Pengamat: Menhub di Era Prabowo-Gibran Harus Ahli Bidang Transportasi

Seorang menteri harus bisa menguasai minimal satu sub sektor transportasi.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 31 Jul 2024, 09:33 WIB
Diterbitkan 31 Jul 2024, 01:01 WIB
Momen Akhir Capres-Cawapres Usai Debat Pamungkas Pemilu 2024
Prabowo Subianto (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka saat memberi pernyataan penutup Debat Kelima Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (4/2/2024). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Transportasi, Tiop Gomos Dongoran, menilai sosok Menteri Perhubungan di kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka haruslah sosok berdedikasi, memiliki kualitas dan kompetensi di bidang transportasi.

Menurut dia, hal itu penting untuk memastikan pelayanan di bidang transportasi berjalan dengan baik, serta menjamin keselamatan, keamanan, dan peningkatan sarana dan prasarana di berbagai moda transportasi, baik laut, udara, darat.

"Sebagai negara kepulauan yang terdiri dari lebih dari 17 ribu pulau, peran moda transportasi sangat krusial dalam menggerakkan roda ekonomi Indonesia. Sayangnya, hingga di usianya yang ke-79 tahun 2024 ini, moda transportasi di Tanah Air masih jauh dari kata sempurna," kata Tiop melalui keterangan tertulis, Rabu (31/7/2024).

Sebagai eks pegawai Departemen Perhubungan Laut di Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Tiop meyakini seorang menteri harus bisa menguasai minimal satu sub sektor transportasi.

“Jangan seperti yang lalu-lalu ini, mengangkat menteri yang tidak mengerti transportasi. Salah satu bidang pun dia tidak mengerti, bagaimana dia mau memimpin?,” kritik dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Saran

Dia pun menyaranskan, ada satu sosok yang dianggap layak oleh Tiop yaitu Captain Coky Leonardo Panjaitan, yang memiliki keahlian di bidang perhubungan laut. Dia menjelaskan, Captain Leon, adalah seorang profesional yang menguasai aturan di perhubungan laut.

“Pengalamannya sebagai nahkoda di luar negeri dan penanganan berbagai kasus laut menunjukkan kompetensinya di bidang ini.Rekam jejak Captain Leon menguasai masalah perhubungan laut,” yakin Tiop.

Tiop menambahkan, Captain Leon juga sangat menguasai aturan-aturan di laut dan sering menyelesaikan persoalan antara pihak ketiga dan pemerintah. Tak hanya itu, Captain Leon sering memulangkan tenaga kerja pelaut yang terlantar di luar negeri dengan menggunakan uang pribadi.

“Rekam jejak ini membuat Captain Leon layak dipertimbangkan untuk menjadi Menteri Perhubungan dalam pemerintahan Prabowo dan Gibran,” dia menandasi.

Sebagai informasi, Captain Coky Leonardo Panjaitan saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Perlindungan Pelaut Indonesia (PPPI). Selama ini, Captain Leon berkecimpung dalam dunia usaha transportasi dan berbagai usaha logistik. Diketahui, dia juga merupakan politikus dari Partai Gerindra.

 

Infografis Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Diubah Jadi Makan Bergizi Gratis. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Diubah Jadi Makan Bergizi Gratis. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya