Malam Tahun Baru 2024, Polisi Berlakukan Car Free Night di Jalan Bundaran Senayan-Patung Kuda

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Usman Latif mengatakan, beberapa kegiatan akan dilaksanakan pada malam tahun 2024.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 29 Des 2023, 15:27 WIB
Diterbitkan 29 Des 2023, 15:27 WIB
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Usman Latif.
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Usman Latif. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya akan mengadakan malam bebas kendaraan atau car free night di ruas Jalan Sudirman-Thamrin pada malam pergantian tahun.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Usman Latif mengatakan, beberapa kegiatan akan dilaksanakan pada malam tahun baru 2024. Di antaranya seperti Malam Muda Mudi yang digelar Pemprov DKI Jakarta untuk menyambut pergantian tahun.

Oleh karena itu, Polda Metro Jaya mengeluarkan kebijakan untuk malam bebas kendaraan diruas jalan Bundaran Senayan hingga Patung Kuda, Ajurna Wiwaha, Jakarta Pusat.

"Tahun baru tentunya akan melakukan beberapa kegiatan, khususnya pemantauan di tempat-tempat yang menjadi titik-titik keramaian, yang jelas dari Pemda sudah mengajukan ada kegiataan malam bergembira, sehingga kita melakukan car free night, yaitu dari Bundaran Senayan sampai dengan Patung Kuda," kata dia kepada wartawan, Jumat (29/12/2023).

Latif mengatakan, kendaraan sudah tidak diperbolehkan melintasi ruas jalan Bundaran Senayan sampai Patung Kuda sejak pukul 18.00 WIB pada Minggu, 31 Desember 2023 hingga pukul 01.00 WIB 1 Januari 2024.

"Nanti mulai jam 6 sore, sampai jam 1 rencananya, masyarakat sudah bersih jadi Sudirman-Thamrin," ujar dia.

 


Awasi Sejumlah Ruas Jalan

FOTO: Jalan Sudirman-Thamrin Jakarta Akan Ditutup pada Malam Tahun Baru
Kondisi lalu lintas di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Selasa (29/12/2020). Sejumlah jalan protokol di Jakarta akan ditutup untuk kendaraan dan orang pada malam Tahun Baru 31 Desember 2020. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selain itu, kepolisian juga akan mengawasi sejumlah ruas jalan menuju Jakarta pada malam pergantian tahun, untuk mencegah adanya konvoi kendaraan. Bagi pengendara yang membandel, akan dikenakan sanksi putar balik.

"Kegiatan masyarakat yang sekiranya itu akan mengganggu aktivitas kegiataan masyarakat lainnya seperti konvoi, bak terbuka akan kita putar balikkan," ujar dia.

Latif merinci, anggota kepolisian akan ditempatkan di wilayah Kalimalang untuk memantau arus kendaraan dari arah Bekasi. Berikutnya, untuk mengawasi kendaraan dari arah Bogor, akan ditempatkan anggota di sekitar Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Sementara itu, untuk memantau pergerakan kendaraan dari arah Depok, Latif menyebut pihaknya akan menempatkan anggota di kawasan Lenteng Agung.

 


Tempatkan Personel di Daan Mogot

Sedangkan untuk mengawasi kendaraan dari Tangerang pada malam tahun baru, personel ditempatkan di daerah Daan Mogot, Jakarta Barat.

"Akan kita tempatkan personel di situ akan kita lakukan pengalihan arus apabila terjadi arak-arakan yang mengganggu aktivitas masyarakat lainnya," ujar dia.

Latif mengatakan, filterisasi kendaraan mulai berlaku sejak pukul 16.00 WIB pada Minggu 31 Desember 2023. Harapannya, masyarakat dapat beraktivitas di kotanya masing-masing, sehingga tak ada penumpukan kendaraan di DKI Jakarta.

"Harapan kita demikian jadi orang Tangerang ya di Tangerang, orang Bekasi ya di Bekasi, orang Depok ya Depok. Harapannya itu, jadi tidak tumpah ruah berada di Jakarta," katanya menandaskan.

Infografis Strategi Pengamanan Libur Natal dan Tahun Baru 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Strategi Pengamanan Libur Natal dan Tahun Baru 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya