Rakernas PDIP Bahas Pangan Masa Depan, Megawati: Bukan karena Mau Pemilu

Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyatakan, pihaknya tengah melakukan desain ulang rencana pembangunan kedaulatan pangan masa Indonesia ke depan.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 29 Sep 2023, 16:27 WIB
Diterbitkan 29 Sep 2023, 16:27 WIB
Megawati Soekarnoputri
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memberikan pidato politiknya di hadapan empatribu kadernya di acara Rapat Kerja Nasional atau Rakernas ke-IV di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/9/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyatakan, pihaknya tengah melakukan desain ulang rencana pembangunan kedaulatan pangan masa Indonesia ke depan. Mega mengingatkan pembahasan pangan bukan karena menjelang Pemilu 2024.

Hal itu disampaikan Megawati dalam Rakernas IV PDIP yang dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga Bacapres Ganjar Pranowo.

"Bapak Presiden, para petani, nelayan yang saya sayangi dan hadirin sekalian. Setelah melalui beberapa focus group discussion yang diadakan sebelum Rakernas ini. PDIP telah merancang ulang tentang desain pembangunan pangan masa depan, pertama dengan keanekaragaman flora dan fauna, baik di darat maupun di laut yang begitu beragam dan melimpah," kata Megawati, Jumat (29/9/2023).

Mega optimis, kedaulatan pangan bisa tercapai apabila semua hasil riset dilaksanakan. Sebab, menurutnya Indonesia memiliki banyak tumbuhan pangan.

"Apakah bisa? Sangat bisa, saya sebagai ketua yang juga ditunjuk Presiden Ketua Dewan Pengarah yang namanya BRIN. Saya sudah mulai mendata yang disebut flora fauna, tapi sekarang sedang bagian tumbuhan, belum 6 bulan bapak presiden sudah terjumlah mulai terangkat ada 2 juta tanaman yang telah didata dan masih terus untuk dilaksanakan," katanya.

Presiden kelima itu meyakini, para petani dan nelayan nantinya akan bisa menjadi tuan rumah di negara sendiri.

"Di sini harus dibangun sebuah keyakinan dan tentunya fokus. Bahwa melalui campur tangan negara petani dan nelayan bisa menjadi tuan di negerinya sendiri," kata Megawati.

"Ini bukan karena kita mau pemilu ya, tapi kita renungkan bertahun-tahun," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Megawati Minta Kader PDIP Tak Gentar Hadapi Kepungan Parpol Lain

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam Rakernas PDIP, Jumat (29/9/2023).
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam Rakernas PDIP, Jumat (29/9/2023). (Foto: dokumentasi PDIP)

Sebelumnya, Mega meminta seluruh kader PDIP tidak gentar dengan adanya kepungan dari partai politik lain.

“Selama ini kita menyatu dengan rakyat, jangan pernah sekalipun pernah gentar, sedikitpun menghadapi berbagai kepungan dan manuver politik praktis, yang gunakan keinginan kekuasaan sebagai tujuan,” kata Mega di Jiexpo Kemayoran, Jumat (29/9/2023).

Mega mengingatkan, PDIP adalah partai yang sudah kenyang kepungan dan gemblengan sejak lama, terutam saat orde baru.

“Kita telah teruji dengan gemblengan sejarah yang begitu hebat dan menyakitkan. Khsuusnya selama masa orde baru. Karena itulah sebagai banteng-banteng PDIP, memegang kokoh Pancasila di dadamu,” tegas Mega.

Mega menyebut semua kder harus berpolitik dengan mata hati dan setia hanya pada rakyat. “Berpolitiklah dengan seluruh semangatmu, dengan nuranimu, dengan mata hatimu. Dan setialah dengan sumbermu yatitu rakyat, rakyat, rakyat, siap?,” kata Mega.

Infografis 7 Perintah Megawati untuk Kader Jelang HUT ke-50 PDIP. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 7 Perintah Megawati untuk Kader Jelang HUT ke-50 PDIP. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya