Bocah di Jakbar Jadi Korban Perundungan di Rental PS, Korban Dipukul-Ditendang hingga Tersungkur

Warganet kembali digegerkan dengan sebuah unggahan video viral seorang bocah laki-laki menjadi korban perundungan atau bullying oleh temannya sendiri. Korban dipukul dan ditendang berkali-kali oleh temannya hingga tersungkur.

oleh Liputan6.com diperbarui 03 Okt 2023, 07:10 WIB
Diterbitkan 03 Okt 2023, 07:10 WIB
[Bintang] Sembilan Tahun Ngebully Teman Sendiri, Akhirnya Pria Ini Masuk Penjara
Inilah akhir dari cerita seorang pria yang selama sembilan tahun selalu membully temannya, meskipun ia sudah tak berada di sekolah yang sama. (Ilustrasi: Bullying | Bully Awareness Resistance Education)

Liputan6.com, Jakarta - Warganet kembali digegerkan dengan sebuah unggahan video viral seorang bocah laki-laki menjadi korban perundungan atau bullying oleh temannya sendiri. Korban dipukul dan ditendang berkali-kali oleh temannya hingga tersungkur.

"Gara-gara berebut main PS, seorang bocah di aniaya," tulis caption dalam unggahan akun Instagram @in*o.keb*nje*uk.

Dalam video itu, nampak korban tidak berdaya saat dianiaya oleh temannya. Ia hanya dapat melindungi bagian kepalanya sambil menjerit kesakitan.

Sementara pelaku sambil menahan kaki korban dan terus menerus menganiaya dengan memukul hingga menendangnya berkali-kali.

Kasat Reskrim Polres Jakarta Barat (Jakbar), Kompol Andri Kurniawan mengatakan, kejadian tersebut telah terjadi pada Minggu (24/9) lalu dimana pihak korban telah membuat laporan sehari setelahnya. Ia menyebut sejauh ini telah memeriksa sejumlah saksi terkait.

"Pelapor inisial MH dan korban berinisial MR terlapor berinisial RM. Kami sudah melakukan langkah dan upaya setelah menerima laporan tersebut kami langsung melakukan pemeriksaan saksi, ada 7 saksi yang segala pemeriksaan dan barang yang sudah kita amankan," kata Andri kepada wartawan, Senin (2/10/2023).

Andri menjelaskan pada kasus ini, pihaknya melibatkan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Dinas Sosial juga pihak Balai Pemasyarakatan. Mengingat korban juga pelaku yang berstatus di bawah umur.

"Setelah kita lakukan pemeriksaan yang mana dalam pemeriksaan ini kita juga didampingi dari P3A terhadap korban," ucap," Andri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Usulkan Tempuh Jalur Diversi

Ilustrasi bully, perundungan
Ilustrasi bully, perundungan. (Photo Copyright by Freepik)

Disaat yang bersamaan, Komisioner KPAI, Kawiyan mengusulkan agar kedua belah pihak yang bertikai untuk menempuh jalur Diversi atau penyelesaian di luar jalur peradilan pidana. Diharapkan hal itu dapat mendamaikan pelaku dan korban.

"Tadi kami mengusulkan agar keduanya berdamai baik korban maupun pelaku dengan menempuh jalur Diversi," terangnya.

Mengacu pada Undang-Undang tentang Perlindungan Anak, ia menilai baik korban maupun pelaku dalam penyelesaian masalahnya harus tetap memprioritaskan kebutuhan anak.

Namum untuk kebutuhan anak korban seperti pendampingan psikologis hingga fisik akan terus didapatkan.

"Korban maupun anak karena masih dibawah umur maka korban juga harus diberikan perlindungan secara khusus. Hal-hal terkait dengan anak harus segera ditangani misalnya pendampingan psikologis, psikososial, secara fisik juga harus dipulihkan kesehatannya. Lalu terkait dengan terlapor juga karena dia anak kita harus diberikan pendampingan hukum dan sebagainya," ujar Kawiyan.

"Jika nanti ada misalnya ternyata ada pelanggaran tindak pidana, maka harus mengacu pada UU nomor 11 tahun 2012 tentang sistem peradilan anak," sambungnya.

 

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya