Jokowi Bertemu Pengusaha Kaltim Besok, Ajak Ikut Bangun IKN

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melanjutkan kegiatan berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa, 30 Juli 2024.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 29 Jul 2024, 20:00 WIB
Diterbitkan 29 Jul 2024, 20:00 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (29/7/2024)
Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (29/7/2024). (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melanjutkan kegiatan berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa, 30 Juli 2024.

Jokowi diagendakan melakukan pertemuan dengan para pengusaha Kaltim.

"Hari kedua ngantor di Istana Garuda IKN, sekitar pukul 09.30 Bapak Presiden akan menerima KADINDA (Kamar Dagang dan Industri Indonesia) Provinsi Kaltim, KADINDA Balikpapan, KADINDA Samarinda, KADINDA PPU (Penajam Paser Utara), HIPMI Provinsi Kaltim, HIPMI Balikpapan, HIPMI Samarinda, HIPMI PPU," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana kepada wartawan, Senin (29/7/2024).

Menurut dia, Jokowi ingin mengajak dan memberikan kesempatan investasi kepada pengusaha lokal di sekitar IKN. Jokowi berharap para pengusaha lokal dapat terlibat dalam pembangunan IKN.

"Presiden ingin mengajak dan memberi kesempatan kepada Para Pengusaha lokal sekitar IKN untuk ikut berperan serta dan bersama-sama menjemput masa depan di IKN," jelasnya.

Selain pengusaha lokal, Jokowi juga menggelar rapat dengan jajaran pengamanan di Kalimantan Timur. Rapat akan membahas soal peningkatan pelayanan, perlindungan kepada masyarakat, dan penegakkan hukum.

"Rapat guna memastikan dan mendapatkan laporan terkait peningkatan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat, penegakkan hukum, meningkatkan stabilitas dan keamanan di wilayah Ibu Kota Nusantara dan sekitarnya," jelas Yusuf.

"Bapak Presiden ingin Ibu Kota Nusantara adalah ibu kota yang aman dan tidak ada kejahatan sama sekal," sambung dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bermalam di IKN Jokowi Tak Bisa Tidur Nyenyak

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan alasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak bisa tidur nyenyak saat menginap di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim).

Menurut Menteri PUPR Basuki, hal itu disebabkan masalah pada AC atau pendingin ruangan.

"Iya karena AC-nya," kata Basuki kepada wartawan di Kawasan Istana IKN, Senin (29/7/2024).

Dia menjelaskan, AC di seluruh ruangan Istana Negara IKN sudah terpasang. Namun, kata Basuki, ada permasalahan pada AC yang berada di ruang tidur Presiden Jokowi.

"Ada AC-nya. Karena chillernya belum terisi air atau bagaimana. Ini open (dibuka) aja kan karena AC-nya. Tapi di ruangan lain dingin. Padahal kemaren sudah tumpengan, sudah doa bersama," ucap Plt Kepala Otorita IKN itu.

"Kayak di mobil kamu kurang freon kayak gitu lah kira-kira," timpal Plt Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni.


Pernyataan Jokowi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi bermalam di Istana Negara yang ada di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Minggu 28 Juli 2024.

Jokowi mengakui tidurnya tidak nyenyak sebab ini kali pertamanya bermalam di IKN.

"Tadi malam saya tidur di sini. Enggak nyenyak (tidurnya). Saya ngomong apa adanya," kata Jokowi kepada wartawan di Kantor Presiden IKN Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Kalimantan Timur, Senin (29/7/2024).

Selama berkunjung di IKN, Jokowi biasanya menginap di glamping atau rumah dinas menteri. Namun, kali ini Jokowi memilih tidur di Istana Presiden di IKN.

"Ya mungkin pertama kali aja, masih belum apa ya, masih belum nyenyak," jelas Jokowi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya