Jokowi Berikan Bonus untuk Atlet dan Pelatih Olimpiade Paris, Peraih Medali Emas Terima Rp6 Miliar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima para atlet peraih medali serta atlet yang berlaga pada Olimpiade Paris 2024 di halaman Istana Merdeka Jakarta, Kamis (15/8/2024). Jokowi juga memberikan bonus kepada atlet dan pelatih sebagai apresiasi atas prestasi yang diraih.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 15 Agu 2024, 09:53 WIB
Diterbitkan 15 Agu 2024, 09:53 WIB
Atlet Indonesia peraih medali emas di Olimpiade 2024 Paris
Dua atlet Indonesia peraih medali emas di Olimpiade 2024 Paris Rizki Juniansyah (kiri) dan Veddriq Leonardo (kanan) berpose menggigit medali emasi usai tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (13/8/2024) (Abdul Aziz/Bola.com). 

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima para atlet peraih medali serta atlet yang berlaga pada Olimpiade Paris 2024 di halaman Istana Merdeka Jakarta, Kamis (15/8/2024). Jokowi juga memberikan bonus kepada atlet dan pelatih sebagai apresiasi atas prestasi yang diraih.

Indonesia sendiri berhasil membawa pulang dua medali emas dan satu perunggu di ajang Olimpiade Paris 2024. Untuk peraih medali emas, Jokowi memberikan bonus sebesar Rp6 miliar kepada masing-masing atlet, sedangkan peraih medali perunggu mendapat Rp1,65 miliar.

"Sebagai bentuk apresiasi atas prestasi yang membanggakan ini, pemerintah telah menyiapkan bonus sebesar Rp6 miliar untuk meraih medali emas. Rp1,65 miliar untuk peraih medali perunggu," kata Jokowi di Halaman Istana Merdeka Jakarta.

Selain itu, dia memberikan bonus sebesar Rp2,750 miliar untuk pelatih yang atletnya meraih medali emas. Sementara untuk pelatih yang atletnya meraih medali perunggu, mendapatkan bonus Rp675 juta.

Jokowi juga memberikan bonus kepada atlet yang berlaga di Olimpiade Paris 2024, meski tidak membawa pulang medali. Masing-masing atlet akan mendapatkan bonus senilai Rp250 juta.

"Rp250 juta untuk atlet yang tidak mendapatkan medali sebagai sebuah apresiasi dari pemerintah," ujar Jokowi.

Dia meminta para atlet dan pelatih memanfaatkan bonus tersebut dengan sebaik mungkin. Jokowi juga berharap para atlet dan pelatih semakin termotivasi untuk mengharumkan nama Indonesia di event dunia.

"Bonus ini agar dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk memotivasi, meningkatkan prestasi, dan kemudian kembali mengharumkan nama bangsa dan negara di gelanggang dunia," pungkas Jokowi.

Sebagai informasi, medali emas diraih oleh Veddriq Leonardo di cabang panjat tebing nomor Speed putra dan Rizky Juniansyah di cabang angkat besi nomor 73 kilogram. Sementara itu, medali perunggu diraih Gregoria Mariska Tunjung di cabang olahraga bulutangkis tunggal putri.

Jokowi lalu menghampiri para atlet dan menyerahkan bonus kepada para atlet peraih medali, pelatih, dan perwakilan atlet Olimpiade. Kemudian, mereka melakukan sesi foto bersama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tak Hanya Peraih Medali, Seluruh Atlet Olimpiade Paris 2024 Dapat Bonus

Atlet Indonesia peraih medali emas di Olimpiade 2024 Paris
Erick Thohir (kiri) dan Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo foto bersama dengan Rizki Juniansyah pada saat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (13/8/2024). (Abdul Aziz/Bola.com).

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo memastikan seluruh atlet Indonesia yang berpartisipasi dalam Olimpiade Paris 2024 bakal mendapat apresiasi berupa bonus dari pemerintah. 

Hal itu terlepas dari berhasil atau tidaknya mereka meraih medali saat mewakili Merah Putih di ajang olahraga multievent terakbar empat tahunan. 

Seperti diketahui, pemerintah sebelumnya telah membeberkan besaran bonus untuk peraih medali Olimpiade Paris 2024. Atlet yang menyabet medali emas bakal diganjar hadiah Rp6 miliar, sementara peraih perunggu meraup Rp1,65 miliar.

Angka ini naik jika dibandingkan dengan nominal bonus saat Olimpiade Tokyo 2020. Kala itu atlet dengan medali emas mendapat reward Rp5,5 miliar, sedangkan perunggu diberi bonus Rp1,5 miliar. 

Meski besarannya jelas berbeda, Menpora pun memastikan bahwa seluruh atlet peserta Olimpiade non peraih medali bakal turut mendapat bonus. Hal itu sebagai tanda apresiasi atas kerja keras mereka mewakili negara.

"Untuk seluruh atlet dan pelatih yang tidak menerima medali, bentuk apresiasi dan komitmen pemerintah dalam Olimpiade, akan kami kasih bonus juga," kata Dito dalam laporan Antara yang melansir laman Kemenpora.

Infografis Indonesia Bawa Pulang 2 Medali Emas dan 1 Perunggu Olimpiade Paris 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Indonesia Bawa Pulang 2 Medali Emas dan 1 Perunggu Olimpiade Paris 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya