Beri Arahan Perdana, KSAD Agus: Prajurit TNI Harus Netral di Pemilu, Tidak Memihak Satu Paslon

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Agus Subiyanto memberikan arahan perdananya agar seluruh prajurit TNI AD menjaga netralitas jelang pemilu 2024.

oleh Liputan6.com diperbarui 27 Okt 2023, 13:46 WIB
Diterbitkan 27 Okt 2023, 10:45 WIB
Serah Terima Jabatan Kepala Staf Angkatan Darat.
Serah Terima Jabatan Kepala Staf Angkatan Darat. (Merdeka.com/Bachtiarudin Alam)

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Agus Subiyanto memberikan arahan perdananya agar seluruh prajurit TNI AD menjaga netralitas jelang pemilu 2024, Ia mengingatkan agar prajurit tidak memihak kepada salah satu paslon.

Hal itu disampaikan Agus setelah resmi menjabat sebagai orang nomor satu di TNI AD. Usai menerima tongkat komando dari Jenderal Dudung Abdurachman yang bakal memasuki masa pensiunnya pada 17 November mendatang.

"Untuk netralitas TNI tadi sudah disampaikan oleh Panglima kita sudah menegaskan kepada seluruh prajurit untuk netral, tidak memihak satu paslon," kata Agus usai prosesi serah terima jabatan (sertijab), di Mabesad, Jakarta Pusat, Jumat (27/10).

Berita Pemilu lainnya, bisa dibaca di Liputan6.com

Selain arahan itu, Agus juga menjelaskan terkait rencananya ke depan yang akan melanjutkan sejumlah program unggulan milik Dudung. Semisal pemberian gizi mengentaskan stunting, sampai pengeboran titik air untuk antisipasi kekeringan di sejumlah titik.

"Banyak juga program lain tentunya nanti akan saya lanjutkan. Tentunya TNI tidak bisa bekerja sendiri, kita akan berkolaborasi dengan kementerian dan lembaga lain dan juga dengan kepolisian," kata dia.

"Mohon doanya mudah mudahan saya bisa jalankan tugas ini dengan amanah," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kunci Kelancaran 2024

Pelantikan KSAD Letjen Agus Subiyanto.
Pelantikan KSAD Letjen Agus Subiyanto. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Arahan tersebut sesuai dengan perintah Panglima TNI Laksamana, Yudo Margono agar Agus menjaga dan menjunjung tinggi netralitas prajurit jelang tahun politik. Hal itu perlu disampaikan, sebagai kunci kelancaraan Pemilu 2024.

"Komitmen karena hanya netralitas TNI, TNI netral saya yakin pemilu ini dapat berlangsung dengan baik aman lancar dan sejuk. Ya kuncinya selalu saya sampaikan adalah TNI harus netral," sebutnya.

Selain kesiapan pemilu, Yudo juga mengingatkan kepada Agus selaku pembina kekuatan personel TNI AD harus menyiapkan alutsista, personel, materiil, semua keperluan personel.

"Ya tentunya harus selalu sewaktu-waktu dikerahkan, harus siap. Karena menang kalau Panglima TNI kan sebenarnya pengguna kekuatan. Penyiap maupun pembina kekuatan adalah kepala staf angkatan," tuturnya.


Agus Subiyanto Resmi Jabat KSAD

Sekedar informasi, saat ini Jenderal Agus Subiyanto resmi menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang memasuki masa pensiunnya pada 17 November mendatang.

Jabatan baru Agus sebagai Kasad, diberikan lewat prosesi upacara serah terima jabatan (sertijab) yang dipimpin Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono di Markas Besar TNI AD (Mabesad), Jakarta Pusat, Jumat (27/10).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya