Jokowi Gelar Sidang Kabinet Perdana di IKN pada 12 Agustus 2024

Presiden Jokowi dijadwalkan akan kembali mengantor di IKN pada 11-14 Agustus 2024. Sementara sidang kabinet perdana di IKN rencananya akan digelar pada 12 Agustus mendatang.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 01 Agu 2024, 15:20 WIB
Diterbitkan 01 Agu 2024, 15:20 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (29/7/2024).
Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (29/7/2024). (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan kembali ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur pada 11 Agustus 2024.

Jokowi dijadwalkan akan menggelar sidang kabinet paripurna perdana di IKN pada 12 Agustus 2024.

"(Sidang kabinet) Tanggal 12 (Agustus). Ya tanggal 11 beliau (Presiden) ke sana (IKN), 12 direncanakan sidang kabinet di sana," ucap Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (1/8/2024).

Menurut dia, Jokowi akan kembali berkantor di IKN pada 11 hingga 14 Agustus 2024. Selain sidang kabinet, Jokowi juga akan menghadiri peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek di IKN.

"Ya di antara itu, kan beliau di sana 11, 12, 13. 14 pulang (ke Jakarta). Jadi di hari-hari itu ada groundbreaking karena tanggal 13 (Agustus), enggak tahu ini bocoran atau enggak ya. Mudah-mudahan ya open, tanggal 13 ngundang gubernur juga," ujarnya.

Basuki sendiri akan terlebih dulu berangkat ke IKN pada 9 Agustus 2024. Sedangkan, menteri-menteri kabinet lain nantinya ada yang bermalam di IKN.

"(Menteri) Ada yang menginap, kalau saya tanggal 9 sudah di sana. Tergantung beliau beliau (menteri menteri)," kata Basuki.

Basuki menuturkan perabotan atau furnitur untuk di Istana Presiden IKN tinggal dipasang. Sementara itu, dia memastikan air sudah masuk di Istana IKN.

"Furnitur kan dari Setneg sudah disana semua, tinggal masang masang, air sudah masuk, sampai ke hotel nusantara. Insya Allah," tutur dia.

"Minimal jalan sudah oke, kawasan oke, Istana Negara, Istana Garuda (Kantor Presiden) sudah (oke)," sambung Basuki.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jokowi Tunggu Infrastruktur untuk Sidang Kabinet Siap

Jokowi
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjalani hari pertama berkantor di Istana Kepresidenan yang berada di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (29/7/2024). (Foto: Biro Pres).

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan sidang kabinet paripurna perdana ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur menunggu semua infrastruktur untuk menunjang pekerjaan selesai.

Selain air dan listrik, pemerintah juga membutuhkan AC atau pendingin ruangan, kursi, dan perabotan lainnya.

"Menunggu semuanya siap, komplit. Tidak hanya listriknya, tidak hanya airnya, tapi juga AC-nya, kursinya, furniturnya. Semua harus komplit," kata Jokowi kepada wartawan di JCC Senayan Jakarta, Kamis (1/8/2024).

Jokowi mengaku dirinya tak masalah apabila bekerja dengan kondisi infrastruktur terbatas. Namun, kata dia, sidang kabinet akan dihadiri semua menteri dan pimpinan lembaga negara sehingga semua hal harus disiapkan.

"Kalau saya kan enggak apa-apa, tapi kalau sudah mendatangkan tamu semua harus siap dan komplit," ujarnya.

Dia memastikan akan menggelar sidang kabinet di IKN apabila semua infrastruktur penunjang sudah selesai. Jokowi juga ingin menteri-menteri dan pimpinan lembaga negara merasakan bekerja di Istana Negara IKN.

"Ya itu tadi, dilihat. Sudah siap ya enggak apa-apa diadakan di sana, biar semuanya mengetahui, tahu, dan merasakan Istana di IKN," tutur Jokowi.

Infografis Rencana Jokowi Gelar Sidang Kabinet Perdana di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Rencana Jokowi Gelar Sidang Kabinet Perdana di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya