Apresiasi Inisiatif Keselamatan Ojol, Menhub Ingatkan Pentingnya Keselamatan Transportasi Online

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengingatkan agar para pengguna jalan untuk selalu menjaga keamanan dan keselamatan dalam berkendara.

oleh Tim News diperbarui 19 Jul 2024, 13:02 WIB
Diterbitkan 18 Jul 2024, 13:00 WIB
Menteri Perbungan Budi Karya Sumadi (Foto: Kementerian Perhubungan)
Menteri Perbungan Budi Karya Sumadi (Foto: Kementerian Perhubungan)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengingatkan agar para pengguna jalan untuk selalu menjaga keamanan dan keselamatan dalam berkendara. Tak terkecuali para pengemudi transportasi online. Bahkan pengemudi transportasi online dapat menjadi pelopor atau contoh berkendara dan berlalu lintas yang baik.

“Pengemudi transportasi online wajib memperhatikan, bahkan meningkatkan keamanan dan keselamatan dalam berkendara. Hal ini bermanfaat bukan hanya untuk diri sendiri, namun juga bagi penumpang, pengendara lain, serta keluarga yang menunggu di rumah,” ujar Budi saat menjadi pembicara dalam acara Gojek Safety Day 2024 di Jakarta, Rabu (17/7).

Dalam acara tersebut Menhub mengapresiasi Gojek, yang konsisten dalam meningkatkan keamanan dan keselamatan berkendara. Langkah tersebut sejalan dengan tujuan pelayanan angkutan, yakni menjaga serta meningkatkan faktor keselamatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bertransportasi.

“Saya berharap komitmen dan langkah inovatif yang dilakukan Gojek dapat terus dilanjutkan, sehingga membuat industri ini menjadi lebih baik seiring berjalannya waktu,” ujarnya.

Head of Region Gojek, Gede Manggala mengatakan keamanan dan keselamatan bagi penumpang maupun mitra driver di setiap langkah perjalanan merupakan suatu aspek yang tidak terpisahkan dari Gojek. Menurutnya pelatihan-pelatihan keamanan dan keselamatan ini telah dilakukan sejak tahun 2015 dan bekerjasama dengan instansi-instansi terkait seperti Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri, Pemerintah Daerah, hingga pihak swasta seperti Astra dan Rifat Driver Labs (RDL).

“Kami memiliki modul pelatihan keamanan berkendara, dan ini sudah diselesaikan hingga lebih dari 2,5 juta kali oleh mitra driver, baik secara daring melalui aplikasi GoPartner maupun offline. Dan pelatihan offline juga telah hadir di 17 kota di seluruh Indonesia. Dengan konsistensi dan komitmen yang Gojek lakukan selama hampir satu dekade, angka ini terus bertambah setiap tahunnya,” kata Gede.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Antusiasme

Konsistensi Gojek dalam pelatihan ini, lanjut Gede, juga disambut dengan antusiasme yang tinggi dari mitra driver kami.

“Semoga langkah #AmanBersamaGojek ini dapat semakin memberikan rasa aman dan kepuasan untuk konsumen,” kata Gede.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub mengatakan, Irjen Pol. Risyapudin Nursin juga mengapresiasi kampanye pelatihan keamanan dan keselamatan berkendara yang dilakukan Gojek. Menurutnya, pelatihan yang dilakukan oleh Gojek sudah melebihi dari standar yang ditetapkan oleh Kemenhub. Dimana Gojek memiliki lebih dari 70 modul pelatihan bagi mitra drivernya. Tidak hanya pelatihan keselamatan berkendara saja, tetapi juga pelatihan anti kekerasan seksual, pelatihan komunikasi dan layanan ke pelanggan, dan berbagai modul lainnya.

"Ini sangat kami apresiasi, karena Gojek sudah begitu jauh untuk memikirkan untuk aman Bersama. Ini sudah melebihi dari standar yang sudah kita tetapkan," katanya.

Infografis Mengenal 8 Fungsi Keluarga
Infografis Mengenal 8 Fungsi Keluarga. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya