Jokowi dan Paus Fransiskus Akan Bertemu, Bahas Perdamaian di Gaza hingga Ukraina

Jokowi menambahkan, protokoler kedatangan Paus Fransiskus sudah diurus dengan baik. Nantinya, Paus akan mengadakan misa di Gelora Bung Karno yang akan dihadiri umat Katolik Indonesia.

oleh Tim News diperbarui 29 Agu 2024, 15:41 WIB
Diterbitkan 29 Agu 2024, 15:41 WIB
Paus Fransiskus
Paus Fransiskus melambaikan tangan saat memimpin Doa Angelus dari jendela studionya yang menghadap Lapangan Santo Petrus di Vatikan, Minggu (1/3/2020). Pemimpin umat Katolik itu untuk pertama kalinya tampil di muka publik dalam empat hari terakhir setelah tak enak badan. (Filippo MONTEFORTE/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bakal bertemu pemimpin tertinggi Gereja Katolik Sedunia Paus Fransiskus yang akan berkunjung ke Indonesia pada 3 hingga 6 September 2024. Apa yang akan dibicarakan Jokowi dan Paus?

"Ya, yang berkaitan utamanya, yang berkaitan dengan perdamaian. Saya kira itu yang sangat penting yang akan kita bicarakan dengan beliau," kata Jokowi usai meresmikan Bendungan Leuwikeris, Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (29/8/2024).

Jokowi ingin konflik-konflik di dunia bisa selesai dengan damai. Dia menyinggung soal Gaza, Ukraina maupun konflik yang ada di negara lain.

"Agar perdamaian di seluruh konflik perang, baik yang ada di Gaza, yang baik yang ada di Ukraina, dan konflik-konflik sedang kecil lainnya yang juga ada di beberapa negara juga bisa kita selesaikan," kata dia.

Jokowi menambahkan, protokoler kedatangan Paus sudah diurus dengan baik. Nantinya, Paus akan mengadakan misa di Gelora Bung Karno yang akan dihadiri oleh umat Katolik Indonesia.

"Ya, sedapat mungkin saya akan bersama beliau," kata Jokowi.

Pemimpin tertinggi Gereja Katolik Sedunia Paus Fransiskus akan berkunjung ke Indonesia pada 3 hingga 6 September 2024. Paus dijadwalkan bertemu Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Merdeka Jakarta pada 4 September 2024.

"Kami menyampaikan kepada masyarakat bahwa tanggal 3, 4, 5 dan 6 ada kedatangan tamu negara yaitu Yang Mulia Paus Fransiskus dimana tanggal 3 kedatangan, tanggal 4 adalah kegiatan kenegaraan diterima oleh Bapak Presiden," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dalam konferensi pers di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Paus Fransiskus Gelar Misa Akbar di GBK pada 5 September, Diikuti 90.000 Umat Katolik

FOTO: Paus Fransiskus Pimpin Misa Malam Paskah Tanpa Jemaat
Paus Fransiskus menyampaikan pesan saat memimpin Misa Malam Paskah di Basilika Santo Petrus, Vatikan, Sabtu (11/4/2020). Paus mengatakan bahwa ketakutan orang-orang saat ini sama seperti ketakutan para pengikut Yesus sehari usai diri-Nya disalibkan. (Remo Casilli/Pool Photo via AP)

Pemimpin tertinggi Gereja Katolik Sedunia, Paus Fransiskus akan memimpin Misa Akbar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta pada Kamis, 5 September 2024. Misa ini diprediksi akan diikuti 90.000 umat Katolik dari seluruh Indonesia.

"Pada tanggal 5 itu, acara Misa Akbar di GBK yang akan melibatkan kurang lebih sekitar 90.000 warga umat Katolik yang akan mengikuti acara Misa Akbar," jelas Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto dalam konferensi pers di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/8/2024).

Adapun Paus Fransiskus berkunjung ke Indonesia pada 3 hingga 6 September 2024. Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menyambut kunjungan kenegaraan Paus di Istana Merdeka Jakarta pada Rabu, 4 September 2024.

"Kita akan menerima kedatangan atau kunjungan kenegaraan Yang Mulia Paus Fransiskus beliau tentunya akan kita perlakukan sebagai tamu negara sekaligus juga sebagai pemimpin umat, khususnya umat Katolik," ujar Andy.

"Tanggal 4 September akan diadakan sebagai tamu negara tentunya akan diadakan acara upacara resmi kenegaraan akan diterima oleh Bapak Presiden di Istana Merdeka dan juga akan kegiatan di Istana Negara pada tanggal 4 September," sambungnya.


Kegiatan Lain Paus Fransiskus di Indonesia

Paus Franciskus Disambut Meriah Warga Uni Emirat Arab
Paus Fransiskus memegang kepala seorang anak saat tiba untuk mengadakan misa di Stadion Zayed Sports City di Abu Dhabi, UEA (5/2). Sebelumnya Paus menghadiri pertemuan lintas agama dengan ulama Islam, Kristen, dan Yahudi. (AP Photo/Kamran Jebreili)

Dia menuturkan bahwa agenda Paus ke Indonesia bukan hanya kenegaraan, namun juga keagamaan. Andy mengatakan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas akan mendampingi Jokowi bertemu dengan Paus Fransiskus.

"Ada beberapa kegiatan lain yang akan melibatkan Paus Fransiskus akan ada acara di Masjid Istiqlal dengan Imam Besar Masjid Istiqlal. Akan juga ada acara di Gedung Katedral di sekitar kawasan ini," tutur Andy.

Andy pun mengingatkan masyarakat di sekitar kawasan GBK untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas. Hal ini mengingat Misa Akbar di GBK dihadiri puluhan ribu jemaat Katolik.

"Kita harapkan masyarakat bisa mengantisipasi," ucap Andy.

 

 

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

Infografis Gelombang Demonstrasi Marak, DPR Batalkan Pengesahan Revisi UU Pilkada. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Gelombang Demonstrasi Marak, DPR Batalkan Pengesahan Revisi UU Pilkada. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya