Mulai Rangkaian HUT RI ke-79, Istana Gelar Zikir dan Doa Kebangsaan Malam Ini

Pratikno menyampaikan sejumlah kegiatan tahunan dalam menyambut HUT RI akan dimulai, salah satunya zikir kebangsaan.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 01 Agu 2024, 13:10 WIB
Diterbitkan 01 Agu 2024, 13:10 WIB
Ahmad Romadoni/Liputan6.com
Presiden Jokowi menghadiri Zikir Kebangsaan di Istana Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengundang ulama, pemimpin agama, dan 3.000 jemaah untuk menghadiri zikir dan doa kebangsaan 79 Tahun Indonesia Merdeka di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (1/8/2024) pukul 19.30 WIB. Acara ini merupakan agenda pembuka peringatan HUT ke-79 RI.

"Rangkaian bulan kemerdekaan pada tahun ini seperti tahun yang lalu akan dibuka dengan zikir dan doa kebangsaan yang diselenggarakan di Istana merdeka nanti petang. Dihadiri oleh para ulama dan pemimpin agama, diikuti oleh para peserta lebih dari 3.000 peserta," jelas Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (1/8/2024).

Dia menyampaikan sejumlah kegiatan tahunan dalam menyambut HUT RI, salah satunya pengukuhan Paskibraka. Berbeda dari tahun sebelumnya, Jokowi akan mengukuhkan Paskibraka HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Selanjutnya, upacara penganugerahan Tanda Kehormatan dilaksanakan di Istana Negara Jakarta. Kemudian, Jokowi akan menyampaikan pidato kenegaraan serta penyampaian RAPBN dan nota keuangan di Gedung Nusantara MPR-DPR-DPD RI.

Untuk apel kehormatan dan renungan suci, akan diselenggarakan di dua tempat. Wapres Ma'ruf Amin akan memimpin di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta, sedangkan Jokowi di Taman Kusuma Bangsa IKN.

"Itu diselenggarakan dini hari pukul 00 tanggal 17 Agustus," ucap Pratikno.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jokowi Pimpin Upacara HUT RI ke-79 di IKN

20150817-Presiden Jokowi Pimpin Upacara HUT RI ke-70 di Istana -Jakarta
Anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) melakukan upacara penaikan bendera Merah Putih dalam rangka Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi 17 Agustus di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8/2015). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Jokowi akan memimpin upacara militer HUT ke-79 RI di IKN, sementara Ma'ruf Amin di Halaman Istana Merdeka Jakarta. Upacara akan dimulai pukul 11.00 WITA atau 10.00 WIB.

"Tata upacara militer itu dilaksanakan di IKN dengan inspektur upacara Bapak Presiden. Sedangkan acara upacara di halaman Istana Merdeka Jakarta itu mengikuti tata upacara militer di IKN," tutur dia.

"Kemudian upacara penurunan bendera sang merah putih juga diselenggarakan di dua tempat, baik di IKN maupun di halaman Istana Merdeka Jakarta. Itu agenda pokoknya," sambung Pratikno.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya