DPT Pilkada Serentak 2024 Hampir Final

KPU tinggal menyelesaikan 0.02% Daftar Pemilih Tetap yang dianggap belum sesuai.

oleh Ajang Nurdin diperbarui 14 Sep 2024, 01:23 WIB
Diterbitkan 14 Sep 2024, 01:23 WIB
Batam
Konsolidasi KPU untuk finalisasi Daftar Pemilih Tetap, tinggal 0.02 % data yang belum sinkron. Foto: liputan6.com/ajang nurdin 

Liputan6.com, Batam - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Muhammad Afifudin, menyampaikan saat konsolidasi terhadap Anggota KPU seluruh Indonesia di Batam bahwa proses penyusunan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu Kepala Daerah 2024 (Pilkada 2024)sudah mendekati sempurna. 

Afifuudin menjelaskan bahwa KPU secara konsisten mengkonsolidasikan data pemilih di tingkat kabupaten, provinsi, hingga ke level nasional.

"Kepada penerima DPT adalah mereka-mereka yang melakukan penelitian di kabupaten dan provinsi. Jadi, sudah menjadi tugas rutin kami untuk mengonsolidasikan jajaran yang menangani soal daftar pemilih dari tingkat provinsi hingga kabupaten/kota," kata Afifudin Jumat (13/9/2024) di Swis Bel Hotel Batam.

Lebih lanjut, Afifudin menjelaskan bahwa KPU juga memeriksa jika terdapat data pemilih yang dobel atau ganda antar daerah.

"Dengan demikian, pada saat penetapan DPT di kabupaten hingga provinsi, tidak akan ada lagi masalah terkait data ganda." ujarnya.

Mengenai kesiapan DPT Pilkada secara keseluruhan, Apipudin menegaskan bahwa jumlah data anomali saat ini sangat kecil. Prosentase anomali sudah di angka 0,02 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya