Leon Dozan Juga Ditetapkan Tersangka Penghinaan Institusi Polri

Polisi telah menangkap aktor Leon Dozan setelah videonya viral di media sosial. Anak aktor Willy Dozan itu ditetapkan sebagai tersangka kasus penganiayaan terhadap kekasihnya dan kasus penghinaan terhadap institusi Polri.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 17 Nov 2023, 13:51 WIB
Diterbitkan 17 Nov 2023, 13:45 WIB
Leon Dozan
Leon Dozan putra Willy Dozan telah ditetapkan sebagai tersangka dugaan penganiayaan terhadap Rinoa Aurora dan penghinaan terhadap institusi Polri. (Foto: Dok. YouTube Intens Investigasi)

Liputan6.com, Jakarta - Artis Leon Dozan menyandang dua status tersangka sekaligus. Selain kasus penganiayaan terhadap kekasihnya Rinoa Aurora Senduk, Leon Dozan juga terjerat kasus penghinaan terhadap institusi Polri.

Adapun, laporan kasus penghinaan terhadap institusi Polri ini diterbitkan oleh anggota kepolisian setelah mempelajari video yang viral di media sosial.

"Ya tersangka (penganiayaan dan penghinaan Polri). Kami menerapkan Pasal 207 KUHP terhadap tersangka atas penghinaan institusi," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, kepada wartawan, Jumat (17/11/2023).

Dalam video yang beredar, Leon sedang memiting aktris Rinoa Aurora Senduk di area parkiran mobil. Aurora hanya bisa menangis menghadapi tingkah sang kekasih.

Terdengar, Leon sempat menantang Aurora melaporkan penganiayaan ke polisi. Putra aktor Willy Dozan itu mengaku tidak takut polisi. Dia kemudian mengeluarkan kata-kata umpatan untuk institusi Polri.

"Terhadap ucapan yang disampaikan tersangka yang menghina institusi Polri, kami juga hari ini telah menerbitkan laporan polisi terkait penistaan terhadap institusi Polri. Bagaimana ucapan-ucapan tersebut disampaikan dengan lantang dan jelas terhadap institusi Polri," ujar dia.

Susatyo mengatakan, tersangka telah mengakui perbuatannya. Ucapan itu dilontarkan untuk meluapkan emosinya karena kekasihnya akan melaporkan penganiayaan itu ke polisi

"Di bawah faktor emosi, di bawah faktor karena yang bersangkutan cemburu dan sebagainya karena si korban ingin melaporkan kepada polisi, kemudian tersangka menantang kepada korban dengan mengatakan umpatan-umpatan kepada institusi Polri," tandas dia.


Leon Dozan Ditangkap Polisi

Leon Dozan Berbaju Oranye
Leon Dozan akhirnya pakai baju oranye dan ditetapkan sebagai tersangka kasus kekerasan terhadap Rinoa Aurora. Polisi menyebut terjadi 2 kali kekerasan. (Foto: Dok. YouTube Intens Investigasi)

Polisi menangkap artis Leon Dozan atas kasus penganiayaan terhadap kekasihnya, Rinoa Aurora Senduk.

Penangkapan itu pun dibenarkan Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol. Susatyo Purnomo Condro.

"Sudah (ditangkap)," kata Susatyo saat dihubungi, Jumat (17/11/2023).

Lebih lanjut, Susatyo mengatakan, pihaknya akan menggelar konferensi pers untuk membeberkan secara gamblang penanganan kasus ini.

"Pagi ini akan kita rilis," kata dia.

Peristiwa penganiayaan Leon Dozan terhadap kekasihnya itu viral di media sosial. Salah satu akun media sosial mengunggah detik-detik penganiayaan ke akun media sosial Instagram.

Terlihat, Leon sedang memiting aktris Rinoa Aurora Senduk di area parkiran mobil. Aurora hanya bisa menangis melihat tingkah sang kekasih.

Terdengar, Leon sempat menantang Aurora melaporkan penganiayaan ke polisi. Putra aktor Willy Dozan itu mengaku tidak takut dengan polisi.

"Oh mau dilaporin polisi, biar aku dipenjara. Gak papa, gak takut sama polisi. *nj*ng polisi n*en*o*," kata Leon Dozan seperti dikutip, Kamis (16/11/2023).

Sementara itu, di unggahan lainya juga ada sebuah foto yang menampilkan kondisi tubuh Aurora penuh dengan luka lebam.


Leon Dozan Terancam 5 Tahun Penjara Karena Aniaya Pacar

Viral video, diduga Leon Dozan. (Sumber: Tangkapan layar Twitter/ noonejsty)
Viral video, diduga Leon Dozan. (Sumber: Tangkapan layar Twitter/ noonejsty)

Artis Leon Dozan ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan atas tuduhan penganiayaan terhadap kekasihnya, Rinoa Aurora Senduk.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol. Susatyo Purnomo Condro mengatakan, Leon Dozan disangkkan melanggar Pasal 351 KUHP.

"Pasal 351 KUHP ancaman hukuman 5 tahun," kata Susatyo kepada wartawan, Jumat (17/11/2023).

Leon Dozan diringkus karena menganiaya Rinoa Aurora Senduk alias Nazwa (19). Penangkapan dilakukan di kediamannya, Cirende Lebak Bulus, Jaksel pada Kamis, 16 November sekira pukul 22.00 WIB.

Sementara itu, Leon Dozan menyampaikan permintaan maaf kepada institusi Polri. Di hadapan polisi, Leon Dozan menyesali perbuatannya.

"Terutama saya minta maaf karena saya sudah melakukan kesalahan telah mengata-ngatai institusi Polri. Saya khilaf atas perbuatan saya dan saya menyesal," ujar dia.


Leon Dozan Minta Maaf ke Kapolri

Diduga Aniaya Pacar, Ini 7 Potret Leon Dozan Anak Willy Dozan dan Kekasih
Leon Dozan dan Rinoa Aurora Senduk (sumber: Instagram/official.bethariasonata)

Setelah akun Instagram terverifikasinya amblas, Leon Dozan muncul lagi dalam sebuah unggahan video pada Jumat (17/11/2023) pagi. Dalam video tersebut, ia mengaku menyesal dan minta maaf kepada Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

Leon Dozan mengaku salah dan khilaf karena memaki polisi dalam video dugaan penganiayaan terhadap pacar, Rinoa Aurora, yang viral di jagat maya pekan ini. Mengenakan jaket hitam dan mata memerah, ia mengaku menyesal.

“Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Kepada Yang Terhormat Pak Kapolri, saya minta maaf atas kesalahan saya yang telah saya perbuat,” kata putra Willy Dozan dalam unggahan di akun Instagram terverifikasi.

Kepada Listyo Sigit Prabowo, sang aktor mengaku telah melontar kata-kata kasar terhadap institusi Polri hingga viral di medsos. Tak hanya kepada Polri, ia juga minta maaf keluarga Rinoa Aurora.“Saya akui saya salah. Saya khilaf atas perbuatan saya yang sudah melakukan kata-kata kasar kepada institusi Polri,” ujarnya kemudian menghela napas sejenak. Air mukanya menyiratkan perasaan campur aduk.

“Saya menyesal. Untuk Rino dan keluarga saya minta maaf,” Leon Dozan mengakhiri. Diberitakan sebelumnya, sebuah video dugaan penganiayaan Leon Dozan terhadap pacar viral di medsos.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya