat datang di Jakarta, the headquarters of ASEAN. Ini suatu kehormatan bagi saya bisa hadir di pertemuan hari ini," kata Jokowi dalam pidato pembuka di Hotel Fairmont Jakarta, Senin (7/8/2023).

Jokowi percaya, acara hari ini dapat mewakili suara rakyat dari masing-masing parlemen di seluruh negara Asia Tenggara. Melalui AIPA, Jokowi yakin hajat rakyat ASEAN bisa semakin diperjuangkan demi menciptakan perdamaian dan stabilitas kawasan.

"Kepentingan rakyat ASEAN harus diperjuangkan, sudah 56 tahun ASEAN berkontribusi besar dan kita tidak boleh lengah apalagi terlena. (Sebab) perdamaian dan stabilitas kawasan tidak bisa datang dengan sendirinya," dorong Jokowi.

Jokowi percaya, melalui kawasan yang stabil dan damai maka kerja sama antar negara khususnya bangsa-bangsa di Asia Tenggara bisa semakin erat, dengan tingginya rasa percaya dan kuatnya tali solidaritas.

"Jika ASEAN solid, maka ASEAN dapat memainkan peran sentralnya dan dapat terus relevan memperjuangkan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan," ucap Presiden Joko Widodo.

 


Indonesia Ingin Jadikan ASEAN Pusat Pertumbuhan Ekonomi Dunia

Jokowi Hadiri AIPA ke-44 di Jakarta
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri langsung Ceremony of the 44th ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) General Assembly di Jakarta. (Foto: Istimewa)

Kepala negara mengaku bersyukur, saat ini pertumbuhan ekonomi ASEAN tetap stabil. Apalagi saat ini ASEAN juga dianggap sebagai salah satu driver pertumbuhan ekonomi dunia. Sebagai Ketua ASEAN, Indonesia ingin menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dunia.

"Integrasi ekonomi ASEAN harus diperkuat, hambatan perdagangan dengan mitra ASEAN harus dihilangkan, kerjasama ekonomi yang setara dan saling menguntungkan harus ditingkatkan," harap Jokowi.

"Itu semua (dapat terwujud) dengan membutuhkan dukungan Parlemen ASEAN. Kita semua perlu kerja keras agar harapan itu dapat terwujud. sekali lg piagam asean dibuka dgn we the peoples artinya kepentingan rakyat asean di atas segalanya," Jokowi menandasi.

Infografis Harapan & Langkah Nyata G20 Jadi Katalis Pemulihan Ekonomi
Infografis Harapan & Langkah Nyata G20 Jadi Katalis Pemulihan Ekonomi (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya