Berkat Inovasi Terkait JKN, BPJS Kesehatan Raih Penghargaan ASSA Recognition Awards 2023

Sebagai penyelenggara program jaminan kesehatan sosial dengan jumlah peserta terbesar di dunia, kiprah BPJS Kesehatan semakin diakui di tingkat internasional.

oleh Fachri pada 21 Nov 2023, 19:43 WIB
Diperbarui 21 Nov 2023, 19:43 WIB
BPJS Kesehatan.
BPJS Kesehatan meraih penghargaan ASSA Recognition Awards 2023 dalam acara penutupan The 40th ASSA Board Meeting di Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (21/11/2023). (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Sebagai penyelenggara program jaminan kesehatan sosial dengan jumlah peserta terbesar di dunia, kiprah BPJS Kesehatan semakin diakui di tingkat internasional. Pasalnya, BPJS Kesehatan meraih penghargaan ASSA Recognition Awards 2023 dalam acara penutupan The 40th ASSA Board Meeting di Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (21/11/2023).

Penghargaan yang diraih BPJS Kesehatan itu berkat inovasi Penilaian Kepatuhan Pekerja Informal terhadap Pembayaran Iuran JKN atau “Assesment of Informal Workers’ Compliance with The National Health Insurance Contribution Payment”.

Direktur Kepatuhan dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan, Mundiharno mengatakan bahwa pihaknya melakukan penelitian terhadap tingkat partisipasi peserta Program JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dalam membayar iuran pada 2021.

"Hasilnya, responden perempuan yang memiliki pendapatan kurang dari sama dengan Rp6 juta, berpendidikan menengah ke bawah, merasa sehat, mengalami kesulitan keuangan, dan jarang menggunakan layanan rawat jalan, merupakan sejumlah faktor yang berpengaruh terhadap partisipasi mereka dalam membayar iuran JKN,” katanya.

"Oleh karena itu, dengan menganalisis dan memetakan karakteristik peserta JKN segmen PBPU atau juga dikenal sebagai peserta JKN mandiri, diharapkan hasil penelitian itu bisa menjadi landasan bagi pemangku kebijakan untuk mengambil langkah penegakan kepatuhan terhadap para peserta JKN mandiri," jelas Mundiharno.

Ia pun mengungkapkan bahwa BPJS Kesehatan berencana melakukan perluasan peran Kader JKN sebagai perpanjangan tangan BPJS Kesehatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat untuk menggalakkan edukasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penghargaan yang Diterima Sebelumnya

BPJS Kesehatan.
BPJS Kesehatan meraih penghargaan ASSA Recognition Awards 2023 dalam acara penutupan The 40th ASSA Board Meeting di Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (21/11/2023). (Foto: Istimewa)

Beberapa tahun sebelumnya, BPJS Kesehatan juga menorehkan penghargaan bergengsi dari ASSA atas inovasinya yang bernama “One Stop Apps: Monitoring of Strategic Cooperation Implementation” alias Aplikasi Monitoring Kerja Sama Strategis (MONIKS).

Dengan Aplikasi MONIKS, semua kemitraan strategis BPJS Kesehatan dengan institusi, kementerian, dan lembaga nasional maupun internasional dapat dipantau secara real time

Di samping itu, penghargaan lain juga pernah diberikan ASSA kepada BPJS Kesehatan atas inovasinya yang bernama “Online Health Consultation and Administrative Service” atau Konsultasi Kesehatan Online dan Layanan Administrasi.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya